Detail Artikel


  • 23 Juni 2023
  • 3.427
  • Artikel

Hari Donor Darah se Dunia 2023

Merayakan Hari Donor Darah Sedunia 2023 jadi perayaan buat para pendonor darah atas sumbangan darah yang juga berarti menyumbangkan kehidupan. Hari Donor Darah. Sedunia atau World Blood Donor Day bertujuan untuk meningkatkan kesadaran terkait pentingnya produk darah yang aman untuk transfusi sekaligus berterima kasih kepada para sukarelawan pendonor darah. Hari Donor Darah Sedunia juga untuk mendorong lebih banyak orang untuk menjadi pendonor baru. Setiap 14 Juni, dunia merayakan Hari Donor Darah Sedunia. Perayaan ini dideklarasikan World Health Assembly ke-58 pada 2005 sebagai acara global tahunan..

Setiap donasi darah atau plasma adalah hadiah yang begitu berharga untuk menyelamatkan nyawa orang-orang yang membutuhkan. Donasi secara sukarela juga menjadi kunci untuk membangun suplai darah yang aman dan berkelanjutan.

Akses suplai darah yang aman dari donasi sukarela sangat penting untuk semua pasien termasuk pasien-pasien yang membutuhkan transfusi seumur hidup dan teratur seperti anemia sel sabit dan thalasemia. Sumbangan plasma secara sukarela juga berperan penting dalam mendukung pasien dengan berbagai kondisi jangka panjang seperti Hemofilia dan defisiensi imun.

Di banyak negara, layanan darah menghadapi tantangan untuk menyediakan darah dalam jumlah yang cukup, sekaligus memastikan kualitas dan keamanannya. Kurangnya akses terhadap darah dan produk darah yang aman - terutama di negara berpenghasilan rendah dan menengah, berdampak pada semua pasien, termasuk mereka yang membutuhkan transfusi rutin. Salah satu strategi WHO adalah membantu negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah dalam meningkatkan ketersediaan dan kualitas plasma manusia, termasuk mengoptimalkan pemanfaatan plasma yang diperoleh dari donor darah lengkap, dan meningkatkan akses pasien terhadap terapi protein plasma yang dapat menyelamatkan nyawa.

Melongok sejarah Hari Donor Darah Sedunia, Richard Lower, seorang dokter asal Inggris, merupakan orang pertama yang meneliti ilmu donor darah untuk hewan. Ia berhasil mentransfusikan darah anjing ke anjing lain tanpa efek sakit berarti. Dalam buku 'Tractatus de Corde', Lower menuliskan tentang transfusi darah dan fungsi sistem kardiopulmonal (pernapasan dan jantung).

Kendati Lower adalah orang pertama yang meneliti donor darah, WHO memutuskan mengambil tanggal lahir Karl Landsteiner dirayakan setiap tanggal 14 juni sebagai Hari Donor Darah Sedunia. Landsteiner merupakan ahli patologi dan imunologi dan juga ahli biologi dan dokter berdarah Austria-Amerika yang mendapat hadiah Nobel pada 1930 untuk karyanya tentang golongan darah dan pengembangan sistem transfusi darah modern.

Dikutip dari laman resmi WHO, Hari Donor Darah Sedunia pertama kali diperingati pada tahun 2004. Dalam acara Majelis Kesehatan Dunia Ke-58 yang dilangsungkan pada tahun 2005, Hari Donor Darah Dunia kemudian ditetapkan secara resmi sebagai acara acara tahunan.

Landsteiner juga merupakan orang pertama yang berhasil mengklasifikasikan darah manusia menjadi beberapa golongan yakni A, B, AB, dan O. Karyanya merevolusi transfusi darah dan mengarah pada praktik transfusi darah antara orang-orang dengan golongan darah yang cocok. Hal ini membantu untuk memodernisasi dan meningkatkan keamanan transfusi darah.

Peringatan Hari Donor Darah Sedunia juga ditetapkan atas kesepakatan bersama sejumlah organisasi kesehatan seperti WHO, Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, Perhimpunan Internasional Transfusi Darah, dan Federasi Internasional Organisasi Donor Darah.

Fokus kampanye tahun ini

Setiap tahunnya, peringatan Hari Donor Darah Sedunia mengusung tema yang berbeda. Dikutip dari laman resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Hari Donor Darah Sedunia 2023 mengusung tema "Give blood, give plasma, share life, share often" yang artinya "Berikan darah, berikan plasma, bagikan kehidupan, bagikan secara teratur".

Kampanye Hari Donor Darah Sedunia 2023 ini juga memiliki beberapa tujuan khusus yakni:

  1. Merayakan dan berterima kasih kepada para pendonor darah dan mendorong lebih banyak orang untuk menjadi pendonor baru.
  2. Mendorong orang yang sehat untuk mendonor darah secara teratur dan sesering mungkin untuk mengubah kualitas hidup pasien yang bergantung pada transfusi dan membantu membangun pasokan darah yang aman di seluruh negara di dunia.
  3. Menyoroti peran penting dari pendonor darah dan plasma sukarela yang tidak dibayar dalam mencapai akses universal ke produk darah yang aman untuk semua populasi.
  4. Memobilisasi dukungan di tingkat nasional, regional, dan global antara pemerintah dan mitra pembangunan untuk berinvestasi, memperkuat, dan mempertahankan program darah nasional.

Kegiatan yang dapat membantu mempromosikan slogan Hari Donor Darah Sedunia tahun ini antara lain upacara penghargaan bagi pendonor, kampanye jejaring sosial, siaran media khusus, unggahan di media sosial yang menampilkan foto pendonor darah dengan slogan tersebut, pertemuan dan lokakarya, acara musik dan kesenian sebagai ucapan terima kasih kepada para pendonor, serta pewarnaan monumen-monumen ikonik dengan warna merah atau kuning. Negara-negara didorong untuk menyebarluaskan ke berbagai media tentang kisah-kisah orang, khususnya pasien yang bergantung pada transfusi, yang nyawanya telah diselamatkan melalui donor darah atau plasma sebagai cara untuk memotivasi donor darah dan plasma.

Selain itu kegiatan yang bisa dilakukan untuk ikut merayakan Hari Donor Darah Sedunia pada 14 Juni 2023, yaitu:

  1. Ikut melakukan donor darah jika memenuhi syarat yang ditentukan.
    Melakukan kampanye seputar pentingnya donor darah dan peringatan Hari Donor Darah Sedunia 2023 di sosial media.
  2. Mempromosikan slogan Hari Donor Darah Sedunia 2023.
  3. Melakukan siaran di media khusus untuk meningkatkan kesedaran masyarakat mengenai pentingnya melakukan donor darah.
  4. Melakukan pertemuan dan lokakarya yang membahas informasi seputar donor darah.



Referensi :

  1. https://news.detik.com/berita/d-6761531/hari-donor-darah-sedunia-2023-tema-sejarah-dan-cara-memperingati
  2. https://indonesia.un.org/id/236323-hari-donor-darah-sedunia-14-juni
  3. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20230614092410-255-961564/hari-donor-darah-sedunia-sejarah-dan-tema-2023

https://mediaindonesia.com/humaniora/587984/tema-hari-donor-darah-sedunia-2023-sejarah-dan-ucapan-selamat
 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 376
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 22.620.311