Detail Artikel


  • 23 November 2018
  • 2.922
  • Artikel

Ayo Hidup Sehat Melalui Asuhan Mandiri Pemanfaatan TOGA dan Akupresur

Arah kebijakan kesehatan yang memperkuat upaya peningkatan kesehatan dan pencegahan penyakit serta pemberdayaan masyarakat dapat dipenuhi salah satunya oleh pelayanan kesehatan tradisional yang berorientasi pada upaya menyehatkan yang sakit dan mempertahankan yang sehat sekaligus meningkatkan kualitas hidup seseorang.

STerkait dengan tugas dan fungsi Puskesmas sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang salah satu kegiatannya adalah upaya kesehatan masyarakat, yaitu menyelenggarakan pelayanan  kesehatan tradisional melalui asuhan mandiri yang dilaksanakan dalam bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya MasyarakaSSSSejalan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pelayanan Kesehatan Tradisional pada pasal 70  tentang pemberdayaan masyarakat, pada ayat (2) menyatakan bahwa masyarakat dapat melakukan perawatan kesehatan secara mandiri  dengan memanfaatkan Taman Obat Keluarga (TOGA) dan Keterampilan secara benar.

Melakukan asuhan mandiri merupakan upaya mengubah paradigma pengobatan kuratif menjadi promotif dan preventif, yang bermanfaat untuk efisiensi dan efektivitas bagi keluarga  dalam menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarganya dengan memanfaatkan TOGA dan ketrampilan, sehingga diperoleh keluarga sehat secara mandiri

Mengingat Indonesia merupakan negara yang kaya akan kekayaan alam, sebagian besar kekayaan alam tersebut merupakan tanaman yang berkhasiat obat dan dimanfaatkan secara turun-temurun dan menjadi pilihan masyarakat dalam pemeliharaan kesehatan. Hal ini dibuktikan dalam Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2010 sebesar 59,12% penduduk Indonesia pernah minum jamu dan 95,6% merasakan manfaatnya. Riskesdas tahun 2013  menunjukan bahwa proporsi rumah tangga yang memanfaatkan Yankestrad sebesar 30,4%, diantaranya 49% menggunakan yankestrad ramuan. 

Permenkes Nomor 9 Tahun 2016 tentang Pengembangan Kesehatan Tradisional Melalui Asuhan Mandiri Pemanfaatan TOGA dan Keterampilan

menyatakan bahwa pelaksanaan asuhan mandiri di masyarakat perlu dilakukan pembinaan secara berjenjang dan berkesinambungan. Pembinaan asuhan mandiri kesehatan tradisional melalui pemanfaatan taman obat keluarga dan keterampilan dilakukan bersama antar lintas program kementerian dan lintas sektor kementerian terkait sesuai peran, tugas dan fungsi masing- masing melalui penilaian kelompok asuhan mandiri kesehatan tradisional.  Dengan kegiatan tersebut diharapkan dapat mendorong, menggerakkan, mengedukasi dan memotivasi masyarakat untuk memiliki serta memanfaatkan TOGA dan akupresur untuk asuhan mandiri secara benar.

Komitmen Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dalam mendorong UKBM Asman Pemanfaatan TOGA dan Akupresur dapat berkembang dengan mengadakan evaluasi secara bertahap dari tingkat Provinsi sampai dengan kecamatan .Tahun 2018 sesuai Keputusan Gubernur DIY nomor 164/ KEP/ 2018 tentang Pemenang Asman pemanfaatan TOGA dan Akupresur tingkat provinsi adalah sebagai berikut :

No

Nama Kelompok

Kab/Kota

Nilai

Juara

1

Kampung Tompeyan, Kelurahan Tegalrejo, Kec. Tegalrejo, Kota Yogyakarta

(Wilayah Puskesmas Tegalrejo)

Kota Yogyakarta

2971,85

I

2

Dukuh, Desa Gerbosari, Kec Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

(Wilayah Puskesmas Samigaluh 1)

Kulon Progo

2910,85

II

3

Dusun Jomegatan, Desa Ngestiharjo, Kec Kasihan , Kabupaten Bantul

(Wilayah Puskesmas Kasihan 2)

Bantul

2898,75

III

4

Dusun Jaban, Desa Tridadi, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman

(Wilayah Puskesmas Sleman)

Sleman

2742,15

Harapan I

5

Asman Ngudi waras, Dusun Selang, Desa Bendungan, Kec. Karang Mojo Kabupaten Gunung Kidul

(Wilayah Puskesmas Karang Mojo 2)

Gunung Kidul

2422,40

Harapan II

 

Para pemenang asman pemanfaatan TOGA dan Akupresur mendapat piagam penghargaan dari Gubernur DIY, Tropy dan uang pembinaan. Semoga dengan keberhasilan ke lima kelompok Toga dan Akupresur tersebut dapat memotifasi  dan memicu ke kelompok yang lain agar lebih baik.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 14.996
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.301.616