Detail Artikel


  • 29 Maret 2019
  • 2.437
  • Artikel

CERDIK, 6 Cara Mudah Cegah Kanker

Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek mengimbau masyarakat untuk melakukan pencegahan penyakit kanker dengan CERDIK. Selain mengartikan cerdik dengan banyak akal, CERDIK juga sebagai sebuah singkatan yang memiliki makna.

1. C atau cek kesehatan secara rutin

Menurut Nila, banyak kasus kanker di Indonesia yang tidak tertolong akibat terlambatnya pasien mengetahui penyakitnya tersebut. Oleh karena itu, melakukan cek kesehatan secara rutin dapat membantu seseorang dalam memantau kesehatannya. Selain itu, bagi mereka yang positif kanker juga dapat mengalami pengobatan secara dini agar tidak berakibat kematian.

2. E atau enyahlah isap rokok

Kandungan didalam rokok dapat menimbulkan banyak komplikasi penyakit yang salah satunya adalah kanker. Nila juga menyebut bahwa kematian nomor satu bagi pria di Indonesia adalah kanker paru-paru yang disebabkan oleh rokok. Selain perokok aktif, dampak komplikasi penyakit lain dari rokok juga dapat diterima oleh perokok pasif. Oleh karena itu, Nila pun mengimbau untuk berhenti merokok.

3. R atau rajin aktivitas fisik

Beraktivitas fisik atau olahraga dapat menurunkan risiko terkena kanker. Disarankan, olahraga tersebut dilakukan dalam waktu 30 menit. Ini telah terbukti dari berbagai penelitian yang salah satu contohnya adalah menurunkan risiko kanker payudara. Dengan berolahraga, tubuh akan menurunkan hormon dan mengatur kadar insulin sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dari sel kanker.

4. D atau diet Seimbang

Diet merupakan salah satu hal yang baik untuk dilakukan. Khususnya karena sudah menjadi fakta bahwa obesitas merupakan salah satu faktor penyebab kanker. Oleh karena itu, mengontrol makanan yang masuk ke dalam tubuh sangatlah penting untuk dilakukan. Namun, diet tersebut haruslah seimbang alias tetap sesuai dengan kebutuhan gizi tubuh.

5. I atau istirahat cukup

Istirahat cukup sangatlah sulit untuk dilakukan seorang pekerja, terutama jika deadline telah datang. Padahal, Nila menyebut bahwa istirahat cukup atau yang disarankan yaitu 8 jam istirahat, dapat meningkatkan imunitas tubuh. Ini juga yang nantinya akan membantu tubuh menangkal sel kanker.

6. K atau kelola stres

Stres juga disebut sebagai salah satu faktor penyebab kanker. Ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh yang menurun sehingga sel-sel perusak tubuh seperti sel kanker pun dapat dengan mudah berkembang. Nila menyebut meditasi dan melakukan aktivitas yang menyenangkan dapat diterapkan sebagai bagian dalam menghilangkan stres.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 1.448
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.864.961