Detail Berita


  • 28 Juni 2024
  • 62
  • Berita

PPI : Asistensi di Fasyankes

Penyakit infeksi terkait pelayanan kesehatan atau Healthcare Associated Infection (HAIs) merupakan salah satu masalah kesehatan di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Dalam forum Asian Pasific Economic Comittee (APEC) atau Global Health Security Agenda (GHSA) penyakit infeksi terkait pelayanan kesehatan telah menjadi agenda yang di bahas karena HAIs yang ditimbulkan berdampak secara langsung sebagai beban ekonomi negara. Secara prinsip, kejadian HAIs sebenarnya dapat dicegah bila fasilitas pelayanan kesehatan secara konsisten melaksanakan program PPI. Pencegahan dan Pengendalian Infeksi merupakan upaya untuk memastikan perlindungan kepada setiap orang di fasilitas layanan Kesehatan baik pasien, keluarga pasien maupun tenaga kesehatan terhadap kemungkinan tertular infeksi dari sumber masyarakat umum dan disaat menerima pelayanan kesehatan pada berbagai fasilitas kesehatan.

Hal yang sempat terjadi pada pandemi global COVID-19 -dimana Pandemik ini disebabkan agen causatik virus yang bersifat sangat menular adalah ketidaksiapan dari Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) untuk memastikan dilakukannya upaya pencegahan dan pengendalian infeksi yang lebih kompleks. Agar hal serupa tidak terjadi di masa mendatang, maka upaya pencegahan dan pengendalian infeksi di fasilitas pelayanan kesehatan sangat penting diperhatikan dan dilakukan, terutamanya bila terlebih dahulu petugas dan pengambil kebijakan memahami konsep dasar penyakit infeksi. Pengetahuan dan keterampilan petugas dalam menemukenali hal-hal terkait penyakit infeksi, akan sangat berguna dalam rangka memastikan pelayanan kepada masyarakat di fasilitas layanan kesehatan yang nyaman, aman, bersih dan terkendali. 

Pada Selasa hingga Kamis (25 s.d 27 Juni 2024) telah dilakukan asistensi pelaksanaan PPI fasyankes di Puskesmas Mantrijeron, Tegalrejo, Kotagede 1 dan RS Pratama Kota Yogyakarta bersama Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta dan Perdalin DIY didukung pendanaan dari Project HOPE. Hasil asistensi menunjukkan perbaikan yang signifikan dalam pelaksanaan PPI di masing-masing fasyankes tersebut. 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 4.639
  • Bulan Ini

  • 3.094.979
  • Total Kunjungan

  • 25.708.016