Detail Berita


  • 17 Desember 2020
  • 1.110
  • Berita

DIY Kembali Meraih Penghargaan Kemenkes RI

Dalam rangkaian Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56 Kementerian Kesehatan RI memberikan apresiasi kepada berbagai jenis bidang usaha dan tempat pelayanan umum/publik (Pelabuhan, Bandar Udara, Terminal, Rumah Makan/Restoran, Jasa boga, Sentra Pangan Jajanan dan sejenisnya) yang telah menerapkan protokol kesehatan dalam adaptasi kebiasaan baru dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang Telah Melaksanakan Penghapusan Alat Kesehatan Bermerkuri 100% Tahun 2020. Selain itu, dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Lingkungan Sedunia, Kementerian Kesehatan RI mengadaan STBM Award 2020 sebagai upaya pemberian pengahgaan kepada Pemerintah Daerah yang telah melakukan percepatan dalam implementasi STBM. Penghargaan tersebut merupakan kolaborasi dari lintas Kementerian/Lembaga sebagai upaya dalam pengendalian COVID-19, dengan indikator penilaian lomba sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) Nomor 382 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan bagi Masyarakat di Tempat/Fasilitas Umum dalam Pencegahan dan Pengendalian COVID-19.

Terkait acara tersebut Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengirimkan peserta untuk berpartisipasi sebagai upaya promosi keseriusan DIY dalam pengendalian Covid-19. DIY mengirimkan 28 Tempat Pengelolaan Pangan (TPP) dan 2 Terminal. Proses penilaian pemberian pengahrgaan adalah sebagai berikut :

  1. Pembentukan Tim Verifikasi Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota yang terdiri dari unsur pemerintah (Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata dan Biro PIWPP) dan non pemerintah (PKK, HKLI, Baznas, PHRI, APJI, Organda)
  2. Seleksi diawali dari pengiriman dokumen dari penanggung jawab TPP/Terminal kepada Tim Verifikasi Kabupaten. Tim Verifikasi Kabupaten melakukan penilaian dokumen dan kunjungan lokasi sekaligus menalkukan pembinaan. Dokumen yang yang lolos verifikasi kabupaten selanjutnya di kirim ke Tim Verifikasi Propinsi. Untuk STBM Award, dokumen dikirim dari Kabupaten/Kota ke Tim Verifikasi Propinsi.
  3. Tim Verifikasi Propinsi melakukan verifikasi dan kunjungan lapangan sesuai dengan kebutuhan. Dokumen yang lolos verifikasi propinsi selanjutnya di kirim ke Tim Verifikasi Pusat.
  4. Tim Verifikasi Pusat Melakukan verifikasi dengan kunjungan langsung untuk TPP dan Terminal, sedangkan untuk STBM Award dilakukan dengan Daring.

Dalam kegiatan tersebut DIY mendapatkan hasil yang cukup baik, yaitu 4 TPP mendapat kejuaraan, 11 TPP mendapat penghargaan, 12 TPP mendapat ucapan terima kasih/keikutsertaan, dan 1 terminal mendapat kejuaraan serta 1 terminal mendapat ucapan terima kasih/keikutsertaan. Dalam STBM Award 2020 Kabupaten Sleman mendapat penghargaan sebagai Terbaik Ke 2 dalam bidang penyediaan akses sanitasi (supply improvement).

Secara rinci penghargaan yang diterima DIY dalam ajang tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Terminal Condong Catur Kabupaten Sleman, DIY sebagai Juara III Terminal Tipe C
  2. Sari Dewi Catering Kabupaten Sleman, DIY sebagai Juara I Jasa Boga Golongan A
  3. PT Cipta Sarina Vidi Kab. Sleman, DIY sebagai Juara II Jasa Boga Golongan B
  4. CV Shana Sejahtera Kab. Sleman, DIY sebagai Juara III Jasa Boga Golongan B
  5. Grand Tjokro Hotel Yogyakarta sebagai Juara II Restoran Hotel
  6. Kabupaten Sleman sebagai Terbaik Ke 2 dalam bidang penyediaan akses sanitasi (supply improvement)

Diharapkan pemberian penghargaan dapat menambah semangat hidup untuk sehat secara berkesinambungan dan memberikan motivasi pada semua pihak untuk menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 21.467
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.088.978