Detail Artikel


  • 28 April 2017
  • 37.328
  • Artikel

Memilih Posisi Tidur yang sehat

Bagaimana kebugaran anda hari ini? Segar kah? Atau mengantuk kah? Anda masih mengantuk, bisa jadi menjadi indikasi anda kurang bugar hari ini. Kurang bugar kondisi anda saat ini bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya kurang tidur. Kurang tidur yang dimaksud di sini bisa berarti jam tidur anda yang memang betul-betul kurang, namun bisa juga dari sekian waktu anda tidur, hanya sebagian kecil waktu saja anda benar-benar tidur, alias tidur yang berkualitas.

Posisi tidur turut berperan menentukan kualitas tidur anda. Bahkan menurut penelitian, posisi tidur yang buruk bisa menyebabkan kelelahan, gangguan tidur, sakit kepala, sakit maag, dan nyeri punggung. Lalu, posisi tidur seperti apa yang baik dan buruk? Berikut sedikit uraiannya..

 

Posisi tidur yang baik

1.        Tidur telentang

Tidur telentang dengan kedua tangan di sisi kanan dan kiri Anda umumnya dianggap sebagai posisi tidur yang baik untuk kesehatan dan juga untuk leher Anda selama tidak menggunakan terlalu banyak bantal. Posisi tidur ini dapat mempermudah kepala, leher, dan tulang belakang kita untuk tetap selaras dan tetap dalam posisi netral. Karena tidak ada tekanan ekstra pada tubuh bagian belakang, maka ini adalah posisi tidur terbaik untuk tulang punggung Anda.

2.        Posisi bintang laut

Posisi telentang dengan kedua tangan di samping kepala juga baik untuk kesehatan. Posisi tidur ini juga dapat mencegah kerutan wajah dan kulit berjerawat. Menurut Dr. Decontee Jimmeh, seorang ahli saraf di Norwood Clinic, Birmingham, tidur telentang juga dapat memerangi refluks asam lambung. Berbaring telentang berarti kepala terangkat dan perut mampu berada di bawah kerongkongan, sehingga lebih kecil kemungkinannya untuk zat yang telah dicerna kembali ke kerongkongan. Sangat penting untuk dicatat bahwa tidur dengan posisi ini dapat mengakibatkan mendengkur. Selain itu, menempatkan lengan dengan menekuknya di samping kanan dan kiri kepala Anda akan mengakibatkan banyak tekanan pada saraf bahu, yang menyebabkan rasa sakit.

3.        Tidur menyamping

Tidur menyamping bermanfaat bagi orang yang menderita sleep apnea obstruktif (berhentinya napas saat tidur), orang yang sering mendengkur, dan yang sering mengalami sakit pada leher dan punggung, serta bagi mereka yang sedang hamil. Posisi ini bermanfaat dalam membuka orofaring yang sesak. Hal ini juga dapat memanjangkan tulang belakang, yang dapat membantu meredakan nyeri punggung. Namun, dengan posisi tidur menyamping, Anda akan mengalami penuaan kulit yang tidak diinginkan, karena menempatkan satu sisi wajah Anda pada bantal, sehingga kulit akan keriput. Arah ketika Anda tidur juga memiliki manfaat tertentu. Tidur menyamping ke sisi kanan dapat melonggarkan tekanan pada hati, paru-paru, dan perut. Sedangkan tidur menyamping ke sisi kiri dapat mengurangi refluks asam lambung. Wanita yang sedang hamil juga disarankan untuk tidur ke sisi kiri untuk aliran darah yang optimal.

 

Posisi tidur yang buruk

1.        Tidur telungkup

Tidur telungkup tidak pernah disarankan, karena ia tidak mendukung bentuk alami dari tulang belakang. Posisi ini dapat menimbulkan tekanan pada sendi  dan otot, sehingga Anda akan merasakan mati rasa, nyeri, dan kesemutan. Posisi ini juga memaksa leher Anda untuk terus berputar dan badan tertekan, sehingga sirkulasi penapasan Anda tergolong buruk.

2.        Tidur meringkuk (fetal)

Posisi dengan menekuk lutut hingga dada dapat menyebabkan sakit leher dan punggung, keriput, dan payudara kendur. Tidur dalam posisi fetal dapat menyebabkan ketegangan pada punggung dan sendi, terutama ketika lutut dan dagu diselipkan di dada Anda. Posisi ini sangat tidak disarankan untuk siapapun, karena posisi bahu dan leher harus selaras ketika tidur. Selain posisi tidur, Anda juga harus memilih kasur yang lebih lembut untuk menghindari penekanan, namun jika kasur terlalu lembut, maka ia juga tidak dapat mendukung leher Anda. Posisi tidur dan jenis kasur Anda memainkan peran utama dalam memberikan dukungan sepanjang kontur tubuh Anda saat berbaring di tempat tidur. Menempatkan tekanan pada bagian tubuh tertentu dapat mengganggu tidur. Tidur malam yang baik memerlukan lingkungan, dan kasur yang baik, serta waktu yang cukup.

 

 

Sumber

https://hellosehat.com

http://www.alodokter.com

 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 7.728
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 20.879.905