Detail Artikel


  • 16 Juni 2016
  • 86.450
  • Artikel

BUKAN IKLAN!! : beberapa manfaat teh

Tahukah anda mengenai salah satu kebiasaan orang tua di pagi hari, khususnya bagi orang jawa? Tepat bila anda menjawab minum teh hangat. Terlebih lagi bagi daerah-daerah yang terpengaruh oleh kerjaan Mataram Islam, seolah sudah menjadi budaya untuk minum secangkir teh manis hangat dan kental di pagi hari, bahkan di Jogja, muncul slogan bukan orang Jogja kalau pagi belum minum teh nasgitel, yang merupakan akronim teh panas, legi (manis) dan kentel (kental).

Pertanyaan berikutnya, tahukah anda, bahwa sedikit banyak, kebiasaan ini bermanfaat bagi kesehatan? Mari kita lihat dari kandungan dalam teh itu sendiri. Teh memiliki kandungan yang kaya akan manfaat antioksidan, kafein teh (dalam hal ini berbeda antara kafein teh dan kopi), vitamin A, B kompleks, C serta E yang baik untuk menjaga dan merawat tubuh anda. Selain itu, juga ada kandungan polifenol yang berupa katekin dan flavanol. Juga monocitrat dan fluoride dalam bentuk manganese, zinc, serta potassium. Lalu apa manfaatnya? Cekidot…

1.        Membantu membuang racun.

Kondisi teh manis dan hangat ternyata sangat baik untuk membuang racun di dalam tubuh anda. Hal ini di sebabkan karena manfaat dari air hangat sendiri sangat baik dalam membantu melancarkan proses pencernaan makanan. Bukan hanya itu, namun juga sangat baik untuk membantu menormalkan sistem peredaran tubuh anda.

2.        Meningkatkan imunitas tubuh

Teh memiliki zat yang mampu membantu anda untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Zat tersebut adalah vitamin C yang sangat aktif untuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh anda. Hal ini membantu anda untuk bisa terhindar dari berbagai penyakit.

3.        Mengobati sakit kepala

Teh juga banyak di pakai sebagai obat untuk mengobati sakit kepala. Kandungan kafein pada teh memberikan rasa relaks , sehingga membantu dalam masa penyembuhan sakit kepala. Untuk itulah mengapa orang sakit di beri minuman teh hangat setelah makan.

4.        Menenangkan

Teh memberikan efek menenangkan secara psikologis. Apalagi dalam sajian hangat membantu anda terasa nyaman dan hangat.

5.        Menurunkan kadar kolesterol

Menurut penelitian yang di lakukan di beberapa Negara, mengkonsumsi teh setiap hari ternyata sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol. Untuk itulah mengapa orang tua sangat menyukai teh

6.        Membantu menyehatkan jantung

Ketika kolesterol anda sudah bisa di jaga, maka jantung anda juga dalam keadaan aman. Kandungan manfaat vitamin E yang ada di dalam teh juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

7.        Menjaga kesehatan mata

8.        Meningkatkan energy

Teh juga memiliki kandungan manfaat vitamin B kompleks. Zat ini sangat baik untuk membantu meningkatkan sistem metabolism anda. Sehingga proses pengolahan dan penghasilan energi juga lebih cepat. Untuk itulah mengapa orang yang habis meminum teh sedikit memiliki energi.

9.        Membantu perawatan gigi

Meminum teh setiap hari juga baik untuk kesehatan gigi. Jangan salah ternyata kandungan fluoride dan tennis cukup baik untuk mengurangi pembentukan karang gigi. Hal inilah yang membantu gigi anda tetap sehat. Bahkan membantu anda untuk tetap terhindar dari penyakit gigi dan gusi lainnya.

10.     Memperkuat tulang

Kandungan vitamin D dalam teh sangat baik untuk memperkuat tulang anda. Apalagi bagi anda yang masih dalam tahap perkembangan. Selain itu, kandungan protein di dalam teh juga membantu mempercepat pembentukan tulang agar lebih cepat tumbuh

11.     Membantu mengganti sel yang rusak

Sel di dalam tubuh anda sangat rentan sekali rusak. Oleh sebab itu perlu adanya kandungan protein untuk membantu regenerasi sel yang rusak tersebut. Manfaat teh manis hangat di sini sangat menguntungkan untuk mengganti sel rusak pada tulang, kulit, otot, serta rambut.

12.     Kaya Antioksidan

Teh juga memiliki kandungan kaya akan antioksidan. Hal ini membantu anda untuk melawan dari radikal bebas. Sangat cocok untuk anda yang biasa bekerja di luar ruangan, sebab radikal bebas sangat banyak sekali apalagi saat anda berada di bawah terik sinar matahari.

 

Sumber :

1.      http://manfaat.co.id/

2.      http://www.cnnindonesia.com/

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 14.511
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 20.064.737