Detail Berita


  • 08 Juni 2023
  • 392
  • Berita

Penting Olahraga Fisik 30 Menit Tiap Hari

Meningkatkan budaya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Dinas Kesehatan DIY bekerjasama dengan DPRD DIY melaksanakan sosialisasi Germas 2023 di Balai Kalurahan Selang, Wonosari, Senin (5/6). Kegiatan menghadirkan narasumber Sekretris Komisi D DPRD DIY Ir Imam Tau?k, Analis Kesehatan Dinkes DIY Amarudin Latif. Serta dihadiri Lurah Selang Wardoyo, Bamuskal, kader kesehatan dan masyarakat. “ Penting untuk melaksanakan latihan olahraga fisik minimal 30 menit setiap hari, dalam rangka mendukung Germas,” kata Analis Dinkes DIY Amarudin Latif.

Diungkapkan, untuk mewujudkan Germas, masyarakat perlu untuk membiasakan pola hidup sehat. Dimulai dari kon sumsi makanan yang sehat, artinya buah sayur cukup, serta melakukan pembatasan dalam kosumsi gula dan garam. Tidak merokok dan mengkonsumsi alkohol Beristirahat yang cukup, menjaga lingkungan agar bersih sehat, sehingga pada akhirnya penyakit tidak menular ini akan semakin berkurang, “Sosialisasi ini dimaksudkan agar masyarakat akan mampu untuk membiasakan pola hidup sehat,” ujarnya.

Amarudin Latif menambahkan, konsumsi untuk buah dan sayur dalam satu hari sebanyak 5 porsi. Sehingga konsumsi nasi tidak hanya dengan lauk saja, namun tetap diimbangi dengan buah dan sayur. Sehingga makanan yang dikosumsi ini nantinya akan lebih seimbang, “ Harapannya masyarakat bisa menerapkan upaya dalam mewujudkan tercapainya Germas. Sehingga masyarakat akan lebih sehat dan mampu beraktivitas dengan lancar,” ucapnya.

Sekretaris Komisi D DPRD DIY Ir Imam Taufik menuturkan, melalui program ini diharapkan kader kesehatan maupun peserta bisa memiliki tambahan wawasan. Berkait dengan bagaimana upaya untuk mengkondisikan masyarakat di masing-masing dusun agar memiliki pola hidup yang sehat. Mulai dari mengurangi asupan garam , gula dan lemak. Selain itu rutin melaksanakan olahraga, menghilangkan maupun mengurangi asap rokok. Serta mendukung program dalam rangka mewujudkan kesehatan masyarakat. “Harapannya tentu akan meningkatkan wawasan dan mampu melaksanakan pola hidup sehat. Kader kesehatan ini tentu akan meneruskan informasi hasil sosialiasi ini kepada masyarakat secara luas,” imbuhnya.

Sementara itu Lurah Selang Wardoyo memberikan apresiasi pelaksanaan sosialisasi Germas yang dilaksanakan di Kalurahan Selang. Kerjasama antara Dinkes DIY dengan DPRD DIY ini tentunya akan memberikan manfaat bagi masyarakat di Kalurahan Selang. Serta nantinya untuk mendukung program Germas yang dilaksanakan Dinkes DIY. “ Tentunya program ini akan memberikan dampak positif dalam upaya mewujudkan kesehatan di masyarakat,” jelasnya.

Liputan dan berita ini tayang pada media massa Kedaulatan Rakyat Edisi Selasa, 6 Juni 2023.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 213
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 22.620.148