Detail Artikel


  • 01 Desember 2023
  • 2.568
  • Artikel

Peringatan Hari Aids se Dunia

Setiap 1 Desember diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia. Pada 2023, Hari AIDS Sedunia mengedepankan pada potensi komunitas sebagai penggerak utama dalam memberantas AIDS.

Peringatan ini diterapkan untuk meningkatkan kesadaran terhadap pandemi AIDS yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV. Selain itu, hal ini dilakukan untuk mengenang mereka yang telah meninggal dunia setelah berjuang melawan penyakit ini.

Hari AIDS Sedunia pertama kali dicetuskan pada Agustus 1987 oleh James W. Bunn dan Thomas Netter, dua pegawai informasi publik untuk Global Programme on AIDS di World Health Organization (WHO) di Jenewa, Swiss.

Bunn dan Netter mengajukan ide mereka kepada Dr. Jonathan Mann, Director of the Global Programme on AIDS (sekarang dikenal dengan nama UNAIDS). Mann menyukai konsep tersebut dan menyetujui rekomendasi bahwa peringatan pertama Hari AIDS Sedunia jatuh pada 1 Desember 1988.

Tanggal 1 Desember direkomendasikan oleh Bunn karena dianggap akan mengoptimalkan liputan tentang Hari AIDS Sedunia oleh media Barat, karena jaraknya cukup lama dari Pemilu AS yang biasanya jatuh pada bulan November, tetapi sebelum memasuki libur Natal.

Peringatan tahunan Hari AIDS Sedunia ini diharapkan dapat menjadi penyemangat perjuangan global untuk mengakhiri stigma terkait HIV. Sekaligus, momen ini dapat menjadi pengingat untuk menghormati mereka yang telah tiada, dan seruan untuk terus bekerja menuju hari di mana HIV tidak lagi menjadi ancaman kesehatan masyarakat.

Setiap tahunnya, United Nations Programme on HIV and AIDS (UNAIDS) mengusung tema yang berbeda-beda. 

dlansir dari website resmi UN AIDS, kali ini peringatan Hari AIDS Sedunia mengusung tema 'Let Communities Lead" atau "Biarkan Masyarakat yang Memimpin'.

Tema ini sebagai pengingat bahwa walaupun masyarakat menjadi elemen utama dalam Gerakan ini, berbagai faktor masih menjadi penghambat utama.
HIV/AIDS tetap menjadi masalah kesehatan masyarakat utama yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Selama beberapa tahun terakhir, sumber daya menyusut dan jutaan nyawa terancam akibat penyakit HIV/AIDS.

Penting Peringatan Hari AIDS Sedunia 2023, Kali ini pesan yang disampaikan berupa seruan untuk bertindak untuk mengaktifkan dan mendukung masyarakat dalam peran kepemimpinan mereka. Hari AIDS Sedunia tahun 2023 akan menyoroti upaya untuk mengeluarkan seluruh potensi kepemimpinan masyarakat guna menghindari AIDS, adapun sebagai berikut:

Peran kepemimpinan masyarakat perlu dijadikan inti dalam semua rencana dan program HIV dan dalam perumusan, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi. "Tidak ada apa pun tentang kita tanpa kita"

Peran kepemimpinan masyarakat perlu didanai sepenuhnya dan dapat diandalkan untuk memungkinkan peningkatan yang diperlukan, serta didukung dan diberi imbalan yang sesuai. "Tidak mengakhiri AIDS lebih mahal daripada mengakhirinya".

Hambatan terhadap peran kepemimpinan masyarakat perlu dihilangkan. Diperlukan lingkungan peraturan yang mendukung peran masyarakat dalam penyediaan layanan HIV, memastikan ruang bagi masyarakat sipil, dan melindungi hak asasi manusia semua orang, termasuk komunitas yang terpinggirkan, untuk memajukan respons HIV global. "Hapus undang-undang yang merugikan, ciptakan undang-undang yang memberdayakan".
Sejarah Hari AIDS

AIDS merupakan penyakit mematikan yang dapat ditularkan dari manusia satu ke manusia lainnya melalui kontak fisik seperti berhubungan intim. Pada tahun 2022, setidaknya ada sekitar 630.000 orang meninggal karena penyakit terkait AIDS di seluruh dunia. Hari AIDS Sedunia mengingatkan masyarakat dan pemerintah bahwa HIV belum hilang dan belum ditemukan obatnya. Melansir National Today, adanya Hari AIDS Sedunia berawal ketika dua orang bernama James Bunn dan Thomas Netter sebagai humas di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mengajukan peringatan hari AIDS kepada Direktur Program Global. Hari AIDS Sedunia kemudian baru ditetapkan pada tanggal 1 Desember oleh WHO. Tanggal tersebut dipilih karena bertepatan dengan libur Natal dan setelah berakhirnya pemilu Amerika Serikat pada kala itu sehingga diharapkan dapat perhatian dari media barat. Hari AIDS Sedunia kemudian diambil alih oleh UNAIDS sebagai lembaga PBB pada tahun 1996 guna meluaskan penyebaran jaringan dan informasi kepada dunia dalam cakupan lebih luas.

Sumber

  1. https://nasional.kompas.com/read/2023/11/30/01140081/tema-hari-aids-sedunia-2023-dan-sejarahnya
  2. https://www.detik.com/bali/berita/d-7064613/hari-aids-sedunia-1-desember-2023-sejarah-tema-dan-pesan-penting
  3. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/hiv-aids?gclid=Cj0KCQiAgqGrBhDtARIsAM5s0_mHdP0GoIlGn26lGZfcj7zCpB61MUchlESiZfI9NV2xYhtf6YqtdYIaAjP4EALw_wcB

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 1.062
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 22.025.070