Detail Artikel


  • 30 Maret 2019
  • 1.103
  • Artikel

Tips Sehat Di Musim Hujan

Musim hujan merupakan kesempatan bagi mikroorganisme penyebab penyakit menyerang manusia. Sistem imun merupakan hal pertama yang harus diperhatikan untuk menolak serangan mikroorganisme penyebab penyakit ke dalam tubuh, apalagi sebentar lagi akan menjelang Ramadhan yang perlu stamina tubuh yang bagus. Beberapa tips saat musim hujan yang bisa kita lakukan:

1. Jaga Pola Makan

Menjaga pola makan sehari-hari sangatlah penting demi pemenuhan asupan gizi bagi tubuh. Seimbangkan konsumsi buah, sayur, sumber karbohidrat dan protein, serta cukupi kebutuhan minum air putih.

2. Olahraga

Sistem kekebalan tubuh saat musim penghujan harus dijaga dengan olahraga, dengan aktivitas fisik selama minimal 30 menit mampu mengaktifkan sel darah putih dalam tubuh.

3. Istirahat cukup

a) Untuk prasekolah usia 3-5 tahun membutuhkan waktu istirahat 10-13 jam

b) Remaja usia 14-17 tahun membutuhkan 8-10 jam untuk istirahat, dan

c) Dewasa usia 26-64 tahun membutuhkan 7-9 jam untuk istirahat,

4. Kelola Stress

Relaksasi sangat dibutuhkan oleh butuh dengan membiarkan tubuh ketenangan.

Biasanya saat musim hujan sering terjadi kemacetan di jalan sehingga penting untuk melakukan relaksasi.

5. Siap sedia selalu perlengkapan saat hujan seperti payung ataupun jas hujan di kendaraan

Selain itu musim hujan juga perlu menjaga kebersihan lingkungan untuk mencegah genangan air yang akan menjadi sarang nyamuk DBD. Mari jaga lingkungan dan jaga kesehatan saat musim hujan baik untuk diri sendiri maupun untuk orang sekitar kita.

 

 

Sumber : Kemeterian Kesehatan RI


Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 20.058
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.023.819