Detail Info Kegiatan


  • 05 April 2018
  • 2.203
  • Info Kegiatan

DINAS KESEHATAN DIY GENCAR SOSIALISASIKAN GERMAS

Pembangunan kesehatan pada hakekatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen Bangsa Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis.

Permasalahan pembangunan kesehatan di Indonesia masih dihadapi dengan masih tingginya angka kematian ibu dan anak, semakin kompleksnya masalah gizi, masih tingginya angka kematian diakibatkan penyakit menular dan penyakit tidak menular serta permasalahan kesehatan jiwa yang semakin besar dan menimbulkan beban kesehatan yang cukup signifikan.

Permasalahan kesehatan yang hampir sama juga ditemukan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil riskesdas 2013 situasi Penyakit Tidak Menular seperti  Diabetes Mellitus , Stroke , Hipertensi menduduki ranking 5 besar secara nasional , penyakit kanker dan gangguan jiwa ranking pertama secara nasional , gagal jantung rangking 7 secara nasional.Tingginya angka kematian ibu dan bayi, serta masalah gizi masih memerlukan perhatian dan penanganan yang lebih serius. Keberhasilan mengatasi masalah tersebut sangat ditentukan adanya upaya sistem yang berkesinambungan serta dukungan dari berbagai pihak terkait.

. Perbaikan lingkungan dan perubahan perilaku kearah yang lebih sehat perlu dilakukan secara sistematis dan terencana oleh semua komponen bangsa; untuk itu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik.

     Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat bertujuan antara lain :

1)    Menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kematian

maupun kecacatan;

 2)  Menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk;

 3)  Menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena menigkatnya

      penyakit dan pengeluaran kesehatan serta

4)   Penguatan sistem kesehatan; Pendekatan siklus hidup; Jaminan kesehatan

      nasional (JKN) dan berfokus pada pemerataan layanan.

Untuk mewujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di DIY, maka diperlukan suatu upaya menggerakkan seluruh elemen baik sektor pemerintah, swasta, organisasi kemasyarakatan, serta seluruh elemen masyarakat. Upaya Dinas Kesehatan DiY dalam kegiatan mendorong masyarakat berperilaku sehat antara lain :   

-     Penyebarluasan informasi melalui berbagai media seperti :

a. Media Cetak : Leaflet, poster, booklet, buku saku, koran lokal, spanduk, majalah

b. Media Elektronika : talkshow Tv, talkshow radio, budaya tradisional

c. Media luar ruang : pameran, Baliho, billboard

                 -   Melalui Pertemuan/ rakor/ kampanye

a. Penyuluhan langsung melalui sosialisasi germas tingkat desa.

Pelaksanaan sosialisasi germas tingkat desa dilakukan di 45 lokasi di wilayah DIY, jadwal pelaksanaan dari bulan Februari sampai dengan September 2018.  Sasaran sosialisasi adalah masyarakat umum, kader kesehatan, karang taruna, tokoh masyarakat

b. kampanye kesehatan pada event event tertentu 

yaitu dilakukan pada hari ulang tahun Kesehatan Sedunia tepatnya tanggal 7 April , dan pada hari ulang tahun Kesehatan Nasional pada tanggal 12 November

c. Rapat koordinasi, forum diskusi

Rapat koordinasi , forum diskusi dan evaluasi dilakukan dengan OPD DiY yang tercantum dalam Peraturan Gubernur no 44 tahun 2017 tentang RAD Germas Yogyakarta Lestari dengan Kabupaten/ Kota serta dan  Dunia usaha ( Persada)

      .

Semoga bermanfaat 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 15.124
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.155.499