Detail Artikel


  • 29 Januari 2024
  • 234
  • Artikel

Penyakit yang Rentan Dialami Lansia, Berbahayakah?

Kemenkes RI mengadakan talksow bertajuk "Penyakit yang Rentan Dialami Lansia, Berbahayakah?" dengan narasumber dr. Andi Komeini Takdir Haruni, Sp.PD (K). Dalam talkshow tersebut membahas apa saja penyakit yang biasa dialami oleh para lansia dan bagaimana cara meminimalisir datangnya berbagai penyakit tersebut. Berikut materi yang telah kami rangkum.

Pada fase awal kehidupan, sel-sel kehidupan pada manusia mengalami pematangan. Pada usia dewasa, sel - sel tersebut mencapai kematangannya. Seiring berjalannya waktu, dikarenakan faktor lingkungan, membuat badan manusia sulit beradaptasi. Selain itu, seiring berjalannya waktu, sel-sel tersebut juga mengalami penuaan. Sehingga secara alamiah, setiap satu dekade, organ-organ tubuh akan menurun fungsinya sekitar 5-10%. Yang dapat dilakukan adalah mengurangi laju penurunan fungsi organ, agar tidak terlalu cepat disfungsi organ. Secara umum, pada usia 40 tahun ke atas organ-organ tersebut mulai terlihat penurunan fungsinya.

Beberapa keluhan yang dialami lansia diantaranya berkurangnya kemampuan untuk bergerak, sering pusing/sakit kepala, tidak mampu menahan kencing (ngompol). Keluhan tersebut mayoritas disebabkan kemampuan sel-sel yang proses regenerasinya sudah mulai menurun.

Beberapa gaya hidup yang berpengaruh terhadap potensi penyakit kronis yang dapat dialami lansia : makan sembarangan, malas bergerak, terlalu stress. Ada sebuah studi yang menunjukan bahwa seseorang yang memiliki berat badan berlebih tapi sering bergerak, lebih rendah risikonya terkena penyakit kardiovaskuler dibanding mereka yang memiliki berat badan ideal tapi malas bergerak.

Lansia juga rentan mengalami stroke, dimana penyebab mayoritas adalah gaya hidup yang kurang baik. Sering mengalami stress, kurang istirahat, komorbid diabetes maupun hipertensi dapat memicu penyakit stroke.

Kesimpulan talkshow : terapkan gaya hidup sehat (makan makanan gizi seimbang, olahraga teratur, hindari asap rokok, kurangi stress, istirahat cukup) untuk meminimalisir berbagai macam penyakit yang rentan dialami oleh lansia.

 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 14.786
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 20.832.477