Detail Artikel


  • 30 Juli 2023
  • 2.191
  • Artikel

Bunuh Diri

 

Fakta-fakta Global

  • Lebih dari 700.000 orang meninggal karena bunuh diri setiap tahun.
  • Untuk setiap bunuh diri, ada lebih banyak orang yang mencoba bunuh diri. Upaya bunuh diri sebelumnya adalah satu-satunya faktor risiko terpenting untuk bunuh diri pada populasi umum.
  • Bunuh diri adalah penyebab utama kematian keempat di antara usia 15-29 tahun.
  • 77% kasus bunuh diri global terjadi di negara berpenghasilan rendah dan menengah.
  • Menelan pestisida, menggantung dan senjata api adalah beberapa metode bunuh diri yang paling umum secara global.

 

Setiap tahun 703.000 orang bunuh diri dan masih banyak lagi orang yang mencoba bunuh diri. Setiap bunuh diri adalah tragedi yang mempengaruhi keluarga, komunitas, dan seluruh negara serta berdampak jangka panjang bagi orang-orang yang ditinggalkan. Bunuh diri merupakan penyebab utama kematian keempat di antara usia 15-29 tahun secara global pada tahun 2019.

Bunuh diri tidak hanya terjadi di negara-negara berpenghasilan tinggi, tetapi merupakan fenomena global di seluruh wilayah dunia. Faktanya, lebih dari 77% kasus bunuh diri global terjadi di negara berpenghasilan rendah dan menengah pada tahun 2019.

Bunuh diri adalah masalah kesehatan masyarakat yang serius, namun, bunuh diri dapat dicegah dengan intervensi yang tepat waktu, berbasis bukti, dan seringkali berbiaya rendah. Agar respons menjadi efektif, diperlukan strategi pencegahan bunuh diri multisektoral yang komprehensif.

 

Kelompok Risiko

Sementara hubungan antara bunuh diri dan gangguan mental (khususnya, depresi dan gangguan penggunaan alkohol) terlihat kuat di negara-negara berpenghasilan tinggi, namun di banyak kasus bunuh diri terjadi secara impulsif di saat-saat krisis dengan penurunan kemampuan untuk mengatasi tekanan hidup, seperti masalah keuangan, putusnya hubungan atau rasa sakit dan penyakit kronis.

Selain itu, mengalami konflik, bencana, kekerasan, pelecehan, atau kehilangan dan rasa terasing sangat terkait dengan perilaku bunuh diri. Angka bunuh diri juga tinggi di antara kelompok rentan yang mengalami diskriminasi, seperti pengungsi dan migran, masyarakat adat, transgender, interseks (LGBTI), dan tahanan. Sejauh ini faktor risiko terkuat untuk bunuh diri adalah dari percobaan bunuh diri sebelumnya.

 

Metode bunuh diri

Diperkirakan sekitar 20% kasus bunuh diri global disebabkan oleh keracunan pestisida, yang sebagian besar terjadi di daerah pertanian pedesaan di negara berpenghasilan rendah dan menengah. Metode bunuh diri umum lainnya adalah gantung diri dan senjata api. Pengetahuan tentang metode bunuh diri yang paling umum digunakan penting untuk menyusun strategi pencegahan yang telah terbukti efektif, seperti pembatasan akses ke sarana bunuh diri.

 

Pencegahan dan pengendalian

Bunuh diri bisa dicegah. Ada sejumlah tindakan yang dapat diambil pada tingkat populasi, subpopulasi dan individu untuk mencegah bunuh diri dan percobaan bunuh diri. HIDUP HIDUP, pendekatan WHO untuk pencegahan bunuh diri, merekomendasikan intervensi berbasis bukti kunci yang efektif berikut ini :

  • Membatasi akses ke sarana bunuh diri (misalnya pestisida, senjata api, obat-obatan tertentu),
  • Interaksi dengan media untuk pelaporan bunuh diri yang bertanggung jawab,
  • Menumbuhkan keterampilan hidup sosio-emosional pada remaja,
  • Mengidentifikasi, menilai, mengelola, dan menindaklanjuti siapa saja yang terpengaruh oleh perilaku bunuh diri secara dini.,

Hal ini perlu dijalankan secara beiringan dengan pilar-pilar dasar seperti analisis situasi, kolaborasi multisektoral, peningkatan kesadaran, peningkatan kapasitas, pembiayaan, pengawasan dan pemantauan dan evaluasi.

Upaya pencegahan bunuh diri memerlukan koordinasi dan kolaborasi antar berbagai sektor masyarakat, termasuk sektor kesehatan dan sektor lain seperti pendidikan, tenaga kerja, pertanian, bisnis, peradilan, hukum, pertahanan, politik, dan media. Upaya ini harus komprehensif dan terintegrasi karena tidak ada pendekatan tunggal yang dapat berdampak pada masalah yang kompleks seperti bunuh diri.

 

Tantangan dan rintangan

Stigma, terutama seputar gangguan jiwa dan bunuh diri, berarti banyak orang yang berpikir untuk bunuh diri atau mencoba bunuh diri tidak mencari bantuan dan oleh karena itu tidak mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan. Pencegahan bunuh diri belum ditangani secara memadai karena kurangnya kesadaran akan bunuh diri sebagai masalah kesehatan masyarakat yang utama dan tabu di banyak masyarakat untuk membicarakannya secara terbuka. Hingga saat ini, hanya sedikit negara yang memasukkan pencegahan bunuh diri ke dalam prioritas kesehatan mereka dan hanya 38 negara yang melaporkan memiliki strategi nasional pencegahan bunuh diri. Meningkatkan kesadaran masyarakat dan mendobrak tabu penting bagi negara-negara untuk membuat kemajuan dalam pencegahan bunuh diri.

 

Kualitas data

Secara global, ketersediaan dan kualitas data tentang upaya bunuh diri dan bunuh diri sangat buruk. Hanya sekitar 80 Negara yang memiliki data pendaftaran vital berkualitas baik yang dapat digunakan secara langsung untuk memperkirakan tingkat bunuh diri. Masalah data kematian berkualitas buruk ini tidak unik untuk kasus bunuh diri, tetapi mengingat sensitivitas bunuh diri (dan ilegalitas perilaku bunuh diri di beberapa negara), kemungkinan pelaporan yang rendah dan kesalahan klasifikasi adalah masalah yang lebih besar daripada sebagian besar penyebab kematian lainnya. Peningkatan pengawasan dan pemantauan upaya bunuh diri diperlukan untuk strategi pencegahan bunuh diri yang efektif. Perbedaan lintas negara dalam pola bunuh diri, dan perubahan dalam tingkat, karakteristik, dan metode bunuh diri, menyoroti kebutuhan setiap negara untuk meningkatkan kelengkapan, kualitas, dan ketepatan waktu data terkait bunuh diri mereka.

 

Penulis : Bidang SDK (ags)

Sumber : https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/suicide

 

 

 

 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 7.836
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.846.675