Detail Berita


  • 28 Maret 2023
  • 504
  • Berita

Webinar Kesehatan Bugar dan Sehat Selama Berpuasa

Dalam menyambut bulan Ramadhan 1444 H atau 2023 M, maka RS dr Hardjolukito merasa perlu untuk melaksanakan edukasi kepada masyarakat terutama kepada seluruh prajurit dan keluarga dan kepada masyarakat pada umumnya dalam bentuk webinar dengan tema “Bugar dan Sehat selama Puasa Ramadan”. Hal ini sebagai bentuk bahwa RS RS dr Hardjolukito sebagai Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara sebagai salah satu komponen Tentara Republik Indonesia Angkatan Udara mempunyai kewajiban memberikan edukasi kepada seluruh prajurit dan keluarga dan kepada masyarakat pada umumnya.

Pada bulan Ramadan, Umat Islam wajib berpuasa karena perintah agama. Secara fisik yang dimaksud dengan puasaadalah tidak makan, tidak minum dan juga tidak merokok pada siang hari sejak matahari terbit sampai terbenam. Lama waktu berpuasa dalam satu hari dapat berbeda beda sesuai dengan letak geografis masing masing. Di wilayah khatulistiwa, seperti Indonesia, puasa Ramadhan berlangsung sekitar 11-12 jam.

Selama berpuasa akan terjadi perubahan jadwal pola makan dan perubahan aktifitas fisik. Perubahan perubahan tersebut tentu memerlukan penyesuaian, khususnya pada orang dengan komorbid tertentu, misalnya penderita diabetes mellitus dan penyakit jantung, agar tetap dapat melaksanakan ibadah puasa dengan aman. Kegiatan berpuasa dapat meningkatkan resiko timbul dehidrasi, hipoglikemi, maupun hiperglikemi. Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, pemahaman yang benar tentang perubahan perilaku yang akan berdampak pada perubahan kondisi tubuh selama berpuasa perlu dikuasai.

Pelaksanaan webinar dengan tema “Bugar dan Sehat selama Puasa Ramadan” pada hari Jumat 24 Maret 2023 mulai jam 07.30 sd. 10.30 dengan sasaran perserta webinar adalah seluruh jajaran kesehatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara beserta keluarga besar  Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara di seluruh Indonesia, jajaran kesehatan di Daerah Istimewa Yogyakarta, beserta masyarakat umum. Kegiatan diselenggarakan secara daring melalui video conference Zoom Meeting dan Live Streaming Youtube dengan link https://www.youtube.com/watch?v=hGNDnMWYMus. Kegiatan ini diselenggarakan di dalam  RS RS dr Hardjolukito Yogyakarta.

Acara webinar dengan tema “Bugar dan Sehat selama Puasa Ramadan” dimulai dengan  sambutan yaitu :

1. Kepala RSPAU dr Suhardi Hardjolukito, Marsekal Pertama TNI dr. Mukti Arja Berlian, Sp.PD, Sp.KP, MM

2. Kepala Dinas Kesehatan Angkatan Udara, Marsekal Pertama TNI dr. Swasono Rahayu, Sp. THD-KL, M.Kes.

Setelah sambutan dilanjutkan dengan pemberian materi webinar dengan tema “Bugar dan Sehat selama Puasa Ramadan” sebagai berikut :

1) Dr. dr. Jongky Hendro Prayitno, Sp.PD. KEMD. FINASIM., beliau adalah Wakil Ketua IDI Cabang Surabaya dan Konsultan Endokrin Metabolik Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga RSUD dr Soetomo Surabaya. Tema bahasan yang dibawakan adalah “Puasa Ramadan pada Penderita Diabetes Mellitus”

2) Kolonel Kes dr. Margono Gatot Suwandi, Sp.JP (K), beliau adalah dokter spesialis jantung konsultan Intervensi RSPAU S. Hardjolukito. Tema bahasan yang dibawakan adalah “Puasa Ramadhan dan Penyakit Jantung”.

3) Dr Mochamad Zulfar Aufin, Sp.KO, beliau adalah doker spesialis kedokteran olahraga yang saat ini  bertugas juga sebagai Medical Officer LOC PERSIJA Jakarta dan LOC liga 2 Indonesia. Materi yang disamapaikan adalah “Tetap Bugar dan Sehat selama Puasa Pusasa Ramadan”

Dengan selesainya pemberian materi, dilanjutkan dengan Tanya Jawab (Diskusi) dan Kuis. Setelah itu dilakukan acara penutupan.

Materi pertemuan dapat diunduh link : https://bit.ly/Materi_Webinar_Ramadhan

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 17.169
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 20.834.860