Detail Info Kegiatan


  • 06 Maret 2023
  • 1.226
  • Info Kegiatan

Sosialisasi Kesehatan Jiwa di Desa Bandung: Upaya Deteksi Dini Gangguan Jiwa dan Peran Masyarakat dalam Perawatan Kesehatan Jiwa

Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan jiwa, Dinas Kesehatan DIY melakukan kegiatan sosialisasi di Desa Bandung pada Kamis 23 Februari 2023 di balai desa setempat. Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk masyarakat desa Bandung, kader kesehatan, kepala desa Bandung, anggota DRPD DIY dapil Gunungkidul, perwakilan tenaga kesehatan dari Puskesmas Playen 1, dan perwakilan dari Dinkes DIY yang diwakili oleh ARIP SRIYANTO, S.ST., M.K.M, Apt. Edwin Daru Anggara, M.Sc., MPH, dan Punto Aji, SE. Narasumber kegiatan adalah Ns. Fajriyati Nur Azizah, M.Kep. Sp.Kep.J dari IPKJI-DIY.

Kepala Desa Bandung menyampaikan sambutan pertama dan menekankan pentingnya sosialisasi kesehatan jiwa dalam upaya mengurangi stigma yang masih ada di masyarakat terkait masalah kesehatan jiwa.  Selanjutnya, ARIP SRIYANTO, S.ST., M.K.M, dari Dinkes DIY menyampaikan sambutan kedua, yang menegaskan bahwa upaya sosialisasi kesehatan jiwa harus terus dilakukan untuk meningkatkan deteksi dini dan upaya pengobatan.

Materi utama pada kegiatan ini disampaikan oleh Ns. Fajriyati Nur Azizah, M.Kep. Sp.Kep.J dari IPKJI-DIY. Ia membahas konsep sehat jiwa dan pengenalan gangguan jiwa di masyarakat, termasuk data masalah kesehatan jiwa, beberapa ciri sehat jiwa, orang dengan masalah kejiwaan (ODMK), orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), dan peran keluarga dalam membantu anggota keluarga yang mengalami masalah kesehatan jiwa.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan diskusi interaktif antara narasumber dan peserta. Peserta diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan berdiskusi tentang berbagai hal terkait kesehatan jiwa. Selain itu, peserta juga diberikan materi terkait cara merawat kesehatan jiwa dan upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah gangguan kesehatan jiwa.

Kegiatan sosialisasi kesehatan jiwa ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan jiwa dan mengurangi stigma yang masih ada terkait masalah kesehatan jiwa. Dinas Kesehatan DIY akan terus melakukan upaya-upaya sosialisasi dan deteksi dini gangguan kesehatan jiwa di masyarakat, sehingga upaya pengobatan dapat dilakukan sejak dini dan masyarakat dapat memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 9.577
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 22.822.113