Detail Artikel


  • 02 Februari 2024
  • 426
  • Artikel

Posyandu Lansia, Mengapa Penting??

Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) merupakan wadah pemeliharaan kesehatan yang dilakukan dari, oleh, dan untuk masyarakat yang dibimbing petugas. Posyandu kerap dikaitkan dengan kesehatan ibu hamil dan balita. Akan tetapi, sebenarnya Posyandu juga tersedia bagi kelompok lanjut usia (lansia) dan sering disebut sebagai Posyandu Lansia. Posyandu Lansia merupakan suatu wadah pelayanan kesehatan bagi usia lanjut di masyarakat dengan menitikberatkan pada upaya promotif dan preventif, serta tidak mengabaikan upaya kuratif dan rehabilitatif. Tujuan pembentukan Posyandu Lansia adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan lansia dan mutu pelayanan kesehatan lansia di masyarakat.

Lansia termasuk dalam kelompok rentan karena proses penuaan mengakibatkan jaringan tubuh perlahan-lahan kehilangan kemampuan untuk memperbaiki diri sehingga diperlukan pemantauan kesehatan rutin agar kesehatan lansia tetap terjaga. Pelayanan kesehatan yang dilakukan di Posyandu Lansia meliputi:

1. Pengukuran Antropometri

Pengukuran antropometri yang dilakukan yaitu pengukuran berat badan, tinggi badan, dan lingkar perut.

2. Pemeriksaan Kesehatan

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan meliputi pemeriksaan tekanan darah, gula darah, gangguan indera, skrining TBC (Tuberculosis), skrining PUMA (deteksi dini Penyakit Paru Obstruktif Kronik atau PPOK), skrining kesehatan jiwa, dan skrining lansia.

3. Penyuluhan Kesehatan

Lansia juga akan mendapatkan penyuluhan kesehatan terkait pentingnya aktivitas fisik, Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), pentingnya cek kesehatan rutin, dan edukasi terkait risiko penyakit terbanyak yang dialami lansia seperti obesitas, hipertensi, stroke, kanker, PPOK, TBC, diare, dan kesehatan jiwa.

Dengan adanya Posyandu Lansia, kesehatan lansia akan lebih terpantau. Selain itu, pemeriksaan kesehatan yang dilakukan juga dapat menjadi deteksi dini terhadap suatu penyakit sehingga akibat fatal dari penyakit tersebut dapat dicegah. Dari sisi psikologis, Posyandu Lansia juga membantu menjaga kesehatan psikologis lansia karena interaksi dan aktivitas positif yang terjadi selama kegiatan Posyandu dapat mengurangi risiko terjadinya dimensia (pikun). 

Jangan lupa ke Posyandu Lansia dengan taat untuk mewujudkan lansia yang sehat dan bersemangat!

 

Penulis :

1. Siwi Yuwandaru (S1 Gizi Kesehatan Universitas Gadjah Mada)

2. Shofi Nazilatur Rizqi, SKM (Seksi Promkes Takelmas Dinkes DIY)

 

Referensi:

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia., (2023). Buku Panduan Keterampilan Dasar Kader Bidang Kesehatan. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Kusumawardani, D., & Andanawarih, P. (2018). Peran Posyandu Lansia terhadap Kesehatan Lansia di Perumahan Bina Griya Indah Kota Pekalongan. Siklus?: Journal Research Midwifery Politeknik Tegal, 7(1), 273–277. https://doi.org/10.30591/siklus.v7i1.748

Zainafree, I., & Mardiana. (2015). IBM Revitalisasi Posyandu Desa Tambakrejo. Rekayasa?: Jurnal Penerapan Teknologi Dan Pembelajaran, 13(2), 90–98. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/rekayasa/article/view/5603

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 21.774
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.025.535