Detail Berita


  • 23 Maret 2021
  • 507
  • Berita

Vaksinasi ASN dan Pelayan Publik di DIY

Pemerintah Daerah (Pemda) DIY melalui Dinas Kesehatan DIY menggelar vaksinasi Covid-19 secara massal tahap kedua di Graha Pradipta Jogja Expo Center (JEC) pada tanggal 15 Maret 2021 s.d 19 Maret 2021. Sebanyak 11.630 orang yang terdiri dari ASN dan pelayan publik menjadi target sasaran vaksinasi Covid-19 kali ini, dengan target vaksinasi sekitar 2.500 orang setiap harinya..

Pada hari pertama, pelaksanaan vaksinasi dibuka oleh Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji. Pelaksanaan vaksinasi, dilakukan dengan penjadwalan selama 5 hari untuk menghindari terjadinya kerumunan. Proses vaksinasi difasilitasi dengan ratusan tenaga kesehatan dari berbagai rumah sakit, organisasi profesi, dan instansi kesehatan lainnya yang dikordinasikan oleh Dinas Kesehatan DIY.


Pada hari pertama juga, proses vaksinasi ini sempat ditinjau langsung oleh Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X. Sri Paduka turut memastikan proses vaksinasi berjalan dengan lancar. Hari pertama Vaksinasi mendapat tinjauan langsung dari Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X. Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan terima kasih kepada Dinas Kesehatan DIY, petugas kesehatan serta IDI Jogja terkait vaksinasi, serta mengimbau kerjasama peserta vaksinasi untuk tetap menjaga protokol kesehatan.

Alur vaksinasi dibagi menjadi empat meja. Setelah presensi oleh masing-masing PIC dari setiap OPD, peserta vaksinasi akan menjalani tahap berikut ini:

1. Meja registrasi

Pengecekan apakah peserta sudah teregistrasi atau belum.

2. Meja screening

Dilakukan screening berupa pengukuran suhu, tekanan darah dan menjawab beberapa pertanyaan. Peserta vaksinasi bisa sekaligus berkonsultasi mengenai keadaan kesehatannya.

3. Meja penyuntikan

Dilakukan proses penyuntikan vaksin dengan bilik khusus bagi yang berhijab.

4. Meja observasi selama 30 menit

Untuk mengamati efek setelah mendapatkan vaksin. Jika terjadi sesuatu sudah disediakan beberapa dokter spesialis dan ambulance.

 

Untuk pelaksanaan vaksinasi dosis kedua, direncanakan akan dilaksanakan pada 29 Maret 2021 s.d 4 April 2021.

 

untuk video liputan pelaksanaan vaksinasi ini, dapat disaksikan pada Instagram Dinas Kesehatan DIY pada link :

1. https://www.instagram.com/tv/CMe1yT0DB0u/?utm_source=ig_web_copy_link

2. https://www.instagram.com/tv/CMhM-OUDScy/?utm_source=ig_web_copy_link

3. https://www.instagram.com/tv/CMnxgYODYp_/?utm_source=ig_web_copy_link

4. https://www.instagram.com/tv/CMvW2fbDmfz/?utm_source=ig_web_copy_link

Video dapat juga disaksikan pada channel youtube Dinas Kesehatan DIY, pada link https://www.youtube.com/channel/UC4mRVsjLtpiNtoFD0gO3PmA/videos

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 967
  • Bulan Ini

  • 617.886
  • Total Kunjungan

  • 6.181.098