Detail Info Kegiatan


  • 29 Oktober 2018
  • 2.505
  • Info Kegiatan

Pertemuan Koordinasi Dan Evaluasi Tenaga STBM Dan Penanggungjawab Data Indikator Kesehatan Lingkungan

    Dalam rangka    Evaluasi Kegiatan Kesehatan Lingkungan di DIY,Dinas Kesehatan mengadakan pertemuan Koordinasi Dan Evaluasi Tenaga STBM Dan Penanggungjawab Data Indikator Kesehatan Lingkungan pada tanggal 29 Oktober 2018 Fave Hotel Jl. I Dewa Nyoman Oka No. 3 Yogyakarta. Pada kegiatan ini hadir narasumber dari Direktorat Kesehatan Lingkungan - Kementerian Kesehatan RI Ibu Anita Rantauli Gultom, SKM, MPH, Kepala Dinas Kesehatan DIY Drg. Pembajun Setyaningastutie, MKes membuka acara sekaligus menyampaikan materi tentang keberlanjutan STBM di DIY.

Upaya Penyehatan Lingkungan mempunyai peran yang cukup penting dalam  siklus kehidupan manusia dari pre-natal  hingga dewasa. Faktor-faktor lingkungan (baik lingkungan fisik, kimia dan mikrobiologi) apabila tidak dikendalikan akan mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatan sehingga akan berpengaruh terhadap derajat kesehatan masyarakat. Dalam Renstra Dinas Kesehatan DIY Tahun 2018  upaya penyehatan  lingkungan mencakup beberapa indikator yaitu :

·           Jumlah desa/kelurahan yg mengimplementasikan 5 pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat).

·           Jumlah TTU memenuhi syarat kesehatan.

Saat ini STBM bukan hanya sekedar suatu upaya pemberdayaan masyarakat yang terkait air dan sanitasi saja, tetapi STBM sudah dikembangkan  sebagai upaya  pemberdayaan masyarakat dalam rangka penanganan stunting. Kegiatan STBM mencakup 5 Pilar yaitu Stop Buang Air Besar Sembarangan, Cuci Tangan Pakai Sabun, Pengelolaan Air Minum Dan Makanan Rumah Tangga, Pengamanan Sampah Rumah Tangga dan Pengamanan Limbah Cair Rumah Tangga. Target desa yang mengimplementasi 5 Pilar STBM tahun 2018  sebanyak 40 Desa yang merupakan komulatif dari tahun sebelumnya dan target tahun 2019 sebanyak 60 desa. Pada tahun 2017 target 15 desa yang mengimplementasikan 5 Pilar STBM dapat tercapai.  Agar target tahun 2018 ini dapat tercapai perlu dilakukan Monitoring dan Evaluasi di lapangan maupun administrasi secara periodik sehingga kualitas desa yang mengimplementasikan 5 Pilar STBM dapat sesuai dengan standar yang ada.

Sedangkan Indikator Tempat-Tempat Umum (TTU) memenuhi syarat meliputi kegiatan upaya pengawasan yang mencakup : Institusi (sekolah), puskesmas, rumah sakit, pasar, hotel dan kegiatan Kabupaten Kota Sehat (KKS).  Dalam upaya peningkatan kualitas kesehatan lingkungan berdasarkan Permenkes Nomer 17 tahun 2015 tentang Pelayanan Kesehatan Lingkungan di Puskesmas mencakup kegiatan :

a. Konseling;

b. Inspeksi Kesehatan Lingkungan; dan/atau

c. Intervensi Kesehatan Lingkungan

Upaya penyehatan lingkungan merupakan upaya pengendalian faktor-faktor resiko lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan manusia (fisik, kimia dan mikrobiologi) serta upaya peningkatan perilaku masyarakat terkait higiene sanitasi. Untuk mendukung pencapaian indikator kesehatan lingkungan tersebut salah satu upaya yang dilakukan yaitu perekrutan tenaga Korprov STBM Provinsi dan Fasilitator STBM di kab/kota. Pembiayaan pengadaan tenaga Korprov STBM dibiayai melalui anggaran dana Dekonsentrasi Dinas Kesehatan DIY tahun 2018. Sedangkan Fasilitator STBM Kabupaten dibiayai oleh dana DAK Non Fisik Kab/Kota tahun 2018. Dengan peningkatan jumlah SDM tersebut diharapkan dapat membantu upaya pencapaian terget Indikator Renstra Dinas Kesehatan DIY.

Untuk mengetahui efektifitas kegiatan-kegiatan Penyehatan Lingkungan terhadap capaian target indikator kinerja dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan, pendanaan, pencapaian sasaran output kegiatan maupun capaian target indikator kinerja. Selain itu, kinerja tenaga Korprov STBM DIY maupun Fasilitator STBM di kabupaten/kota perlu dilihat untuk mengetahui seberapa besar peran terhadap pencapaian target indikator kinerja khususnya capaian desa/kelurahan melaksanakan  STBM.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 21.575
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.135.698