Detail Info Kegiatan


  • 27 November 2022
  • 998
  • Info Kegiatan

Hari Kesehatan Nasional ke 58 di Puskesmas Sedayu I

Hari Kesehatan Nasional diperingati setiap tanggal 12 November. Puskesmas Sedayu I memperingati HKN ke 58 Tahun 2022 mengambil tema “Dengan Generasi Sehat, Sedayu Bangkit Lebih Kuat”. HKN Tahun ini diketuai oleh Saudari Mufidatusolihah, SKM dilaksanakan dengan serangkain kegiatan. Adapun kegiatan dimulai dengan Pelatihan Kader Posyandu Remaja yang diikuti oleh Kader Posyandu Remaja Dusun Klangon Kalurahan Argosari dan Dusun Panggang Kalurahan Argomulyo pada hari Sabtu tanggal 22 Oktober 2022. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Kapanewon Sedayu bekerjasama dengan CSR PT Pertamina FT Rewulu. Kegiatan lainnya adalah penilaian Lomba Bank sampah dan Shodaqoh Sampah yang dilaksanakan pada tanggal 7-8 November 2022 diikuti oleh Bank sampah dan Shodaqoh Sampah yang ada di Kalurahan Argosari dan Argomulyo dengan juri dari DLH Kabupaten Bantul dan Sanitarian Puskesmas Sedayu I. Selanjutnya pada tanggal 9 November 2022 dilaksanakan Lomba Kreasi Menu PMBA oleh Kader Posyandu Balita dengan kategori kelompok umur 6-9 bulan, 9-12 bulan dan 12 -24 bulan. Juri lomba tersebut terdiri dari Staf Kesga Dinas Kesehatan Kabupaten. Bantul, Ketua TP PKK Kapanewon Sedayu, perwakilan CSR Pertamina FT Rewulu dan Petugas Gizi Puskesmas Pajangan. Kemudian pada tanggal 13 November 2022 dilakukan pengambilan gambar untuk film pendek berjudul ojo disepelekne (ayo ke Posyandu Remaja). Hal tersebut bertujuan untuk mengingatkan kembali pentingnya pola makan gizi seimbang dan pentingnya pemeriksaan kesehatan secara rutin dimulai dari usia remaja dengan aktif di Posyandu Remaja.

                             

Puncak HKN Puskesmas Sedayu I ini dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 19 November 2022 di halaman Kampus UMBY jl wates KM 10. Kegiatan Puncak HKN dilakukan dalam 3 sesi. Pada Sesi pertama dengan tema “Peningkatan Kapasitas Pengelola Posyandu” bekerjasma dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan Kabupaten Bantul dimulai dengan senam bersama pada pukul 06.00 diikuti oleh sebanyak peserta Kader Posyandu Balita dan Kader Posyandu Lansia sebanyak 240 orang peserta Kader Posyandu Balita dan Kader Posyandu Lansia, kemudian dilanjutkan dengan talkshow dan diskusi tentang upaya penurunan dan pencegahan stunting pada balita dengan narasumber Ibu Dra. Sri Nuryani, M.Si selaku Kepala Dinas PMK Kabupaten Bantul, Bapak Jumakir selaku DPRD Kabupaten Bantul Komisi A, dr Sistia Utami selaku Kepala Puskemas Sedayu I.  

Sesi kedua dilanjutkan pada pukul 09.30 dengan peserta Lintas Sektor Kapanewon Sedayu, Koordinator Kader Posyandu Balita dan Lansia dan donatur. Dalam sesi kedua dilakukan Deklarasi Dusun STBM 5 Pilar Dusun Sedayu Kalurahan Argosari, Launching Posyandu Remaja Dusun Klangon dan Dusun Panggang oleh Panewu Sedayu dilanjutkan pemberian plakat serta alat kesehatan penunjang posyandu remaja oleh Koordinator CSR PT Pertamina FT rewulu. Kemudian dilanjutkan dengan pembagian hadiah Lomba Bank Sampah Dan Shodaqoh Sampah, Lomba Kreasi Menu PMBA dan hadiah bagi Bank sampah yang aktif kembali.

             

Kemudian pada sesi ke tiga pukul 12.00 kegiatannya adalah Lomba Gerak Lagu CTPS dan 5 moment dengan peserta karyawan Puskesmas Sedayu I dengan juri dr. Fauzan selaku Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Bantul, Heri Kartika, S.ST selaku staf Promosi Kesehatan Dinkes bantul, dr Sistia Utami dan Bapak Alim Muhtar, SKM.

Kegiatan lomba tersebut bertujuan untuk merefresh pengetahuan, praktek CTPS dan 5 moment dengan cara yang menyenangkan dan menghibur.

Dengan semangat HKN ke 58 Puskemas Sedayu I  berharap dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik dan dapat bersinergi dengan lintas sektor maupun kader posyandu selaku mitra dari Puskesmas.

Salam Sehat Sedayu (Kontributor Puskesmas Sedayu I)

 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 26.227
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.166.602