Detail Artikel


  • 06 April 2023
  • 1.081
  • Artikel

Hari Kesehatan Sedunia 2023

Hari Kesehatan Sedunia 2023 diperingati pada hari Jumat, 7 April 2023. World Health Day atau Hari Kesehatan Sedunia adalah hari internasional yang diperingati pada tanggal 7 April setiap tahunnya untuk menyoroti tentang pentingnya kesehatan dan medis.


Dasar Pembentukan Hari Kesehatan Sedunia atau World Health Day

Hari Kesehatan Sedunia atau World Health Day 2021 diperingati setiap tanggal 7 april. Hari Kesehatan Dunia diperingati setelah diadakannya First Health Assembly pada 1948. Pada pertemuan tersebut, konstitusi WHO mulai disusun dan disetujui saat Konferensi Kesehatan Internasional di New York, AS. Lalu WHO mendirikan layanan pelacakan penyakit internasional pertama dimana informasi dikirimkan melalui mesin teleks. Pada tahun 1948, konstitusi WHO mulai diberlakukan pada tanggal 7 April yang kemudian diperingati sebagai Hari Kesehatan Dunia setiap tahunnya. Berdasarkan keputusan yang telah ditetapkan oleh para negara anggota, WHO mulai bekerja dalam dua dekade pertamanya dengan sangat berfokus pada kampanye massal untuk melawan penyakit tuberkulosis, malaria, frambusia, sifilis, cacar, dan kusta.

Tujuan peringatan Hari Kesehatan Sedunia pada tanggal 7 April adalah dalam rangka untuk menciptakan dan meningkatkan kesadaran global seputar masalah kesehatan dan tentang tema kesehatan tertentu dan menyoroti bidang prioritas yang menjadi perhatian Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO). Selain itu peringatan Hari Kesehatan Sedunia ini juga untuk mempengaruhi orang-orang di seluruh dunia untuk mulai mengambil langkah-langkah meningkatkan kesehatan

 

Sejarah Hari Kesehatan Sedunia atau World Health Day

Melansir situs National Today, bermula pada Desember 1945, para pejabat Brasil dan Cina mengusulkan pembentukan organisasi kesehatan internasional, yang mencakup semua dan benar-benar independen dari kekuatan pemerintah.

Setengah tahun kemudian, pembentukan konstitusi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) disetujui pada Juli 1946 di New York. Konstitusi tersebut mulai berlaku pada 7 April 1948, ketika 61 negara menandatangani perjanjian untuk pendirian WHO tersebut.

Pada tahun 1948 negara dari seluruh dunia bekerja sama dan mendirikan WHO. Dimana hal itu bertujuan untuk mempromosikan pentingnya menjaga kesehatan, menjaga keamanan dunia, dan membantu kelompok rentan. Sehingga semua orang dimanapun berada mendapatkan tingkat kesehatan dan kesejahteraan yang paling tinggi.

Sebagai salah satu tindakan resmi pertama WHO, diciptakanlah Hari Kesehatan Dunia. Peringatan pertama kali adalah pada 22 Juli 1949, tetapi tanggalnya kemudian diubah menjadi 7 April sesuai tanggal pembentukan WHO.

Sejak tahun 1950, peringatan Hari Kesehatan Sedunia mengusung tema yang berbeda setiap tahun yang dipilih oleh Direktur Jenderal WHO, berdasarkan saran dari pemerintah dan staf anggota. Hari Kesehatan Dunia memberikan kesempatan global untuk memusatkan perhatian pada isu-isu kesehatan dunia.

Berdasarkan keputusan yang telah ditetapkan oleh para negara anggota, WHO mulai bekerja dalam dua dekade pertamanya dengan sangat berfokus pada kampanye massal untuk melawan penyakit tuberkulosis, malaria, frambusia, sifilis, cacar, dan kusta. Kemudian pada tahun 1950, penemuan antibiotik mulai menjamur. WHO mulai memberikan saran kepada negara-negara di dunia tentang cara penggunaan antibiotik yang benar. Tahun 1952, peneliti medis dan virolog AS Jonas Salk mengembangkan vaksin virus polio yang tidak aktif dan dimasukkan lewat suntikan.

Hal ini membuka jalan untuk melakukan kampanye secara global yang difasilitasi oleh beberapa negara, WHO, dan mitra lainnya serta hampir berhasil memberantas polio.

Majelis Kesehatan Dunia mengesahkan Peraturan Kesehatan Internasional yang pertama pada tahun 1969. Peraturan tersebut mewakili kesepakatan di antara negara anggota WHO yang bertujuan untuk bekerja sama dalam mencegah terjadinya risiko orang yang terkena penyakit parah melintasi perbatasan antar negara dan mengancam kesehatan orang lain di seluruh dunia.

Tema Hari Kesehatan Sedunia 2023

Hari Kesehatan Sedunia 2023 adalah peringatan Hari Kesehatan Sedunia ke-75 tahun. Melansir situs resminya, WHO mengusung tema Hari Kesehatan Sedunia 2023 adalah "Health for All" yang artinya kesehatan untuk semua.

Tema ini adalah sebagai kesempatan untuk melihat kembali keberhasilan kesehatan masyarakat yang telah meningkatkan kualitas hidup selama tujuh dekade terakhir. Ini juga merupakan kesempatan untuk memotivasi tindakan untuk mengatasi tantangan kesehatan hari ini hingga hari esok.

Perayaan 75 tahun berdirinya WHO merupakan kesempatan untuk melihat kembali keberhasilan dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. Hal itu membuat kualitas hidup mengalami peningkatan dalam tujuh dekade terakhir. Selain itu, ini juga menjadi kesempatan untuk memotivasi dalam bertindak untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan hari ini dan seterusnya.

Sejak WHO berdiri, dunia telah mengalami masalah kesehatan di masyarakat yang membuat berbagai pihak harus menggunakan sains untuk menemukan solusi serta menjalin solidaritas. Selama 75 tahun WHO telah berkontribusi dalam meningkatkan kesehatan di seluruh dunia. Namun, dunia masih mungkin menghadapi berbagai tantangan kesehatan di masa yang akan datang.

Pesan Utama Hari Kesehatan Sedunia 2023

Pesan utama tema Hari Kesehatan Sedunia 2023, seperti dikutip dari situs WHO berikut ini:

  1. Health For All menggambarkan bahwa semua orang memiliki kesehatan yang baik untuk kehidupan yang lebih baik di dunia yang damai, sejahtera, dan berkelanjutan.
  2. Hak atas kesehatan adalah hak asasi manusia. Setiap orang harus memiliki akses ke pelayanan kesehatan yang mereka butuhkan kapan dan di mana mereka membutuhkannya tanpa kesulitan keuangan.
  3. 30% dari populasi global tidak dapat mengakses layanan kesehatan penting.
  4. Hampir dua miliar orang menghadapi bencana atau memiskinkan pengeluaran kesehatan, dengan ketidaksetaraan yang signifikan mempengaruhi mereka yang berada di lingkungan yang paling rentan
  5. Cakupan kesehatan universal (UHC) menawarkan perlindungan finansial dan akses ke layanan penting yang berkualitas, mengangkat orang keluar dari kemiskinan, mempromosikan kesejahteraan keluarga dan masyarakat, melindungi terhadap krisis kesehatan masyarakat, dan menggerakkan kita menuju #HealthForAll
  6. Untuk membuat kesehatan bagi semua menjadi kenyataan, kita perlu: individu dan masyarakat yang memiliki akses ke pelayanan kesehatan berkualitas tinggi sehingga mereka dapat menjaga kesehatan mereka sendiri dan keluarga mereka; pekerja kesehatan terampil yang memberikan perawatan berkualitas dan berpusat pada orang; dan pembuat kebijakan yang berkomitmen untuk berinvestasi dalam cakupan kesehatan universal
  7. Bukti menunjukkan bahwa sistem kesehatan yang didukung oleh pendekatan perawatan kesehatan primer (PHC) adalah cara yang paling efektif dan hemat biaya untuk membawa layanan kesehatan dan kesejahteraan lebih dekat kepada orang-orang
  8. COVID-19 menghambat perjalanan setiap negara menuju #HealthForAll
  9. COVID-19 dan keadaan darurat kesehatan lainnya, krisis kemanusiaan dan iklim yang tumpang tindih, kendala ekonomi, dan perang, telah membuat perjalanan setiap negara ke #HealthForAll lebih mendesak. Sekarang adalah waktunya bagi para pemimpin untuk mengambil tindakan untuk memenuhi komitmen cakupan kesehatan universal mereka dan bagi masyarakat sipil untuk meminta pertanggungjawaban para pemimpin
  10. Kemajuan perlu dipercepat jika SDGs terkait kesehatan ingin dipenuhi.

Referensi :

  1. https://news.detik.com/berita/d-6655365/hari-kesehatan-sedunia-2023-sejarah-tema-dan-pesan-pentingnya
  2. https://kanimbalikpapan.kemenkumham.go.id/selamat-hari-kesehatan-sedunia/
  3. https://tirto.id/tema-hari-kesehatan-sedunia-2023-dan-sejarah-world-health-day-gEtA
  4. https://zonabanten.pikiran-rakyat.com/internasional/pr-236522969/7-april-diperingati-sebagai-hari-kesehatan-sedunia-bertepatan-dengan-hari-didirikannya-who?page=2

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 3.385
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 20.900.252