Detail Artikel


  • 06 Juni 2018
  • 878
  • Artikel

Mudik Sehat Bu Menteri Kesehatan, Bagaimana ya tipsnya?

Lebaran 2018 alias Idul Fitri tinggal beberapa hari lagi. Tak lebih dari 2 minggu, umat muslim di seluruh dunia merayakan hari kemenangan setelah 1 bulan berpuasa. Berarti, tinggal hitungan hari pula, sebuah tradisi yang bisa dibilang merupakan khasnya Indonesia akan terjadi. Ya, tradisi itu adalah mudik alias pulang kampung. Hampir semua masyarakat yang hidup di perantauan menyempatkan waktu untuk pulang ke kampung halaman, untuk berlebaran dan bersilahturahmi dengan keluarga di hari nan fitri.

Tradisi yang “khas” Indonesia ini tak pelak menjadikan suatu pelonjakan aktivitas transportasi. Mereka yang mudik, sudah pasti akan menjadikan ramainya aktivitas transportasi, dengan kata lain, kita yang akan mudik pasti akan berduyun-duyun, berjubal, dan berdesakan dengan mereka yang juga melaksanakan mudik pada saat yang bersamaan. Oleh karenanya, diperlukan sebuah kondisi yang fit dan sehat, serta persiapan yang memadai untuk turut meramaikan tradisi mudik ini.

Mau tau tips mudik sehat, aman, dan selamat ala Menteri Kesehatan RI, Nila Farid Moeloek, untuk kita yang akan ikut tradisi mudik tahun ini? Cekidot

1.      Fisik ; Siapkan fisik yang sehat dan prima sebelum mudik. Baik pribadi maupun keluarga

2.      Periksa Kendaraan ; Periksa kondisi kelayakan kendaraan. Baik dari rem, kaki-kaki, oli, bensin, gas, dan mesin.

3.      Obat-obatan ; Tidak meminum obat-obatan atau minuman yang menyebabkan kantuk sebelum dan selama mengemudi.

4.      Istirahat ; Beristirahat selama 15 menit setiap telah mengemudi selama 4 jam. Dan berlaku sama jika tidak mengemudi atau sebagai penumpang.

5.      Jangan Ingin Cepat ; Jangan paksakan mengemudi bila sudah lelah atau mengantuk. Jangan sekadar ingin cepat sampai.

6.      Patuh ; Disiplin dan patuh rambu lalu lintas. Jangan asal cepat sampai tujuan.

7.      Waspada Kondisi Jalan dan Cuaca ; Kendalikan kecepatan kendaraan pada kondisi jalanan rusak, bergelombang, saat hujan, dan cuaca buruk.

8.      Awas Kelebihan Muatan ; Kendaraan tidak boleh melebihi muatan yang layak. Ini juga berlaku bagi semua angkutan umum dan pribadi.

9.      Masker ; Gunakan masker dan lindungi diri dari polusi udara. Apalagi jika memaksakan diri mudik dengan sepeda motor.

10.  Waspada Orang Asing ; Jangan mengkonsumsi makanan atau minuman yang diberikan oleh orang yang tidak dikenal. Bisa saja menjadi korban hipnotis.

11.  Jaga Kebersihan ; Cuci tangan pakai sabun dan air mengalir sebelum makan. Jangan sampai diare atau sakit perut di perjalanan.

12.  Makanan Minuman Sehat ; Tetap Konsumsi makanan dan minuman yang sehat. Usahakan tetap makan buah dan sayur.

13.  Buang Sampah ; Jadilah penumpang dan sopir yang sopan. Buanglah sampah pada tempatnya jangan asal membuka kaca dan membuang sampah sembarangan.

14.  Jangan Asal Buang Air ; Tidak buang air kecil/besar sembarangan, gunakan toilet yang tersedia. Cari tempat istirahat di sepanjang jalur.

15.  Pergi ke Pos Kesehatan ; Bila sakit, manfaatkan pos kesehatan terdekat. Atau jangan paksakan diri lanjutkan perjalanan. Istirahat sejenak.

 

Mari wujudkan mudik sehat yang aman, nyaman, sehat, demi terwujudnya silahturahmi dengan keluarga dan sanak saudara di kampung halaman.

 

Sumber

http://www.depkes.go.id

https://www.jawapos.com/

 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 24.018
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 20.074.244