Detail Info Kegiatan


  • 27 April 2020
  • 7.835
  • Info Kegiatan

Peninjauan Lapangan Izin Laboratorium Klinik Umum Madya

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 411/MENKES/PER/III/2010 disampaikan bahwa setiap penyelenggaraan laboratorium klinik harus memiliki izin. Pada bulan Maret dan April 2020 Dinas Kesehatan DIY melaksanakan peninjauan lapangan dalam rangka izin Laboratorium Klinik Umum Madya terhadap Laboratorium Klinik Umum Parahita Diagnostic Center Yogyakarta yang beralamat di Jl. Dr. Soetomo No. 10 Yogyakarta dan  Laboratorium Klinik Umum Parahita Diagnostic Center Cabang Sleman yang beralamat di Jalan Kaliuran Km 6 No. 26 Sleman.

Menurut Permenkes 411 Tahun 2010 Laboratorium Klinik Umum merupakan laboratorium yang melaksanakan pelayanan pemeriksaan spesimen klinik di bidang hematologi, kimia klinik, mikrobiologi klinik, parasitologi klinik, dan imunologi klinik.

Laboratorium Klinik Umum diklasifikasikan menjadi :

  1. Laboratorium Klinik Umum Pratama. Laboratorium Klinik Umum Pratama merupakan laboratorium yang melaksanakan pelayanan pemeriksaan spesimen klinik dengan kemampuan pemeriksaan terbatas dengan teknik sederhana. Izin Laboratorium Klinik Umum Pratama dikeluarkan oleh pemerintah daerah Kabuapten/ Kota.

  2. Laboratorium Klinik Umum Madya. Laboratorium Klinik Umum Madya yaitu laboratorium yang melaksanakan pelayanan pemeriksaan spesimen klinik dengan kemampuan pemeriksaan teknik sederhana. Izin Laboratorium Klinik Umum Madya dikeluarkan oleh pemerintah daerah Prvinsi

  3. Laboratorium Klinik Utama. Laboratorium Klinik Umum Utama merupakan laboratorium yang melaksanakan pelayanan pemeriksaan spesimen klinik dengan kemampuan pemeriksaan lebih lengkap dari laboratorium umum madya dengan teknik automatik. Izin laboratorium klinik utama dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI.

Untuk pengajuan perizinan laboratorium klinik umum madya di DIY dapat disampaikan melalui Dinas Perizinan dan Penanaman Modal DIY yang beralamat di Jl. Janti No. 8, Banguntapan, Bantul.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 4.110
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.071.621