Detail Artikel


  • 25 April 2022
  • 181
  • Artikel

Tips Mudik Lebaran dengan Aman dan Sehat, Taat Prokes dan Vaksin

Sekitar 85 juta penduduk Indonesia diperkirakan melakukan perjalanan mudik jelang Lebaran 2022. Dari 85 juta penduduk yang akan mudik di perayaan Idul Fitri tahun ini, 75 persennya berporos di Pulau Jawa.

Seiring dengan musim mudik, ini artinya aktivitas dan mobilitas masyarakat juga meningkat. Meski diprediksikan tidak akan terjadi lonjakan kasus, kasus positif Covid-19 harian bisa jadi naik dibandingkan dengan sekarang.

Untuk itu penting bagi setiap orang yang hendak mudik ke kampung halaman melakukan perjalanan mudik dengan aman dan patuh akan protokol kesehatan ketat.

Pemerintah mempersilakan masyarakat pulang ke kampung halaman mengendarai mobil pribadi untuk merayakan lebaran 2022. Para pemudik diimbau tetap menjaga tertib berlalu lintas agar selamat sampai tujuan.

Kesehatan selama mudik tidak bisa diabaikan, termasuk saat kita mengendarai mobil pribadi. Jangan sampai perjalanan yang ditempuh ini jadi kurang nyaman hingga akhirnya berujung pada kecelakaan fatal akibat mengabaikan kesehatan.

Berikut tips untuk tetap sehat dan aman selama mudik.

 

Tentukan waktu perjalanan yang tidak padat dan Perhatikan peta jalur mudik
Untuk menghindari daerah rawah bencana, maka BNPB sudah merilis peta-peta jalur mudik rawan bencana daerah Jawa-Bali. Pada peta jalur mudik rawan bencana ini sudah ditandai mana saja titik rawan banjir di Pantura, dan jalur tengah Selatan yang banyak daerah rawan longsor.
Selain itu Kementerian Perhubungan juga telah membuat peta jalur mudik melalui jalur utama atau jalur alternative daerah jawa-bali. Selain itu perlu juga memperhatikan peta jalur mudik yang diterbitkan kementerian yang lain.

 

Menjaga kondisi fisik. 

Kondisi fisik menjadi prioritas yang harus diperhatikan seseorang sebelum pulang kampung. Untuk itu usahakan konsumsi makanan sehat dengan penunjang seperti suplemen atau vitamin. Lalu, lakukan olahraga ringan teratur.

 

Istirahat cukup. 

Perubahan jam waktu tidur selama Ramadhan cukup mengacaukan porsi istirahat beberapa orang. Sebagian di antara mereka juga memilih begadang atau tidur berlebih yang akan mengganggu kondisi kesehatan. Jika tak mau mengalami masalah saat mudik, sebaiknya atur ulang porsi istirahat untuk mencegah rasa kantuk di perjalanan.

 

Jaga konsumsi makanan yang sehat dan bergizi sebelum dan selama mudik dengan bekal makanan dan minuman.

Tidak perlu yang berat, camilan sehat seperti kacang-kacangan dan potongan buah sudah cukup untuk mengganjal perut selama di perjalanan. Minuman seperti air mineral kemasan juga akan mencegah kemungkinan dehidrasi yang kerap menyerang pemudik. Konsumsi bekal 3-4 jam sekali untuk menjaga stamina tubuh

 

Cek Kesehatan sebelum mudik / medical check-up. 

Diagnosis kesehatan sendiri sangat tidak dianjurkan dan membahayakan kondisi tubuh. Alangkah baiknya memeriksakan diri ke dokter langsung untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

 

Segera lakukan vaksinasi booster minimal 1-2 minggu sebelum mudik. 

Sebelum mudik, pastikan pergi dalam keadaan tubuh yang sehat, sudah divaksin primer Covid-19 dan jauh lebih baik jika semua anggota keluarga yang pergi mudik sudah juga mendapatkan vaksin booster. Pastikan sanak keluarga yang mau dikunjungi di kampung, setidaknya sudah divaksin primer dua dosis.  Efektivitas vaksin baru akan terasa sekitar 2 pekan. Maka dari itu, disarankan saat masih H-10 seperti sekarang, yang hendak mudik sudah melakukan vaksin booster.   Booster sekarang ini, seminggu dua minggu ke depan sampai di tempat mudik, imunitas kita sudah meningkat cukup tinggi. Jika tertular pun kadar kesakitannya ringan,

 

Jangan atau tunda bepergian apabila kondisi tidak sehat

Selalu memakai masker dan membawa masker cadangan

Istirahat 2-4 jam sekali setiap perjalanan dengan mobil selama 4 jam sedangkan dengan sepeda motor selama 2 jam.

Gunakan selalu aplikasi peduli lindungi

Melalui Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 36-38 Tahun 2022, Pemerintah menghimbau bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran 2022 wajib mengisi e-HAC (electronic Health Alert Card) di aplikasi PeduliLindungi.
e-HAC sendiri merupakan Kartu Kewaspadaan Kesehatan Elektronik yang ditujukan untuk pelaku perjalanan domestik dan internasional selama pandemi Covid-19.

Adapun saat ini pengisian e-HAC menjadi syarat wajib masyarakat ketika akan melakukan perjalanan mudik lebaran 2022 baik melalui jalur transportasi darat, laut, dan udara. Untuk selengkapnya berikur ini cara mengisi e-HAC sebagai syarat perjalanan mudik 2022.

             a. Unduh aplikasi PeduliLindungi di Play Store untuk ponsel Android dan App Store untuk iPhone

              b. Daftar atau login terlebih dahulu menggunakan nomor telepon atau alamat e-mail aktif

              c. Pilih menu “EHAC”

              d. Klik “Buat e-HAC”

              e. Pilih “Domestik” apabila perjalanan dalam wilayah Indonesia

              f. Klik dengan moda transportasi missal “Pesawat Terbang”

              g. Pilih waktu keberangkatan Anda

              h. Jika nomor penerbangan/ keberangkatan tidak ditemukan, isi data penerbangan/ keberangakatan secara

                   manual dengan memilih nama maskapai/ biro perjalanan,Tempat asal keberangkatan dan tujuan. Pastikan

                     informasi   sesuai, lalu klik “Lanjutkan”

                i. Masukkan Data Personal yang dapat diisi maksimal 4 orang

                j. Selanjutnya, cek status kelayakan terbang. Bila dinyatakan ‘layak untuk terbang/ berangkat’, pilih simpan

                     informasi yang telah diisi sebelumnya

                k. Terakhir, pilih “Konfirmasi” dan selesai

Rajin cuci tangan pakai sabun dan membawa hand sanitizer

Selama mudik manfaatkan fasilitas layanan kesehatan yang tersedia

 

Pulang kampong bertemu keluarga dengan booster aman terjaga. Jaga kesehatan, jaga silaturahmi untuk hari yang lebih baik dan hati yang suci.  Kemanapun mudiknya baksinasi booster dan prokes solusinya

 

Membawa kotak P3K. 

Selalu bawa kotak P3K meski hasil medical check-up tidak mengindikasikan penyakit serius. Dalam hal ini Anda dapat mengisi kotak P3K dengan obat-obatan ringan yang dapat membantu meredakan 'penyakit mudik' salah satunya mabuk darat dan laut. Lengkapi kotak P3K ini dengan obat-obatan, balsem, kayu putih, perban,dan plester

 

Referensi :

  1. https://www.facebook.com/KementerianKesehatanRI/videos/480603623840627/?extid=WA-UNK-UNK-UNK-AN_GK0T-GK1C
  2. https://tekno.kompas.com/read/2022/04/22/19150057/cara-mengisi-e-hac-sebagai-syarat-mudik-lebaran-2022-untuk-perjalanan-darat
  3. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20220418143157-389-786128/persiapan-ngegas-aman-mudik-lebaran-2022-tetap-sehat-dan-selamat

https://www.inews.id/lifestyle/health/6-tips-mudik-lebaran-dengan-aman-dan-sehat-taat-prokes-saat-halal-bihalal

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 25
  • Bulan Ini

  • 617.886
  • Total Kunjungan

  • 6.737.467