Detail Artikel


  • 17 Agustus 2023
  • 15.675
  • Artikel

Potensi Dampak “El Nino” terhadap Kesehatan Manusia

 

El Nino merupakan istilah dari sebuah fenomena iklim yang saat ini  telah menarik banyak perhatian masyarakat. El Nino terjadi akibat interaksi rumit antara laut dan atmosfer yang berdampak luas kepada pola cuaca, ekosistem, dan ekonomi. El Nino memiliki berarti "anak kecil" dalam bahasa Spanyol. Fenomena ini mengacu kepada pemanasan berkala suhu permukaan laut di tengah dan timur Samudra Pasifik. Fenomena ini adalah bagian dari siklus iklim yang dikenal sebagai El Nino-Southern Oscillation (ENSO), yang mencakup pula pasangannya yang lebih dingin yaitu La Nina.  

Dalam kondisi normal, angin pasat yang kuat mendorong air laut permukaan yang hangat menuju Pasifik barat. Akumulasi air hangat ini menghasilkan gradien suhu yang signifikan di Samudera Pasifik, dengan air yang lebih dingin hingga naik di sepanjang pantai Amerika Selatan. Selama El Nino, angin pasat ini melemah, memungkinkan air hangat bermigrasi ke arah timur. Redistribusi inilah yagn akhirnya  mengganggu gradien suhu dan mempengaruhi pola sirkulasi atmosfer. Perairan hangat melepaskan panas ke atmosfer, menyebabkan naiknya udara dan pembentukan sistem tekanan rendah di Pasifik tengah dan timur. Ini mengganggu Sirkulasi Walker yang khas, pola sirkulasi atmosfer yang mendorong angin pasat dan pola cuaca.

 

Konsekuensi Global dari El Nino

Efek jangka panjang El Nino berpotensi mendatangkan malapetaka pada pola cuaca, ekosistem, dan ekonomi di seluruh dunia. Dampaknya dirasakan baik di negara maju maupun berkembang. Adapun dampak dari El Nino  yang dimaksud dapat berupa Gangguan sebagai berikut :

1. Anomali Cuaca

Anomali cuaca termasuk kekeringan, banjir, dan badai hebat. Daerah yang biasanya mengalami kondisi basah dapat mengalami periode kering yang berkepanjangan, sedangkan daerah kering dapat tergenang oleh curah hujan yang berlebihan.

2. Pengaruh terhadap Pertanian dan Hasil Panen

Perubahan pola curah hujan dan suhu dapat sangat mempengaruhi pertanian, menyebabkan gagal panen dan kekurangan pangan. Hal ini dapat memiliki konsekuensi yang menghancurkan baik bagi ketahanan pangan lokal maupun pasar internasional.

3. Ekosistem Laut 

Ekosistem laut sangat sensitif terhadap dampak El Nino. Peristiwa pemutihan karang, yang disebabkan oleh peningkatan suhu laut, dapat menyebabkan kematian terumbu karang secara luas. Perikanan juga dapat mengalami pergeseran dalam distribusi dan kelimpahan ikan.

4. Dampak Sosial Ekonomi 

Dampak sosial ekonomi dari El Nino sangat besar. Kerusakan infrastruktur, berkurangnya produktivitas pertanian, dan meningkatnya permintaan energi (karena suhu ekstrem) dapat membebani ekonomi dan menyebabkan kerugian finansial.

 

Potensi Dampak El Nino terhadap Kesehatan Manusia

Efek dari El Nino seringkali dikaitkan dengan efeknya yang luas terhadap pola cuaca dan ekosistem,  namun selanjutnya pengaruhnya ternyata meluas melampaui domain tersebut. Interaksi kompleks antara kondisi laut dan atmosfer selama peristiwa El Nino juga dapat berdampak besar terhadap kesehatan manusia.

El Nino dapat berpengaruh terhadap proses tahapan wabah penyakit melalui perubahan kondisi iklim dan dinamika ekologi. Beberapa faktor berkontribusi pada hubungan ini adalah :

1. Peningkatan Suhu dan Penyakit yang Ditularkan oleh Nyamuk :

El Nino terkait dengan perubahan suhu yang lebih tinggi dan pola curah hujan yang berubah, yang menciptakan lingkungan yang kondusif untuk perkembangbiakan nyamuk. Hal ini menyebabkan prevalensi penyakit yang lebih tinggi seperti malaria, demam berdarah, dan virus Zika karena nyamuk berkembang biak dalam kondisi yang lebih hangat dan lebih basah.

2. Banjir dan Penyakit yang Ditularkan Air :

Curah hujan yang tinggi dan banjir selama peristiwa El Nino dapat mencemari sumber air, menyebabkan penyebaran penyakit yang ditularkan melalui air seperti kolera, tifus, dan hepatitis A. Praktik sanitasi dan kebersihan yang buruk memperparah risiko ini.

3. Masalah Gizi :

Kekeringan akibat El Nino dan terganggunya siklus pertanian dapat menyebabkan kelangkaan pangan dan malnutrisi. Sistem kekebalan yang lemah karena nutrisi yang tidak memadai membuat populasi lebih rentan terhadap infeksi.

4. Kontribusi Tidak Langsung Permasalahan Kesehatan Mental di Masyarakat Terdampak :

(a) Peristiwa cuaca buruk dan bencana terkait dapat memaksa orang meninggalkan rumah mereka, mengakibatkan pemindahan, kehilangan mata pencaharian, dan meningkatnya stres; (b) Kegagalan panen, penurunan produktivitas pertanian, dan gangguan ekonomi dapat menyebabkan tekanan finansial dan ketidakpastian tentang masa depan, yang mempengaruhi kesejahteraan mental; (c) Ketegangan yang disebabkan oleh tantangan terkait El Nino dapat menyebabkan ketegangan sosial, konflik komunitas, dan penurunan kohesi sosial, yang selanjutnya berdampak pada kesehatan mental.

Upaya untuk mengembangkan ketahanan terhadap dampak kesehatan El Nino membutuhkan pendekatan multi-aspek :

1. Sistem Peringatan Dini :

Membangun dan memperkuat sistem peringatan dini dapat membantu masyarakat bersiap menghadapi wabah penyakit, peristiwa cuaca ekstrem, dan tantangan kesehatan.

2. Peningkatan Sistem Surveylans :

Sistem surveylans penyakit yang kuat dapat membantu mendeteksi dan menanggapi wabah dengan cepat, mencegah eskalasinya.

3. Pendidikan Kesehatan Masyarakat :

Mempromosikan praktik kebersihan, pengelolaan air yang aman, dan strategi pengendalian vektor dapat mengurangi risiko penularan penyakit.

4. Ketahanan Sistem Layanan Kesehatan terhadap Perubahan Iklim :

Mengembangkan infrastruktur perawatan kesehatan yang tahan terhadap dampak El Nino dan peristiwa terkait iklim lainnya sangat penting untuk mempertahankan layanan kesehatan.

Dampak kesehatan dari El Nino berfungsi sebagai peringatan dari kondisi jejaring hubungan antara lingkungan dan kesejahteraan manusia. Karena peristiwa El Nino menjadi lebih sering dan intens karena perubahan iklim, maka mengatasi konsekuensi kesehatannya dari El Nino membutuhkan tindakan kolektif, pembuatan kebijakan serta kerja sama semua pihak di tingkat nasional dan internasional. Upaya untuk memperkuat sistem pelayanan kesehatan, meningkatkan surveylans penyakit, dan mendorong ketahanan masyarakat menjadi langkah penting untuk memastikan bahwa ancaman tak kasat mata dari dampak kesehatan El Nino dapat di respon dengan tanggapan yang komprehensif dan efektif.

 

Penulis : Bidang SDK (ags)

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 16.870
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 20.834.561