Detail Info Kegiatan


  • 31 Oktober 2018
  • 1.089
  • Info Kegiatan

Jambore Fasilitator STBM Kabupaten Sleman

Agenda pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) meliputi 17 tujuan,  salah satunya tujuan 6 yaitu memastikan ketersediaan dan pengolahan air bersih dan sanitasi yang berkelanjutan. Untuk mendukung hal tersebut salah satu peran instusi kesehatan melalui kegiatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).  Keseriusan Pemerintah Daerah DIY dan 5 kabupaten/kota ditunjukan dengan melalui berbagai kegiatan-kegiatan inovatif yang mempunyai daya ungkit besar untuk pembangunan keberlanjutan dibidang kesehatan khususnya penyediaan akses sanitasi dan air bersih.

Kabupaten Sleman sebagai salah satu kabupaten yang telah mendeklarasikan Stop BABS pada tahun 2017 dan mendapatkan Penghargaan STBM Award pada tahun 2018 terus melakukan kegiatan-kegiatan inovatif salah satunya yaitu Jambore Fasiltitor STBM yang dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober 2018 di Desa Wisata Pulesari Turi. Pengembangan kegiatan 4 Pilar STBM lainnya di kabupaten Sleman telah berhasil mendeklarasikan 12 desa STBM. Keberhasilan tersebut tidak lepas dari peran Fasiltator STBM baik ditingkat kecamatan maupun di tingkat desa/kelurahan. Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi dan peningkatan kapasitas para Fasilitator STBM melalui kegiatan Jambore Fasiltator STBM. Kegiatan tersebut diikuti oleh 300 Fasiltator STBM  termasuk didalamnya Sanitarian Puskesmas di kabupaten Sleman. Dalam Jambore Fasilitator STBM tersebut di buka oleh Bapak Purwanto, SH, CCN selaku Asisten Sekretaris Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kabupaten Sleman.

 Kegiatan dalam jambore tersebut antara lain penggalangan komitmen bersama pelaksanaan 5 Pilar STBM melalui finger printing simbol 5 Pilar STBM, senam bersama, Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) massal, out bond dan lain-lain. Diharapak kegiatan tersebut dapat meningkatkan komitmen Fasiltator STBM di Sleman dalam upaya untuk memperkuat Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat, mencegah penyebaran penyakit berbasis lingkungan serta peningkatan akses air minum dan sanitasi dasar diperlukan perubahan perilaku yang meliputi 5 Pilar STBM yaitu :

1.      Stop Buang Air Besar Sembarangan.

2.      Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS)

3.      Pengelolaan  Air Minum dan Makanan Rumah Tangga (PAMM-RT)

4.      Pengamanan Sampah Rumah Tangga (PS RT)

5.      Pengamanan Limbah Cair Rumah Tangga (PLC RT)

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 26.017
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.280.876