Detail Artikel


  • 04 Februari 2024
  • 1.788
  • Artikel

Hari Kanker Sedunia "Together, We Challenge Those In Power"

Kanker merupakan penyebab utama kematian di seluruh dunia, dengan hampir 10 juta kematian terjadi pada tahun 2020. Menurut data Kemenkes RI tahun 2022, angka kejadian penyakit kanker di Indonesia adalah sebesar 136 orang per 100.000 penduduk atau berada pada urutan ke-8 di Asia Tenggara.

Hari Kanker Sedunia atau World Cancer Day diperingati setiap tanggal 4 Februari. Hari peringatan ini diadakan untuk meningkatkan kesadaran mengenai pencegahan, deteksi, dan pengobatan kanker. Dikutip dari laman WorldCancerDay, Hari Kanker Sedunia 2024 memiliki tema “Bersama-sama, Kita Tantang Mereka yang Berkuasa” atau “Together, We Challenge Those in Power”. Dalam artian, tema yang diambil untuk kampanye tahun ini diambil untuk meningkatkan keterlibatan para pemimpin dunia mengenai kesadaran penyakit kanker.

Hari Kanker Sedunia diinisiasi oleh Union for International Cancer Control (UICC) yang berbasis di Jenewa, Swiss yang didirikan pada 1993. Perkumpulan tersebut bertujuan untuk memberantas kanker di seluruh dunia dan memajukan penelitian medis. Hari Kanker Sedunia kemudian diresmikan pada tahun 2000 di Acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Dunia Melawan Kanker di Paris, Perancis. Acara tersebut dihadiri oleh anggota organisasi kanker dan pemimpin pemerintahan terkemuka dari seluruh dunia. KTT itu kemudian menghasilkan sebuah dokumen bernama Piagam Paris Melawan Kanker atau Charter of Paris Against Cancer yang memuat 10 artikel atau pasal. Piagam Paris Melawan Kanker menguraikan komitmen global untuk meningkatkan fasilitas dan kualitas hidup pasien kanker.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengusung tema Hari Kanker Sedunia 2024 ini, seperti:

1. Peningkatan Kesadaran dan Edukasi

Meningkatkan tingkat kesadaran masyarakat tentang risiko kanker, gejala, dan langkah-langkah pencegahan dapat menjadi langkah awal dalam melawan kanker. Program edukasi kesehatan yang terfokus pada deteksi dini, gaya hidup sehat, dan kebijakan pencegahan dapat membantu mengurangi insiden kanker.

2. Dukungan Emosional dan Psikologis

Penderita kanker sering kali memerlukan dukungan emosional yang kuat. Bersama-sama, ciptakan jaringan dukungan yang luas, seperti teman, keluarga, dan masyarakat sekitar. Hal tersebut penting untuk mengatasi tantangan emosional yang seringkali menyertai perjalanan pengobatan, sehingga upaya melawan kanker secara bersama dapat semakin terbangun.

3. Penekanan pada Deteksi Dini

Memberikan penekanan perihal pentingnya deteksi dini dapat menjadi kunci dalam perang melawan kanker. Kampanye skrining rutin, pendidikan kesehatan, dan akses yang mudah ke pemeriksaan medis dapat membantu mengidentifikasi kanker pada tahap awal, sehingga dapat meningkatkan peluang kesembuhan. Hal tersebut dapat memperkuat upaya melawan kanker secara bersama.

4. Gaya Hidup Sehat

Tidak sedikit orang yang cuek dengan gaya hidup yang diterapkan sehari-harinya, sehingga penerapan gaya hidup sehat seakan dinomorduakan. Oleh karena itu, tingkatkan kembali kesadaran akan pentingnya menerapkan gaya hidup sehat. Diet seimbang, olahraga teratur, dan kebiasaan hidup sehat lainnya dapat membantu mengurangi risiko kanker. Edukasi masyarakat tentang pentingnya pilihan gaya hidup ini adalah langkah yang tepat untuk bersama-sama dalam melawan kanker.

5. Mendukung Pasien dan Keluarga

Berikan dukungan praktis kepada pasien kanker dan keluarganya. Ini mencakup membantu dengan tugas sehari-hari, menyediakan transportasi ke sesi pengobatan, bahkan dukungan moril maupun materil.

Hari Kanker Sedunia bukan hanya tentang penyuluhan, tetapi juga panggilan untuk tindakan bersama. Dengan meningkatkan kesadaran, meningkatkan pendidikan, dan mendorong tindakan pribadi, kolektif, dan pemerintah, kita semua bekerja sama untuk menciptakan dunia di mana jutaan kematian akibat kanker dapat dicegah dan akses terhadap pengobatan dan perawatan kanker dapat didapatkan secara adil oleh semua orang.

Bersama-sama, kita akan memastikan para pemimpin kita mengetahui bahwa kita menuntut komitmen untuk memprioritaskan kanker, menciptakan strategi inovatif, menginvestasikan sumber daya kita untuk mencapai dunia yang adil dan bebas kanker. Karena setiap langkah kecil yang dilakukan, setiap suara yang dinyatakan hingga setiap dukungan yang diberikan memiliki dampak besar dalam perang melawan penyakit mematikan ini.

 

 

Dikutip dari berbagai sumber:

https://www.uicc.org/events/world-cancer-day-2024

https://telemed.ihc.id/artikel-detail-1168-Hari-Kanker-Sedunia-4-Februari-2024,-Together-We-Challenge-Those-in-Power.html

https://www.kompas.com/tren/read/2024/02/04/063000165/sejarah-dan-ucapan-hari-kanker-sedunia-2024

https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/jumpa-pers/selangkah-semangat-lawan-kanker-skrining-sebagai-upaya-melawan-kanker-bersama-siloam-untuk-indonesia-yang-lebih-sehat

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 22.122
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.025.883