Detail Artikel


  • 29 Desember 2018
  • 926
  • Artikel

Rayakan Pergantian Tahun dengan Sehat

Tak lama lagi, hanya dalam hitungan jam, kita semua akan memasuki tahun baru, tahun 2019. Sudahkah kita semua mempersiapkan resolusi 2019? Apa yang akan dibuat, dan ditargetkan di 2019? Atau mungkin evaluasi apa yang telah dilakukan di 2018?

Berbicara tahun baru, tentu juga berbicara masa pergantian tahun yang biasanya dirayakan dengan acara-acara kumpul dengan teman-teman, saudara, keluarga, membuat semacam pesta kecil seperti membuat jagung bakar, atau bernyanyi bersama-sama. Jika tahun-tahun sebelumnya, perayaan pergantian umum sudah menjadi semacam adat dirayakan dengan konvoi kendaraan dengan kenalpot brong dan mobil pick up terbuka, serta diiringi dengan suara ledakan petasan yang memekakkan telinga, namun mulai tahun ini, kesemuanya itu dilarang oleh penegak hukum. Alasannya jelas, karena bukan merupakan hal yang aman.

Merayakan pergantian tahun, selain selayaknya dilakukan dengan aman, akan lebih baik lagi jika dilakukan juga dengan sehat. Berikut tips sehat rayakan tahun baru yang coba penulis website resmi Dinas Kesehatan DIY rangkum dari beberapa sumber. Apa saja itu?

 

1. Pilih Terompet yang Bersih

Boleh saja memainkan terompet saat malam Tahun Baru, namun sebaiknya menggunakannya satu orang satu terompet dan jangan bergantian. Sebab kuman bisa ada di mana-mana, salah satunya difteri yang sedang mewabah.

Selain itu, kuman bisa menular saat seseorang batuk pilek bersin. Kristoforus menyarankan sebaiknya selektif memilih terompet dan sebaiknya memilih terompet dari baleb atau pompa. Dipencet bukan ditiup.

 

2. Ganti Petasan dengan Kembang Api

Banyak peristiwa menyedihkan yang terjadi ketika malam Tahun Baru akibat dampak bermain petasan. Misalnya kebakaran rumah atau tubuh terkena ledakan petasan.

 

3. Rayakan dengan Positif

Tahun baru bisa dimeriahkan dengan cara positif misalnya jangan main kebut-kebutan, konvoi yang tak tertib. Lebih baik adu jago keahlian seperti panggung rakyat, pentas seni, atau stand up comedy.

 

4. Batasi Pola Makan

Malam Tahun Baru biasanya makanan melimpah. Sebaiknya bijak memilih makanan dengan gizi seimbang dan hindari karbo berlebih. Lalu batasi gula, garam dan lemak.

 

5. Hindari Rokok dan Alkohol

Ingat resolusi tahun 2018 seharusnya bisa dilewati dengan cara yang sehat. Mulailah dengan awal yang sehat pula. Sebaiknya jauhi alkohol saat malam Tahun Baru. Begitu juga dengan tekad berhenti merokok bisa mulai dilakukan saat malam Tahun Baru.

 

 

Sumber :

https://www.jawapos.com

https://metro.tempo.co

http://www.koranmadura.com

 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 10.776
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 22.823.312