Detail Artikel


  • 26 Oktober 2023
  • 539
  • Artikel

Hari Cuci Tangan Sedunia 15 Oktober

Kebiasaan mencuci tangan sejak dini, merupakan hal yang sederhana, namun bermanfaat besar bagi kesehatan. Kebersihan tangan harus menjadi urusan semua orang.

Mencuci tangan adalah salah satu praktik kebersihan dasar yang sangat efektif dalam mencegah penyakit. Ini adalah langkah penting dalam pengendalian infeksi, terutama ketika kita berhadapan dengan mikroorganisme seperti bakteri, virus, dan kuman. Berikut beberapa alasan mengapa mencuci tangan sangat penting.

  • Pencegahan Penyakit Menular: Tangan adalah sarana utama bagi mikroorganisme patogen seperti bakteri, virus, dan kuman untuk menyebar. Dengan mencuci tangan, kita menghilangkan potensi sumber infeksi dan mencegah penyebaran penyakit menular, seperti flu, diare, dan infeksi saluran pernapasan.
  • Mencegah Penularan Kuman: Setiap hari kita berinteraksi dengan berbagai permukaan dan objek yang mungkin terkontaminasi oleh mikroorganisme berbahaya. Mencuci tangan membantu menghindari penularan kuman dari objek-objek tersebut ke tubuh kita.
  • Perlindungan terhadap Kelompok Rentan: Bayi, lansia, dan individu dengan sistem kekebalan yang lemah adalah lebih rentan terhadap penyakit. Mencuci tangan membantu melindungi kelompok-kelompok ini dari risiko infeksi yang serius.
  • Pencegahan Penyebaran Wabah: Selama wabah penyakit menular seperti pandemi flu atau COVID-19, mencuci tangan menjadi langkah pertama dan paling efektif untuk menghentikan penyebaran penyakit.
  • Menghindari Keracunan Makanan: Mencuci tangan sebelum menyiapkan makanan dan sebelum makan adalah cara yang efektif untuk mencegah keracunan makanan. Tangan yang bersih membantu menghindari kontaminasi makanan.
     

Kesalahan Saat Mencuci Tangan

Melansir Web MD, pakar kesehatan Arefa Cassobhoy memaparkan kesalahan umum yang kerap dilakukan manusia saat mencuci tangan.

Berikut kesalahan yang kerap dilakukan saat mencuci :

Tidak rutin mencuci tangan

Setiap hari kita melakukan berbagai aktivitas yang melibatkan tangan. Alhasil, risiko virus bersarang di tangan kita pun juga semakin tinggi.

Ketika virus sudah mengontaminasi tangan kita, virus tersebut bisa dengan mudah berpindah ke tubuh kita melalui mulut, mata, dan hidung.

Itu sebabnya, mencuci tangan adalah cara terbaik untuk mengusir virus penyebab penyakit.

Berikut aktivitas yang membuat kita wajib mencuci tangan:

  • setelah berada di tempat umum di mana kita mungkin menyentuh barang-barang seperti keranjang belanja, meja, atau gagang pintu
  • setelah batuk atau bersin
  • sebelum menyentuh wajah terutama mata, hidung, mulut
  • sebelum dan sesudah makan makanan dan menyiapkan makanan
  • setelah pergi ke kamar mandi
  • setelah menyentuh hewan peliharaan sebelum dan setelah membuat atau menyiapkan makanan
  • sebelum dan sesudah melakukan pengasuhan termasuk menggantu popok bayi
  • setelah membuang sampah

Menggunakan sabun yang terlalu sedikit

Menggunakan sabun dan air mengalir adalah cara efektif untuk mencuci tangan.

Sayangnya, orang seringkali menggunakan sabun yang terlalu sedikit saat mencuci tangan mereka.

Sebenarnya, kita tidak perlu menggunakan sabun antibakteri untuk membasmi virus dari tangan kita.

Namun, gunakan sabun dengan ukuran yang tepat agar tangan kita benar-benar besih,

Jika Anda menggunakan sabun cair, gunakan sabun hingga seukuran uang koin. Lalu ratakan sabun tersebut ke seluruh tangan agar kotoran dan virus terangkat.

Tidak menggosok seluruh tangan

Usai membasahi tangan dengan air, kita harus menyapukan sabun ke seluruh bagian tangan kita, termasuk di sela-sela jari dan bawah kuku,

Namun, banyak orang melewatkan hal tersebut. Itu sebabnya, sebaiknya kita mencuci tangan dengan durasi minimal 20 detik agar memastikan seluruh bagian tangan kita bersih.

Tidak teliti saat membilas tangan

Setelah semua sabun diaplikasikan ke seluruh bagian tangan, kita harus membilas tangan kita dengan air besih untuk menghilangkan sabun tersebut dari tangan kita.

Membersihkan sabun dengan bersih membantu mengurangi risiko iritasi pada kulit. Jadi, pastikan seluruh sabun terangkat dari tangan kita saat membilasnya.

Tidak mengeringkan tangan

Kuman atau virus bisa berpindah dengan mudah dari tangan yang basah. Jadi, jangan lupa mengeringkan tangan dengan handuk bersih usai mencucinya.

Jika berada di tempat umum, gunakan tisu untuk mengeringkan tanga.

Hindari menggunakan pengering listrik karena alat tersebut justru dapat menyebarkan kuman atau virus.

 

Hari Cuci Tangan Sedunia

Hari Mencuci Tangan Sedunia digagas oleh Public Private Partnership for Handwashing atau Kemitraan Cuci Tangan Global (PPWH) dan didukung oleh PBB.
Penetapan Hari Cuci Tangan Sedunia dilakukan saat pertemuan Annual World Water Week yang diprakarsai oleh Kemitraan Cuci Tangan Global (Global Handwashing Partnership (GHP)) yang dilaksanakan pada 17-23 Agustus 2008 di Stockholm, Swedia. Untuk itu, peringatan ini resmi ditetapkan dan pertama kali peringaan pada tanggal 15 Oktober 2008.

Tahun 2008 juga merupakan Tahun Sanitasi Internasional.

Hari Cuci Tangan Sedunia pertama kali diadakan tahun 2008 dengan diikuti lebih dari 120 juta anak seluruh dunia mencuci tangan dengan sabun di lebih dari 70 negara.

Sejak penetapan Hari Cuci Tangan Sedunia tersebut, masyarakat beserta para pemimpin nasional telah menggunakan peringatan ini sebagai penyebaran kesadaran tentang nilai tangan bersih.


Reverensi  :

  1. https://www.detik.com/bali/bali-bungah/d-6982850/hari-cuci-tangan-sedunia-15-oktober-2023-sejarah-tema-dan-ucapan-peringatan
  2. https://corona.kepriprov.go.id/read/15+Oktober+Adalah+Hari+Cuci+Tangan+Pakai+Sabun+Sedunia%2C+Begini+Sejarahnya.phtml
  3. https://mmc.kalteng.go.id/berita/read/3195/index.html

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 1.803
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 22.025.811