Detail Artikel


  • 27 April 2023
  • 2.158
  • Artikel

Jaga Kesehatan saat Cuaca Panas

Pada tanggal 17 April 2023, terjadi  indikator statistik suhu kejadian, lonjakan suhu maksimum yang mencapai 37,2° Celcius melalui pengamatan stasiun BMKG di Ciputat.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofosika (BMKG) menyebutkan, Indonesia mengalami suhu panas selama beberapa hari terakhir. Suhu panas disebabkan oleh beberapa faktor, seperti dinamika atmosfer yang tidak biasa, pengaruh gerak semu Matahari, pemanasan global, dan perubahan iklim. Selain itu, faktor lain yang menyebabkan suhu panas adalah dominasi Monsun Australia ketika Indonesia memasuki musim kemarau, radiasi Matahari, dan tutupan awan. Kendati mengalami suhu panas, BMKG menegaskan bahwa suhu panas di Indonesia bukanlah gelombang panas. 

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan, fenomena udara panas yang terjadi di Indonesia belakangan ini tidak masuk dalam kategori gelombang panas. Hal tersebut merujuk kepada karakteristik fenomena maupun karakteristik pengamatan suhu. "Fenomena udara panas yang terjadi di Indonesia belakangan, jika ditinjau secara lebih mendalam secara karakteristik fenomena maupun secara indikator statistik pengamatan suhu, tidak termasuk kedalam kategori gelombang panas, karena tidak memenuhi kondisi-kondisi tersebut," ujar Dwikorita dalam siaran pers BMKG, Selasa (25/4/2023). Secara karakteristik fenomena, suhu panas yang terjadi di wilayah Indonesia merupakan fenomena akibat dari adanya gerak semu matahari yang merupakan suatu siklus yang biasa dan terjadi setiap tahun.  “Sehingga potensi suhu udara panas seperti ini juga dapat berulang pada periode yang sama setiap tahunnya,” ujar Dwikorita dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (25/4/2023).

Suhu panas Indonesia sudah turun

Dwikorita menjelaskan bahwa suhu panas Indonesia mulai turun sejak 17 April 2023 lalu. Pada 17 April 2023, pengamatan stasiun BMKG di Ciputat sempat mencatat lonjakan suhu maksimum mencapai 37,2 derajat Celsius. Setelah itu, suhu panas mulai turun dan suhu rata-rata di wilayah Indonesia berkisar 34-26 derajat Celsius. “Variasi suhu maksimum 34-36 derajat Celsius untuk wilayah Indonesia masih dalam kisaran normal klimatologi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” tutur Dwikorita. “Secara klimatologis, dalam hal ini untuk Jakarta bulan April, Mei, dan Juni adalah bulan-bulan di mana suhu maksimum mencapai puncaknya, selain Oktober-November,” lanjutnya.

 

Cara sehat dalam cuaca suhu panas

 

Cukupi kebutuhan cairan

Salah satu dampak dari cuaca panas adalah hilangnya cairan tubuh dalam jumlah banyak, yang jika dibiarkan dapat berujung menjadi dehidrasi. Untuk itu, saat cuaca sedang panas-panasnya, perbanyaklah minum air putih, bahkan lebih banyak dari biasanya.  Minum air putih sebanyak 2–3 liter per hari akan membuat tubuhmu terhidrasi meski cuaca sedang panas terik. Selain air putih, kamu juga bisa mengonsumsi buah tinggi air dan air kelapa yang bisa membantu menyejukkan tubuh saat hawa panas. Dengan begitu keseimbangan cairan tubuh kamu akan tetap terjaga.

Hindari atau batasi juga konsumsi minuman berkafein seperti teh dan kopi, serta yang tinggi gula  karena bersifat diuretik, yaitu memicu hilangnya cairan tubuh. Meski terasa menyegarkan, jika tidak diimbangi dengan konsumsi air putih yang cukup, jenis minuman tersebut justru dapat memicu dehidrasi.

 

Gunakan tabir surya

Jika akan beraktivitas di luar ruangan, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya / krim pelembap. Krim ini bermanfaat untuk menjaga kulit tetap lembap. Sebab, saat cuaca sedang panas, kulit jadi rentan kering dan iritasi.

Menggunakan krim pelembab / tabir surya atau sunscreen menjadi hal yang wajib dilakukan, baik itu saat cuaca panas, mendung, atau bahkan hujan. Jika akan beraktivitas di luar ruangan, jangan lupa untuk menggunakan krim pelembap. Krim ini bermanfaat untuk menjaga kulit tetap lembap. Sebab, saat cuaca sedang panas, kulit jadi rentan kering dan iritasi. Skincare ini akan melindungi kulitmu dari bahaya sinar UV yang dapat menyebabkan kulit terbakar dan memicu penuaan dini.

Pilihlah tabir surya dengan SPF minimal 30. Oleskan kembali setiap 2 jam atau lebih sering kalau kamu sedang beraktivitas di bawah terik matahari.

 

Kenakan Pakaian Berbahan Katun dan tertutup

Ketika cuaca sedang panas, kenakanlah pakaian yang berbahan katun dan tipis, sehingga bisa menyerap keringat lebih baik dan tidak menyimpan panas. Dengan begitu, tubuh akan tetap terasa dingin dan kamu bisa beraktivitas dengan nyaman.

Meski sudah memakai tabir surya, kamu tetap perlu menggunakan pakaian lengan panjang dan celana panjang untuk memberikan perlindungan ekstra

Hindari menggunakan baju berwarna hitam atau gelap, karena dapat menyerap panas matahari.

Lebih baik, gunakan pakaian berwarna cerah, longgar, dan berbahan lembut, seperti poliester, rayon, dan katun. Jangan lupa juga pakai topi dan kacamata hitam saat beraktivitas di luar ruangan guna melindungi mata dan kulit wajahmu dari paparan sinar matahari.

 

Perbanyak Konsumsi Buah-Buahan dan  cemilan lebih sering

Selain memperbanyak asupan air putih, penting juga untuk banyak mengonsumsi buah-buahan saat cuaca panas. Terutama buah yang tinggi kadar airnya, seperti semangka, melon, dan jeruk. Manfaat konsumsi buah-buahan tinggi air sama seperti banyak minum air putih, yaitu membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Selain itu, vitamin yang terkandung dalam buah-buahan juga dapat membantu tingkatkan kekebalan tubuh.

Seringkali, cuaca panas membuat nafsu makan berkurang. Nah , agar tetap berenergi, Anda bisa mengonsumsi camilan dalam porsi kecil namun lebih sering. Pilih camilan yang kaya protein, seperti yogurt, kacang-kacangan, hazelnut , kenari , atau kacang mete .

Selain itu, pastikan Anda selalu mengikuti pola makan yang sehat , agar tubuh tetap fit sepanjang hari dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

 

Hindari paparan sinar matahari dalam waktu lama

Meski bukan berarti kamu hanya boleh bermalas-malasan di dalam rumah, kamu juga harus membatasi aktivitas di luar ruangan, ketika cuaca sedang panas. Pagi dan sore menjelang malam adalah waktu yang bisa kamu pilih jika ingin beraktivitas di luar ruangan. Sebisa mungkin hindari aktivitas di siang hari saat matahari sedang terik-teriknya.

Sebisa mungkin, hindari aktivitas di luar ruangan saat matahari sedang terik, yaitu antara pukul 10.00 hingga 14.00. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa menyelidikinya dengan sering-sering berteduh di tempat yang sejuk, misalnya di bawah pohon rindang atau masuk ke ruangan ber-AC.

Selain menggunakan pakaian yang berbahan katun, gunakan juga pelindung tubuh lainnya, seperti payung dan topi, jika ingin beraktivitas di luar ruangan. Hal ini bermanfaat untuk menghindari paparan sinar matahari langsung pada kulit, yang dapat membuat kulit terbakar dan iritasi.


Jangan Terlalu Sering Mandi

Saat cuaca sedang panas-panasnya, tentu rasanya ingin bolak-balik mandi, ya. Apalagi bagi yang sedang WFH (Work from Home) atau bekerja dari rumah. Padahal, mandi terlalu sering saat cuaca sedang panas juga tidak terlalu baik, lho. Sebab, dapat membuat kulit jadi kering. Jadi, mandilan sewajarnya saja. Misalnya, jika seharian di rumah saja, cukup mandi 2 kali sehari. 

 

Hindari Konsumsi Alkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol dapat memperparah dehidrasi. Apalagi jika kamu tidak mengimbanginya dengan banyak minum air putih dan makan makanan sehat. Oleh karena itu, saat cuaca sedang panas, sebaiknya hindari konsumsi alkohol dan perbanyak minum air putih saja.

 

Referensi :

1. https://www.kompas.com/tren/read/2023/04/25/125100965/bmkg-sebut-indonesia-tidak-alami-gelombang-panas-ini-alasannya?page=all

2. https://nasional.kompas.com/read/2023/04/25/10292011/bmkg-suhu-panas-di-indonesia-bukan-gelombang-panas

3. https://www.alodokter.com/6-tips-menjaga-kesehatan-tubuh-saat-cuaca-panas

4. https://www.halodoc.com/artikel/jaga-kesehatan-saat-cuaca-panas-dengan-8-cara-ini

 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 800
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 20.818.491