Detail Berita


  • 30 Agustus 2023
  • 314
  • Berita

Supervisi Persiapan Pelaksanaan Pemeriksaan Biomedis Wilayah Karangmojo Kabupaten Gunungkidul

Dalam rangka menjamin pelaksanaan dapat berjalan dengan baik dan untuk mendapatkan dukungan semua pihak untuk pelaksanaan SKI 2023, Tim SKI DIY dan Korwil I SKI 2023 telah mengadakan serangkaian kegiatan supervisi pelaksanaan di berbagai lokasi. Supervisi ditujukan untuk memonitor khususnya pada awal pelaksanaan SKI di DIY.

Salah satu kegiatan supervisi  dilaksanakan di wilayah Kabupaten Gunungkidul yang dilakukan oleh Ketua SKI DIY (Kepala Dinas Kesehatan DIY), Tim SKI 2023 DIY (PJO, PJT) dan Korwil I SKI 2023. Supervisi dilaksanakan dengan mengambil dua titik lokasi yaitu Dinas Kesehatan Gunungkidul dan Puskesmas Karangmojo I.

Dalam kesempatan kunjungan ke Dinas Kesehatan Gunungkidul telah diterima oleh sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul beserta jajaran SKI Kabupaten Gunungkidul (PJT, PJAL). Berbagai bahasan telah disampaikan berkaitan dengan progress pelaksanaan, sumberdaya, manajemen, dan kendala-kendala di tingkat kabupaten dalam pengelolaan SKI di wilayah. Secara umum hasil pemantauan menunjukkan seluruh rangkaian dan rencana kegiatan untuk awal pelaksanaan  pengumpulan data telah berjalan dengan baik. Beberapa kendala telah disolusikan dan beberapa dalam proses penyelesaian dan koordinasi.

Kunjungan kedua di Puskesmas Karangmojo I ditujukan utamanya untuk memonitor persiapan pelaksanaan pengumpulan data biomedis yang direncanakan di laksanakan di puskesmas tersebut. Hadir dalam pendampingan dari unsur Puskesmas, seluruh enumerator, dan dinas kesehatan kabupaten gunungkidul.

Bahasan dalam kunjungan mendiskusikan berbagai persiapan dan kendala yang dihadapi. Tidak ditemukan kendala yang dihadapi oleh enumerator dan puskesmas  terkait dengan petugas dan sarana prasarana pendukungnya. Kendala ditemukan berkaitan dengan adanya responden yang tidak bersedia hadir di puskesmas untuk pemeriksaan biomedis disebabkan oleh kesibukan, disabilitas, dan penolakan. Untuk kasus penolakan selanjutnya telah dibahas bersama dan akan dibantu dalam memberikan persuasi melalui berbagai pihak.

a

 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 1.352
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 22.025.360