Detail Berita


  • 02 Maret 2021
  • 507
  • Berita

Vaksinasi Massal di Benteng Vredeburg dan Pasar Beringharjo,

Proses vaksinasi COVID-19 DIY tahapan kedua dilakukan secara massal di Benteng Vredeburg dan Pasar Beringharjo, Senin (01/03) pagi. Acara ini dihadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo serta Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mendampingi Presiden RI Joko Widodo meninjau proses vaksinasi COVID-19 DIY tahapan kedua yang dilakukan secara massal di Benteng Vredeburg dan Pasar Beringharjo, Senin (01/03) pagi. Turut hadir pada kesempatan tersebut Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, Menteri Sekretaris Negara RI Pratikno, dan Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti.

Adapun vaksinasi massal ini akan dilaksanakan hingga 6 Maret 2021 mendatang dengan target sasaran awal 19.897 orang. Jumlah tersebut terdiri dari pedagang Pasar Beringharjo, pedagang kaki lima, pegawai toko, pengayuh becak, dan kusir andong di kawasan Malioboro.

"Pagi ini saya berkunjung ke DIY khususnya Kota Yogyakarta dan melihat proses vaksinasi, prosesnya berjalan lancar dan baik. Kita harapkan (vaksinasi) ini segera diselesaikan sehingga kita harap ekonomi bisa pulih kembali dan kemudian pariwisata di Yogyakarta bisa bergeliat kembali," ujar Jokowi.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menuturkan bahwa sesuai arahan presiden, sebanyak 16,9 juta kelompok tahapan kedua harus segera divaksinasi. “Terutama tenaga publik karena setiap harinya sering bertemu dengan orang banyak. Semoga setelah Pasar Beringharjo, vaksinasi juga akan dapat dilakukan pada pasar-pasar lain di Indonesia agar kegiatan ekonomi tetap berjalan,” terangnya.

Sementara itu, Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi massal ini adalah wujud aspirasi kepada seluruh warga masyarakat. “Kami sebagai ibukota provinsi dalam hal ini bersama Kementerian Kesehatan RI, Pemda DIY mencanangkan posisi masing-masing dalam rangka memberikan perlindungan baik kepada diri sendiri dan orang lain. Mudah-mudahan momen yang dikunjungi presiden ini meninggalkan kesan bagi seluruh warga masyarakat,” ujar Haryadi.

Haryadi menambahkan, untuk setiap harinya, aka nada 3.200 orang yang divaksin. “Total tenaga kesehatan yang terlibat ada 280 orang. Pelaksanaanya terbagi di 3 titik yakni selain di Pasar Beringharjo dan Benteng Vredeburg, juga dilaksanakan di Taman Parkir Abu Bakar Ali,” urainya.

 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 988
  • Bulan Ini

  • 617.886
  • Total Kunjungan

  • 6.181.119