Detail Artikel


  • 11 April 2019
  • 2.485
  • Artikel

Cinta Dan Peduli Sampah Puskesmas Jetis 1 Bantul

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif, untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya di wilayah kerjanya. Oleh karena itu Puskesmas perlu terus menerus melakukan inovasi-inovasi, baik dalam penyelenggaraan perorangan maupun pelayanan kegiatan kesehatan masyarakat. Puskesmas harus mampu menjadi contoh dalam pemanfaatan teknologi tepat guna yang sesuai dengan kebutuhan pelayanan, mudah dimanfaatkan dan tidak berdampak buruk bagi lingkungan.

Salah satu permasalahan Kesehatan Masyarakat yang banyak terjadi yaitu terkait pengelolaan sampah. Sampah di Indonesia sendiri bukan hanya menjadi permasalahan lokal suatu daerah tapi juga menjadi permasalahan nasional yang perlu diselesaikan secara bersama-sama.   Puskesmas Jetis 1 Kabupaten Bantul merintis upaya pengelolaan sampah secara mandiri dan inovatif, memanfaatkan limbah yang tidak terpakai menjadi barang-barang yang bermanfaat.  Berawal dari kondisi darurat sampah di Jogjakarta  dan permasalahan sampah di TPA Piyungan maka Puskesmas Jetis 1 Bantul mencoba untuk ikut berperan dalam mengurangi sampah domestik agar tidak banyak yg di buang dengan prinsip 3 R (Reuse, Recycle dan Reduce).

Adapun kegiatan 3 R di Puskesmas Jetis 1 antara lain pemilahan sampah, kerjasama dengan bank sampah, aturan internal Puskesmas pengurangan sampah seperti membawa botol minum sendiri, minum tidak pakai sedotan, membuang sampah pada tempat sampah sesuai jenisnya, memasak sendiri jika ada rapat internal , mempromosikan dan menggunakan produk daur ulang untk kegiatan Puskesmas (Pispk, PHN, souvenir bumil, ATK kader dll), membuat ecobrics, motivasi karyawan untuk sedekah dan menabung sampah. Selain itu di Puskesmas Jetis 1 juga melakukan daur ulang sampah kresek menjadi bunga2 cantik. Selain itu bumil yg konsul Anc terpadu juga di beri sovenir bros cantik dari kresek dengan harapan ibu hamil peduli sampah dan kelak anak yg dilahirkan jg kenjadi generasi2 yg peduli sampah.

Program 3R selanjutnya di pusk Jetis 1 adalah pembuatan kompos dan biopot. Setelah ada kegiatan 3R diPuskesmas Jetis1 sampah domestik yg dibuang bisa berkurang banyak bisa menekan hampir 50 % dari total sampah yg di buang.

 

Sehat tidak  terjadi secara kebetulan.

Tetapi sehat adalah hasil sesuatu yang diupayakan.

Berperilaku Hidup Bersih Dan Sehat adalah salah satunya.

Semangat kelola sampah bisa dimulai dari diri kita.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 16.449
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 20.834.140