Detail Artikel


  • 26 Juni 2024
  • 177
  • Artikel

SEKOLAH TERPADU LANSIA ‘GINASTEL’ Gigi Sehat Badan Kuat dengan Sekolah Terpadu Lansia

GINASTEL (Gigi Sehat Badan Kuat dengan Sekolah Terpadu Lansia) adalah suatu rangkaian inovasi kegiatan pemberdayaan masyarakat dan pemberian informasi tentang kesehatan gigi dan kesehatan umum untuk lansia yang dikemas secara menyenangkan, dilaksanakan secara komprehensif yang meliputi upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif serta terpadu antara kegiatan posyandu lansia dan sekolah lansia.

Adapun rangkaian kegiatan inovasi GINASTEL sebagai berikut :

a. KAK GILAN = Kader Penggerak Gigi Sehat Lansia

Tahap pertama adalah pembentukan Kader Penggerak Gigi Sehat Lansia yang akan membantu pelaksanaan Sekolah Terpadu GINASTEL. Kader diberi pelatihan tentang pengetahuan gigi dan cara skrining penyakit gigi dan mulut lansia secara sederhana.

b. ES SERUT =  Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut

Upaya promotif dengan “Es Serut” (Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut) pada lansia yang dilaksanakan sebulan sekali dengan kurikulum “GINASTEL”.

c. GULA SEMUT = Gerakan Lansia Dua Kali Sehari Membersihkan Gigi dan Mulut

Upaya preventif dengan “Gula Semut” (Gerakan Dua Kali Sehari Membersihkan Gigi dan Mulut) yaitu dengan pemebrian Stiker “Ayo Lansia Sikat Gigi 2 kali Sehari”, praktek sikat gigi yang benar dan skrining Kesehatan gigi dan mulut.

d. GULA MANIS = Penanggulangan Masalah Kesehatan Gigi Lansia

 kuratif dengan penanggulangan masalah kesehatan gigi lansia secara bertahap. Lansia-lansia yang telah dilakukan  skrining gigi, dan ditemukan penyakit atau kelainan gigi dirujuk ke Poli Gigi Puskesmas untuk diberikan pengobatan dan  perawatan sesuai diagnose masing-masing. Perawatan meliputi penambalan gigi, pembersihan gigi dan pencabutan gigi.

e. GULA PASIR  = Gerakan Lansia Pasang Gigi Tiruan.

Upaya rehabilitatif  lansia dengan pemasangan gigi tiruan pada lansia, setelah mendapatkan perawatan gigi dan mulut. Pemasangan gigi tiruan ini dilakukan secara bertahap dan untuk peserta BPJS mendapatkan subsidi dari BPJS.

Kebaruan dari inovasi Sekolah Terpadu Lansia ‘GINASTEL’ ini, adalah pembentukan sekolah lansia yang dipadukan dengan posyandu lansia, pembentukan kader gigi lansia, akses pelayanan Kesehatan gigi dan mulut lansia lebih mudah, teknologi penyampaian materi penyuluhan dengan kurikulum bervariasi dan menyenangkan, serta menggunakan teknologi komunikasi pelayanan Kesehatan gigi dan mulut lansia dengan grup whatsapp.

Kemanfaatan Inovasi GINASTEL adalah akses pelayanan gigi menjadi lebih mudah sehingga kunjungan pasien lansia di Poli Gigi meningkat, transformasi teknologi kesehatan dengan menggunakan system informasi digital, transformasi system pembiayaan dengan pemanfaatan klaim BPJS dalam pembuatan gigi tiruan dan kualitas hidup lansia makin baik dengan penggunaan gigi tiruan sehingga menurunkan resiko penyakit degeneratif dan relatif biaya berobat pada lansia lebih hemat. Tingkat pengetahuan kesehatan gigi dan mulut lansia makin meningkat.

Inovasi GINASTEl sudah direplikasi di 4 dusun di wilayah Imogiri dengan jumlah peserta didik pra lansia dan lansia sebanyak 400 orang. Sedangkan untuk kader penggerak gigi lansia sehat sebanyak 52 orang.

Inovasi GINASTEL mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul dan amanah dari Bapak Bupati Bantul, Sekolah Terpadu Lansia GINASTEL harus bisa direplikasi di semua Puskesmas di Kabupaten Bantul. 

oleh drg. Prasasti Bintarum (Juara I Kategori Dokter Gigi Puskesmas Nakesdan DIY Th. 2024)

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 4.700
  • Bulan Ini

  • 3.094.979
  • Total Kunjungan

  • 25.708.077