Detail Artikel


  • 18 September 2024
  • 33
  • Artikel

Tips Jaga Kesehatan Mental: Bikin Hidup Lebih Seru dan Bebas Stres!

Hidup di zaman yang apa apa harus serba cepat dan penuh dengan tekanan terkadang bikin kita lupa kalau kesehatan mental itu sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Nggak cuma fisik yang butuh dirawat, pikiran dan perasaan kita juga perlu diperhatikan lho…, biar nggak gampang stres atau overthinking. Nah sobat sehat, di artikel ini, kita bakal bahas tips-tips buat jaga kesehatan mental kamu biar tetap on point!

1. Bicarakan keluhan dengan seseorang yang dapat dipercaya

Ketika beban pikiran terasa berat, jangan dipendam sendiri. Bicarakan keluhan kita dengan seseorang yang dapat dipercaya, bisa dengan teman, keluarga atau bahkan profesional, agar hati terasa lebih lega dan pikiran kita kembali jernih.

2.  Katakan hal positif pada diri sendiri

Penelitian menunjukkan bahwa cara kita berpikir tentang diri sendiri dapat memiliki efek yang kuat pada kejiwaan. Pemikiran negatif yang menghinggapi diri kita dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh karena pikiran negatif cenderung erat dengan pesimistis. Jika kita menjaga pikiran yang optimis dan positif, imun tubuh kita cenderung meningkat dan lebih kuat.

3. Tuliskan hal-hal yang patut disyukuri

Menuliskan hal-hal yang patut disyukuri setiap hari bisa membantu kita fokus pada sisi positif hidup, yang pada akhirnya meningkatkan kesehatan mental dengan mengurangi stres dan memperkuat rasa bahagia.

4. Fokus pada satu hal pada satu waktu

Fokus pada tujuan membantu melepaskan emosi negatif dari masa lalu. Kita bisa melatih kesadaran dalam aktivitas sederhana seperti makan, dengan memperhatikan sensasi fisik. Saat overthinking muncul, kembalikan perhatian ke aktivitas yang sedang dilakukan.

5. Olahraga

Tubuh akan melepaskan endorfin yang membantu menyingkirkan stres dan meningkatkan suasana hati kita . Itulah sebabnya olahraga bisa mencegah stres, kecemasan, dan depresi yang ampuh. Carilah cara-cara kecil untuk menambah aktivitas olahraga, seperti naik tangga, atau jalan kaki ke tempat yang dekat. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, lakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari, dan coba melakukannya di luar ruangan. Paparan sinar matahari juga membantu tubuh menghasilkan vitamin D, yang meningkatkan tingkat serotonin di otak.

6. Tidur tepat waktu

Tidur yang tepat waktu penting untuk kesehatan mental karena membantu regulasi emosi, menjaga keseimbangan hormon, memperkuat memori, dan mengurangi risiko gangguan mental. Tidur yang cukup mendukung pemulihan fisik dan mental serta membantu tubuh merespons stres dengan lebih baik.

 

Jadi, mulai sekarang, jangan anggap remeh kesehatan mental. Merawat diri itu penting! Fokus pada yang positif, dan bikin hidup lebih bahagia dan seru. Let's rock your mental health!

 

Sumber :

1. Kementerian kesehatan RI, bagaimana mengatasi stres dan mempertahankan kesehatan jiwa (2019)

2. halodoc, 9 cara sederhana menjaga kesehatan mental (2023)

 

Oleh : Fayza Amalia

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 43.678
  • Bulan Ini

  • 3.094.979
  • Total Kunjungan

  • 26.251.960