Detail Artikel


  • 21 Juni 2024
  • 97
  • Artikel

Tips Mudah Mengatasi Kekurangan Gizi Pada Penderita Talasemia

Mengidap penyakit bukan berarti tidak bisa menjadi lebih sehat. Ada berbagai macam cara untuk menjaga kesehatan terutama dari sisi gizi. Bagi penderita talasemia, mempertahankan pola hidup sehat dapat menjadi tantangan tersendiri. Talasemia adalah penyakit kelainan darah turunan yang ditandai dengan produksi sel darah merah yang tidak sempurna. Orang dengan Talasemia seringkali kekurangan nutrisi penting seperti vitamin A, C, D, selenium, dan zinc. Ini bisa jadi masalah besar, terutama saat mereka semakin tua atau memiliki terlalu banyak zat besi di tubuh. Untungnya, ada hal-hal sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mereka.

Periksa Gizi Secara Rutin

Penting untuk memahami pentingnya penanganan kekurangan nutrisi pada penderita Talasemia. Salah satu langkah utama adalah dengan melakukan penilaian gizi secara rutin. Dokter atau ahli gizi dapat melakukan tes darah dan mengidentifikasi kekurangan nutrisi yang perlu ditangani.    

Suplemen Vitamin dan Mineral

Dokter biasanya menyarankan suplemen vitamin dan mineral untuk membantu mengisi kekurangan nutrisi. Vitamin D dan zinc adalah 2 hal yang sering direkomendasikan, terutama jika kadarnya rendah. Jika 2 hal ini kurang maka akan mengganggu pertumbuhan dan sistem kekebalan tubuh.

Makanan yang Baik untuk Kesehatan

Selain suplemen, konsumsi makanan sehat juga sangat penting. Penderita Talasemia disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, seperti sayuran berdaun hijau, buah-buahan, biji-bijian, dan daging tanpa lemak. Diet yang seimbang membantu tubuh mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh.

Minum Air yang Cukup

Tidak hanya soal makanan, asupan cairan juga harus diperhatikan. Minum air yang cukup sangat penting untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Air membantu tubuh dalam proses pencernaan, penyerapan nutrisi, dan pembuangan zat-zat sisa.

Mengelola Stres

Penderita Talasemia juga disarankan untuk menghindari konsumsi alkohol dan merokok, karena kedua hal ini dapat memengaruhi penyerapan nutrisi dalam tubuh. Konsultasikan juga dengan dokter tentang penggunaan obat-obatan atau suplemen lain yang mungkin diperlukan untuk mengelola kondisi kesehatan secara keseluruhan.

Dengan memperhatikan semua aspek ini, penderita Talasemia dapat meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi risiko komplikasi yang terkait dengan kekurangan nutrisi. Ingatlah selalu untuk berdiskusi dengan tim medis Anda untuk rekomendasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kesehatan Anda.


 

Referensi : 

  1. Goldberg, Elijah K., Ashutosh Lal, and Ellen B. Fung. "Nutrition in thalassemia: a systematic review of deficiency, relations to morbidity, and supplementation recommendations." Journal of pediatric hematology/oncology 44.1 (2022): 1-11.
  2. https://ayosehat.kemkes.go.id/topik-penyakit/ptm-lainnya/thalassemia

 

Penulis 

Muhammad Farmawy

Mahasiswa Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat UGM

 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 6.931
  • Bulan Ini

  • 3.094.979
  • Total Kunjungan

  • 25.710.308