Detail Artikel


  • 31 Juli 2024
  • 103
  • Artikel

Unit Donor Darah : Saatnya Melaju Untuk Peningkatan Mutu Pelayanan

Peningkatan mutu pelayanan tidak dapat dilepaskan dari penyelenggaraan upaya pelayanan kesehatan di fasyankes. Peningkatan mutu pelayanan dapat dilakukan secara internal dan eksternal. Peningkatan mutu eksternal salah satunya dilakukan melalui survei akreditasi. Semua RS dan Puskesmas di wilayah DIY sudah melaksanakan survei akreditasi, klinik dan laboratorium sebagian besar sudah melakukan survei akreditasi, saat ini sudah saatnya Unit Donor Darah untuk menyusul fasyankes lain untuk terus melaksanakan peningkatan mutu, baik internal maupun eksternal. Unit Donor Darah (UDD) yang semula dikenal sebagai Unit Transfusi Darah (UTD) merupakan salah satu fasilitas pelayanan kesehatan penunjang yang sangat penting dalam dunia pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan donor darah, penyediaan darah dan pendistribusian darah. Pelayanan UDD merupakan upaya pelayanan kesehatan yang memanfaatkan darah manusia sebagai bahan dasar dengan tujuan kemanusiaan dan tidak untuk tujuan komersial. 

Pelayanan UDD sebagai salah satu upaya kesehatan dalam rangka penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan sangat membutuhkan ketersediaan darah atau komponen yang cukup, aman, mudah diakses dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Pemerintah bertanggung jawab atas pelaksanaan pelayanan UDD yang aman, bermanfaat, mudah diakses dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. 

Pada hari Rabu (17/7/2024) Dinas Kesehatan DIY bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo dan PMI Kota Yogyakarta melakukan bimbingan teknis mutu ke UDD PMI Kulon Progo. Tujuan dilakukannnya bimbingan teknis ini adalah sebagai pelaksanaan tugas dan fungsi pembinaan mutu agar pelayanan UDD memenuhi standar mutu pelayanan.   Beberapa poin penting standar mutu pelayanan darah yang secara simultan perlu diperhatikan dan dilaksanakan, yakni sistem manajemen mutu pelayanan, pelayanan transfusi darah, pemberian transfusi darah kepada pasien dan sistem informasi pelayanan darah. Dengan adanya kolaborasi dan sinergi pembinaan mutu UDD, Pelayanan darah pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya akan semakin maju, berkembang dan semakin bermutu. 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 2.793
  • Bulan Ini

  • 3.094.979
  • Total Kunjungan

  • 26.108.981