Detail Artikel


  • 31 Desember 2018
  • 65.823
  • Artikel

Sakit kok makan es krim..???

Lagi sakit kok makan es krim..hayoo, siapa di antara pembaca yang pernah mendengar komentar ini ketika melihat orang yang sedang sakit makan atau minum es. Masih menjadi semacam doktrin di masyarakat, bahwa makan dan minum es bikin pilek, atau lebih luas lagi, ada anggapan bahwa makanan dan minuman dingin bikin sakit. Lalu, mengapa bisa demikian?

Sebenarnya, hal ini tidaklah benar. Pada dasarnya, yang bisa menyebabkan demam adalah penyakit yang disebabkan infeksi bakteri atau virus, bukan suhu makanan atau minuman yang dikonsumsi. Demam sendiri adalah tanda sistem imun sedang memerangi peradangan atau infeksi di dalam tubuh. Penyebab infeksi sendiri bisa bermacam-macam. Misalnya infeksi bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan atau infeksi virus influenza penyebab flu atau pilek. Karena itu, bila Anda sedang demam sebenarnya mengonsumsi makanan atau minuman yang dingin tidak akan menyebabkan atau memperparah infeksi dalam tubuh.

Oke, satu mitos telah terbantahkan. Sebenarnya tak hanya terbantahkan, tapi terlawankan. Kenapa demikian? Karena, sesungguhnya makan es ketika demam justru bermanfaat, namun dengan catatan tidak boleh berlebihan. Manfaat itu adalah mencegah dehidrasi, menambah asupan kalori, membantu meredam nyeri akibat peradangan.

Saat tubuh demam tinggi, Anda mungkin akan berkeringat lebih banyak dan buang air kecil lebih banyak. Hal ini bisa membuat Anda cepat kehilangan cairan. Padahal, mungkin mulut Anda terasa kurang sedap kalau harus minum banyak air. Nah, mengisap es loli atau makan sorbet saat demam akan membantu Anda mengembalikan cairan dalam tubuh dengan rasa yang enak di mulut. Sebaiknya memang Anda membuat es loli atau sorbet sendiri di rumah supaya lebih sehat dan tidak terlalu banyak mengandung gula. Anda bisa membuat es loli atau sorbet dengan cara membekukan jus buah asli di freezer. Supaya cita rasanya lebih manis tapi tidak kebanyakan gula, Anda bisa menambahkan madu saat membuat jus.

Tubuh Anda membutuhkan kalori yang cukup supaya sel-sel tubuh Anda mampu mempertahankan diri dari serangan penyakit. Selain itu, kalori juga diperlukan untuk melawan infeksi. Salah satu sumber kalori yang disukai hampir semua orang adalah es krim. Nah, es krim bisa menambah asupan kalori terutama buat orang yang tidak nafsu makan saat sakit. Disuguhi camilan yang nikmat tentu akan membuat Anda lebih bergairah untuk makan, bukan? Akan tetapi, usahakan untuk memilih es krim yang rendah gula dan rendah lemak. Anda juga bisa membuat sendiri es krim kesukaan Anda di rumah kalau mau lebih aman.

Ketika Anda sedang mengalami peradangan, makanan dan minuman yang sejuk bisa membantu meredakan nyeri atau rasa tidak nyaman karena peradangan. Misalnya ketika Anda sedang sakit radang tenggorokan. Karena itu, Anda boleh makan es krim, es loli, sorbet, yogurt, atau puding supaya tenggorokan Anda terasa lebih dingin.

Meskipun makan es saat demam bisa membantu Anda agar lebih nyaman, bukan berarti Anda bisa bergantung pada es saja untuk mengobati penyakit. Anda tidak disarankan untuk  makan es terlalu banyak saat sakit. Ini karena tubuh Anda juga membutuhkan nutrisi lainnya seperti protein, vitamin, dan mineral untuk melawan infeksi. Sedangkan es krim, es loli, atau es campur saja tidak bisa memenuhi kebutuhan berbagai nutrisi tersebut saat Anda demam.

 

Perlu dipahami bahwa makan es tidak bisa mengobati penyakit. Cara yang efektif untuk mengobati penyakit adalah menyerang virus atau bakteri penyebab infeksi. Hal ini bisa dilakukan dengan cara minum obat yang diresepkan dokter, cukup beristirahat, serta mengonsumsi makanan yang bernutrisi lengkap.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 578
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.965.443