Detail Berita


  • 10 Desember 2019
  • 1.074
  • Berita

Sosialisasi Tentang Lean Management pada Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Dasar

Seksi Kesehatan Dasar, Rujukan dan Kesehatan Khusus telah mengadakan kegiatan sosialisasi pelayanan kesehatan dasar khusunya mengenai Lean Management di Aula C Dinkes DIY, Jl. Gondosuli No. 6 Yogyakarta pada hari Selasa pada tanggal 10 September 2019. Perserta terdiri dari perwakilan Puskesmas di DIY, Forkom Kepala Puskesmas, Dinkes Kab/Kota di DIY dan lintas program di Dinkes DIY. Narasumber berasal dari Dinas Kesehatan DIY dan Badan Mutu Pelayanan Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Apa Lean Manajemen? 

Lean Management merupakan suatu pendekatan dalam manajemen organisasi yang berbasis pada filosofi respect terhadap orang dan kemanusiaan serta perbaikan yang berkesinambungan secara sistematis dengan sumber daya yang ada. Lean berfokus pada nilai (value) dari perspektif pelanggan dan membuang pemborosan (waste) yang ada. Pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan, mengurangi biaya dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Implementasi Lean Management telah memberikan dampak peningkatan berbagai kinerja pelayanan di RS, seperti: (1) Menurunkan: 54,5% waktu antrean, menurunkan 32,4% waktu pendaftaran, menurunkan 76,9% waktu tunggu keluar RS, menurunkan rata-rata waktu tunggu pasien infus kemoterapi, (2) Meningkatkan efisiensi aliran proses laboratorium, (3) Menurunkan 13% total biaya diagnostic, (4) Meningkatkan efisiensi ruang operasi, (5) Penghematan mingguan $ 8,197 ($ 426.244/tahun).

Di Indonesia, dalam beberapa tahun terakhir, Lean Management telah menjadi suatu pendekatan yang sangat populer sebagai upaya kendali mutu kendala biaya pasca implementasi JKN. Namun demikian, saat ini belum semua Pusesmas telah mendapatkan wawasan bagaimana mengimplementasikannya. Puskesmas yang telah mendapatkan wawasan/pelatihan pun sebagian mengalami kesulitan untuk mengimplementasikan konsep Lean Management dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan.

Untuk pencapaian pelaksanaan program prioritas nasional, salah satu strategi  yang digunakan adalah Lean Manajemen yaitu sebagai upaya kendali mutu dan kendali biaya dalam era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dalam hal ini mengharuskan Puskesmas untuk menyesuaikan diri termasuk pemenuhan standar Puskesmas. 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 18.367
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.132.490