Detail Berita


  • 20 Mei 2023
  • 935
  • Berita

Rakontek Perencanaan 2024: SINERGI MENJAGA KESEHATAN MASYARAKAT DIY

Rapat Koordinasi dan Konsolidasi Teknis (Rakontek) Perencanaan Tahun 2024 merupakan sebuah acara yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang diikuti oleh Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota se-DIY. Rakontek ini diadakan selama empat hari, mulai dari tanggal 15 hingga 18 Mei 2023. Rakontek Perencanaan 2024 dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan DIY, drg. Pembajun Setyaningastutie, M.Kes dan menghadirkan beberapa narasumber, antara lain: Dina Sintia Pamela, S.Si., Apt., M.Farm dari Kementerian Kesehatan selaku Pembina Wilayah Dinas Kesehatan DIY; Huda Tri Yudiana, ST selaku Wakil Ketua DPRD DIY; dan Doddy Bagus Jatmiko, SE., Akt dari Bappeda DIY selaku mitra kerja Bidang Sosial Budaya. Acara ini bertujuan untuk memfasilitasi kolaborasi dan koordinasi antara Dinkes Provinsi dengan Dinkes Kab/Kota guna merencanakan langkah-langkah strategis dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan masyarakat DIY untuk tahun 2024.

Mendorong Sinergi Antar Daerah
Rakontek Perencanaan 2024 menjadi wadah penting bagi kolaborasi antara Dinas Kesehatan DIY dengan Dinas Kesehatan Kab/Kota. Melalui acara ini, tercipta kesempatan bagi para peserta untuk saling berbagi pengalaman, pengetahuan, dan ide-ide inovatif guna memperkuat upaya kesehatan masyarakat di wilayah DIY secara keseluruhan. Sinergi dan kerjasama antar daerah menjadi kunci utama dalam merumuskan dan melaksanakan program-program yang efektif dan berdampak positif bagi masyarakat.

Pemetaan Kesehatan DIY
Salah satu fokus utama Rakontek adalah melakukan pemetaan kesehatan DIY saat ini. Dalam acara ini, dilakukan analisis mendalam mengenai situasi kesehatan, tantangan, dan potensi yang ada di DIY serta Kab/Kota yang ada di wilayah tersebut. Pemetaan ini memberikan gambaran yang jelas tentang kondisi kesehatan masyarakat DIY pada tahun 2023 dan menjadi landasan penting dalam perencanaan program dan kegiatan kesehatan yang akan dilakukan pada tahun 2024.

Perumusan Strategi Bersama
Rakontek juga menjadi ajang penting untuk merumuskan strategi perencanaan bersama antara Dinas Kesehatan DIY dan Dinas Kesehatan Kab/Kota. Melalui diskusi dan pertukaran gagasan, peserta Rakontek berkolaborasi dalam merumuskan langkah-langkah konkrit yang harus diambil untuk mengatasi masalah kesehatan yang dihadapi oleh wilayah DIY. Dalam proses ini, terjadi pembentukan Rencana Kerja (Renja) dan penentuan arah kebijakan yang saling mendukung antara pemerintah daerah dan pemerintah kab/kota.

Penguatan Kapasitas dan Kolaborasi
Selain merumuskan strategi, Rakontek juga membahas upaya penguatan kapasitas dan kolaborasi antara Dinas Kesehatan DIY dan Dinas Kesehatan Kab/Kota. Pertemuan ini menjadi platform untuk saling berbagi pengetahuan, pengalaman, dan sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing daerah. Kolaborasi yang erat dalam bidang sumber daya manusia, infrastruktur kesehatan, pemantauan dan evaluasi, serta manajemen keuangan, akan memperkuat kualitas pelayanan kesehatan dan pengambilan keputusan yang lebih baik.

Rakontek Perencanaan Dinas Kesehatan DIY 2024 menjadi momentum penting dalam meningkatkan sinergi dan kolaborasi antara Dinas Kesehatan DIY dan Dinas Kesehatan Kab/Kota dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan masyarakat DIY. Melalui pemetaan kesehatan yang komprehensif, perumusan strategi bersama, dan penguatan kapasitas serta kolaborasi, diharapkan dapat terwujudnya program dan kegiatan kesehatan yang berdampak positif bagi masyarakat DIY pada tahun 2024.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 2.521
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 22.622.456