Detail Artikel


  • 07 Februari 2024
  • 221
  • Artikel

Rempah-Rempah Penambah Nafsu Makan Anak

Stunting merupakan permasalahan gizi yang telah menjadi perhatian nasional. Pada tahun 2022, prevalensi stunting di Indonesia mencapai 21,6%, padahal target penurunan stunting pada tahun 2024 sebesar 14%. Stunting terjadi akibat kekurangan gizi dalam jangka waktu yang lama. Banyak faktor yang dapat menyebabkan stunting, salah satunya adalah kurangnya asupan gizi anak karena nafsu makan anak yang kurang. Nafsu makan anak yang kurang ini ternyata dapat diatasi dengan menggunakan kekayaan tradisional Indonesia, yaitu rempah-rempah. Indonesia merupakan negara penghasil rempah-rempah terbesar kelima di dunia sehingga tidak heran bahwa rempah-rempah di sekitar kita sangat beragam baik jenis dan jumlahnya.

Berikut merupakan beberapa rempah yang berkhasiat dalam meningkatkan nafsu makan anak: 

1. Temulawak (Curcuma zanthorrhiza Roxb.)

Kandungan minyak atsiri dalam temulawak berkhasiat sebagai cholagogum, yaitu sejenis bahan yang mampu merangsang pengeluaran cairan empedu dan berfungsi sebagai panambah nafsu makan (Marni & Ambarwati, 2015). Temulawak juga dapat mempercepat proses pencernaan lipid oleh lipase serta meningkatkan sekresi kelenjar empedu dalam mengemulsi lemak sehingga secara tidak langsung akan mempercepat pengosongan lambung dan meningkatkan nafsu makan anak.

 

2. Kunyit (Curcuma domestica Val.)

Seperti halnya temulawak, kurkumin yang terkadung dalam kunyit juga memiliki khasiat untuk mempercepat mengosongan isi lambung dan memperlancar pengeluaran empedu sehingga meningkatkan aktivitas saluran pencernaan dan meningkatkan nafsu makan pada anak.

 

3. Lempuyang Emprit (Zingiber Americans B1)

Minyak atsiri yang terkandung dalam lempuyang emprit  memiliki sifat menghambat bakteri E. Coli. E. Coli merupakan bakteri yang menyebabkan infeksi saluran cerna dan dapat menyebabkan anak mengalami penurunan nafsu makan dan sakit perut. Oleh karena itu, dengan pemberian lempuyang emprit ini diharapkan anak dapat terbebas dari bakteri E.Coli sehingga organ-organ pencernaannya baik, nafsu makannya meningkat, dan berat badannya bertambah. 

 

4. Temu Ireng (Curcuma aeruginosa Roxb.)

Selain mengandung kurkumin yang dapat meningkatkan nafsu makan, temu ireng juga mengandung senyawa sesquiterpene yang bersifat anti cacing sehingga dapat digunakan untuk mengatasi cacingan pada anak yang menyebabkan nafsu makan anak menurun.

 

5. Lada Hitam (Piper nigrum L.)

Lada hitam dapat meningkatkan nafsu makan karena memiliki kemampuan untuk meningkatkan kerja sistem pencernaan dan mengurangi anoreksia. Selain itu, lada hitam juga memiliki peran dalam membantu menyerapan zat gizi dalam tubuh menjadi lebih baik.

Rempah-rempah tersebut dapat diolah menjadi minuman herbal seperti jamu, digunakan sebagai bumbu masakan, maupun ditambahkan pada makananan anak. Melansir dari Kumpulan Resep dan Ramuan Olahan Pangan Sehat dan Jamu Plus Akupresur dari Kemenkes, berikut salah satu olahan rempah berupa jamu yang dapat digunakan untuk menambah nafsu makan anak.

Jamu Penambah Nafsu Makan Balita

Bahan:

-          100 g temu lawak

-          50 g temu ireng

-          50 g kunyit

-          Madu secukupnya

Cara Pembuatan:

-          Kupas bersih dan iris-iris temu lawak, temu ireng, dan kunyit.

-          Rebus dengan 3 gelas air.

-     Tunggu hingga larutan dingin dan ambil satu sendok makan, tambahkan dengan setengah sendok teh madu kemudian berikan kepada anak setiap pagi dan sore.

 

Penulis :

1. Rika Dwi Rahmawati (S1 Gizi Kesehatan Universitas Gadjah Mada)

2. Chondro Mustiko Aji (Seksi Promkes Takelmas Dinkes DIY)

 

Referensi:

Hakim, Luchman. (2015). Rempah Dan Herba Kebun Pekarangan Rumah Masyarakat: Keragaman, Sumber Fitofarmaka dan Wisata Kesehatan-Kebugaran. Yogyakarta: Diandra Creative.

Kemenkes RI (2022). Kumpulan Resep dan Ramuan Olahan Pangan Sehat dan Jamu Plus Akupresur dari Kemenkes. Jakarta: Kemenkes RI.

Marni, & Ambarwati, R. (2015). Khasiat Jamu Cekok Terhadap Peningkatan Berat Badan Pada Anak. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 11(1), 102. https://doi.org/10.15294/kemas.v11i1.3522

 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 5.215
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 18.806.077