Detail Artikel


  • 24 Februari 2023
  • 424
  • Artikel

Dinas Kesehatan DIY meluncurkan Buku Dokumenter Penanganan Covid-19 di DIY

Selama kurang lebih dua tahun ini dunia mengalami masalah kesehatan global yang kemudian World Health Organization (WHO) menetapkan sebagai pandemi COVID 19, mengingat sudah menyebar dibeberapa negara, termasuk Indonesia membawa dampak pada sistem kesehatan. Untuk memperkuat Sistem Kesehatan perlu dilakukan berfokus pada upaya pelayanan kesehatan perorangan, upaya pelayanan kesehatan masyarakat  pemenuhan sumber daya manusia, farmasi dan alat kesehatan, penguatan pengawasan obat makanan, pelayanan kesehatan berkualitas, peningkatan eketivitas pembiayaan kesehatan dan JKN, serta tata kelola dan sistem informasi kesehatan.  

 

Dalam menghadapi pandemik COVID 19, di mana situasi yang belum pernah terbayangkan sebelumnya tentang bencana non alam, maka Dinas Kesehatan DIY melakukan upaya meningkatkan kemampuan pelayanan dasar dan lanjutan, meningkatkan komunikasi antar kabupaten dan kota, fasyankes, dan sektor lainnya, meningkatan kemampuan tenaga kesehatan, menambah dan mendistribusikan tenaga kesehatan yang diperbantukan di RS maupun Laboratorium, meningkatkan dan memenuhi perlatan medis termasuk peralatan pelindung diri, antivirus, ventilator, reagen dan bahan habis pakai untuk kebutuhan testing dan tracing, melaksanakan pencegahan dan pengendalian infeksi serta berupaya melakukan pemutusan rantai penularan

 

Pendekatan  pentahelix yang terdiri dari pemerintah, masyarakat, dunia usaha, akademisi dan media menjadi kekuatan dalam pencegahan dan pengendalian COVID 19 di DIY. Perguruan tinggi, organisasi profesi memberikan transfer knowledge, bantuan mahasiswa untuk diterjunkan membantu keberlangsungan pelayanan kesehatan. Masyarakat terlibat langsung dalam penyediaan isoter.

 

Pengalaman dalam menghadapi bencana pandemi COVD 19 selayaknya terdokumentasikan sebagai pembelajaran generasi penerus dalam menghadapi bencana yang serupa dikemudian hari. Pemerintah Daerah DIY dalam hal ini Dinas Kesehatan DIY Menyusun Buku Dokumenter Penanganan COVID-19 bidang Kesehatan di wilatah DIY.

Selengkapnya buku penanganan covid-19 DIY dapat diunduh di Sini.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 18.726
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 20.915.593