Detail Artikel


  • 18 Mei 2023
  • 971
  • Artikel

Indeks Keluarga Sehat Dalam Visi Pancamulia Masyarakat Jogja

Pancamulia Masyarakat Jogja merupakan visi Gubernur DIY yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah 2022-2027. Secara lengkap, visi ini tersurat Terwujudnya Pancamulia Masyarakat Jogja melalui Reformasi Kalurahan, Pemberdayaan Kawasan Selatan, serta Pembangunan Budaya Inovasi dan Pemanfaatan Teknologi Informasi. Salah satu aspek yang menjadi fokus dalam visi Pancamulia Masyarakat Jogja adalah Kesehatan. Dalam penerjemahan visi ini, terdapat program Pemda DIY berupa peningkatan kualitas kesehatan masyarakat sebagai turunan dari tujuan terwujudnya kualitas hidup masyarakat.

Program peningkatan kualitas kesehatan masyarakat merupakan program yang dijalankan Pemda DIY untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat secara umum, termasuk mewujudkan keluarga sehat. Keluarga yang sehat bukan hanya mencakup aspek kesehatan fisik saja, namun juga mencakup aspek kesehatan mental, sosial, dan lingkungan. Untuk mencapai tujuan ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY menetapkan Terwujudnya Keluarga Sehat sebagai sasaran dalam Rencana Strategis 2022-2027. Namun, bagaimana cara mengukur apakah keluarga telah mencapai keadaan yang sehat? Indikator yang digunakan adalah Indeks Keluarga Sehat.

Indeks Keluarga Sehat adalah suatu alat ukur yang digunakan untuk menilai tingkat Kesehatan keluarga berdasarkan beberapa indikator Kesehatan. Indeks ini terdiri dari 12 indikator yang mencakup berbagai aspek kesehatan, mulai dari aspek kesehatan fisik, mental, sosial, hingga lingkungan. Secara lengkap, 12 indikator dalam Indeks Keluarga Sehat, yaitu: (1) keluarga mengikuti program keluarga berencana, (2) ibu bersalin pada fasilitas pelayanan kesehatan, (3) Bayi mendapatkan imunisasi dasar lengkap, (4) bayi mendapat ASI ekslusif selama 6 bulan, (5) Balita dipantau pertumbuhannya setiap bulan, (6) penderita TB Paru berobat secara standar, (7) Penderita hipertensi berobat secara teratur, (8) penderita gangguan jiwa berat mendapat pengobatan dan tidak ditelantarkan, (9) tidak ada anggota keluarga yang merokok, (10) keluarga mempunyai akses terhadap air bersih, (11) keluarga mempunyai akses dan menggunakan jambar sehat, (12) keluarga menjadi anggota JKN.

Dengan menggunakan Indeks Keluarga Sehat, Dinkes DIY dapat melakukan monitoring dan evaluasi tingkat kesehatan keluarga serta dapat merencanakan program dan kegiatan kesehatan sesuai dengan kebutuhan keluarga di wilayah DIY. Program dan kegiatan kesehatan yang dirancang akan dapat memperbaiki aspek kesehatan yang perlu ditingkatkan, sehingga keluarga di wilayah DIY dapat mencapai tingkat kesehatan yang lebih baik.

Untuk mendukung tercapainya target Indeks Keluarga Sehat, Dinkes DIY berupaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, meningkatkan akses layanan masyarakat, memperkuat sistem kesehatan, meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat, serta memperkuat kerja sama lintas sektor. Oleh karena itu, melalui visi Pancamulia Masyarakat Jogja, Dinkes DIY berupaya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan terwujudnya keluarga sehat di DIY.

--------------------------------------------

Raden Sanjoyo, S.Kom, MPH
Penyusun Program Anggaran dan Pelaporan
Dinas Kesehatan DIY

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 839
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.093.657