Detail Berita


  • 26 Oktober 2016
  • 1.117
  • Berita

Yuk...BIkin Perencanaan Yang Baik

Meningkatnya kesadaran, kemauan dan kemampuan  untuk hidup sehat setiap orang merupakan arah dari pembangunan kesehatan dalam rangka peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Untuk itu perlu proses perencanaan yang baik dalam penyelengaraan pemerintahan karena berkaitan dengan tujuan dari pemerintah sendiri yaitu untuk mensejahterakan masyarakatnya.

Salah satu aspek yang perlu ditingkatkan kapasitasnya  adalah kualitas SDM perencana sebagai proses awal dalam menyusun program-program pembangunan, termasuk pembangunan kesehatan. Oleh karena itu Dinas Kesehatan DIY melakukan pelatihan dalam rangka mempersipakan SDM perencanayang handal, tanggap terhadap permasalahan, kritis dalam analisis situasi masalah kesehatan, peka dalam memprediksi serta menentukan indicator yang akan digunakan dan tepat dalam menyusun program yang dijabarkan dalam kegiatan.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan dalam 3 angkatan masing-masing selama 4 hari dengan peserta para perencana program Dinkes Prov dan Kab/kota, perencana UPT Dinas Kesehatan DIY dan perencana rumah sakit. Metodologi yang digunakan dengan paparan, diskusi dan praktek penyusunan program. Nara sumber yang dihadirkan dalam pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM Perencanaan Bagi Petugas Provinsi/Kab/kota dan Rumah Sakit ini berasal dari akademisi Prodi IKM Fakultas Kedokteran UGM, LSM dan Praktisi Perencana di Dinas Kesehatan dan Puskesmas serta RSUD.

Pelatihan yang berlangsung di Aula Balai Latihan Pendidikan Teknik  (BLPT) Yogyakarta ini, untuk angkatan I dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan DIY, drg Pembajun Setyaningastutie, M.Kes. Dalam paparannya Kadinas menyampaikan paparan tentang Indikator dan Target Kinerja Kesehatan dalam RPJMN 2014 – 2019 serta RPJMD DIY 2013 -2017. Kadinas mengingatkan pentingnya peran perencana dalam penyusunan program kesehatan sehingga bisa mewujudkan pembangunan kesehatan sesuai arah yang telah ditetapkan. Disampaikan juga agar para perencana program kesehatan untuk menggali ide2 kreatif dan inovatif sehingga program kesehatan dapat terlaksana tepat sasaran dan tepat program.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 4.132
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 20.876.309