Detail Artikel


  • 22 Mei 2024
  • 124
  • Artikel

Flu Singapura vs Flu Musiman

Kemenkes RI mengadakan talksow keluarga sehat bertajuk "Flu Singapura vs Flu Musiman" dengan narasumber dr. Pompini A Sitompul, Sp.P(K) dan dr. Nuraliza, Sp.A. Dalam talkshow tersebut membahas perbedaan flu singapur dan flu musiman, dimana akhir-akhir ini terjadi peningkatan kasus flu singapur, terutama pada anak-anak. Berikut materi yang telah kami rangkum.

Flu singapura merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus coxsackievirus strain A16. Virus ini paling sering menyerang bayi dan anak-anak. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan,orang dewasa juga dapat terjangkit virus ini. Data menyebutkan berdasarkan modelling di tahun 2018, pada 8 negara di Asia Tenggara, diperkirakan ada sekitar 6% kasus flu singapura yang dirawat, dan 18,7% dari kasus tersebut mengalami komplikasi, dan 5% berakhir pada kematian. Jadi meskipun penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya, akan tetapi perlu menjadi perhatian apabila gejala yang dialami penderita cukup berat.

Penyebaran virus flu singapura yang paling sering terjadi adalah kontak langsung antara penderita flu singapura dengan orang lain. Kontak tidak langsung dapat melalui cairan penderita yang menempel di mainan / benda-benda yang sudah terkontaminasi dengan virus Flu Singapur. Flu singapur ini merupakan penyakit musiman, khususnya musim dengan temperatur yang hangat. Negara-negara dengan kondisi iklim hangat sepanjang tahun, maka penularan dapat terjadi sepanjang tahun, seperti di Malaysia, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Adapun gejala flu singapur ini mirip dengan penyakit infeksi lainnya seperti demam (dengan suhu tidak terlalu tinggi), sakit perut, mual, muntah, dan diare. Kemudian muncul bintil-bintil berisi air yang dapat muncul di tangan / kaki / dalam mulut. Yang paling berisiko terjangkit flu singapur, rata-rata anak rentang usia balita - 7 tahun, karena personal hygiene yang kurang baik, serta anak - anak yang dititipkan di daycare atau sekolah juga memiliki risiko tinggi untuk tertular flu singapura ini.

Perbedaan flu singapura dengan flu musiman adalah pada jenis virus serta gejala penyertanya. Pada flu musiman biasanya disertai dengan batuk kering, pilek, sedangkan flu singapura tidak. Gejala khas pada flu singapura adalah munculnya bintil berisi air.

Beberapa cara pencegahan flu singapur adalah dengan
1. Biasakan perilaku hidup bersih dan sehat
2. Budayakan cuci tangan
3. Gunakan masker bagi penderita flu singapur

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 2.262
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 22.622.197