Detail Info Kegiatan


  • 28 September 2021
  • 254
  • Info Kegiatan

PENILAIAN/VISITASI WAHANA PIDI (Program Internsip Dokter Indonesia) DI DIY tahun 2021

Daerah Istimewa Yogyakarta berencana untuk menambah wahana pelaksanaan Program Internsip Dokter Indonesia. Hal ini mengingat semakin meningkatnya kebutuhan wahana sebagai tempat pemahiran dan pemandirian dokter baru untuk menjadi dokter yang profesional. 

Program Internsip Dokter Indonesia  telah dilaksanakan sejak tahun 2010, dan untuk Daerah Istimewa Yogyakarta program tersebut  sudah dilaksanakan  pada tahun 2011. Adapun Program  Internsip adalah pemahiran dan pemandirian dokter  yang merupakan bagian dari program penempatan wajib sementara paling lama 1 (satu) tahun (UU Pendidikan Dokter no 20/2013, penjelasan pasal 7 ayat 7)

Tujuan program ini adalah meningkatkan kinerja outcome profesi lulusan dokter, pemahiran, pemandirian  (dengan kata lain, memberi kesempatan dokter baru lulus, untuk melakukan praktik Kedokteran dengan pendampingan, sesuai SKDI/Standar Kompetensi Dokter Indonesia) untuk menjadikan sosok Dokter yang Profesional

Konsep awal Program Internsip Dokter adalah bertujuan untuk pemahiran dan pemandirian bagi Dokter Lulusan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Dengan memperhatikan berbagai perkembangan kebijakan, maka dipandang perlu program tersebut untuk berperan bagi Pendayagunaan Tenaga dalam pemenuhan tenaga layanan kedokteran di Puskesmas.

Komponen PIDI sendiri terdiri dari  1. PROGRAM KEGIATAN : BUKU PEDOMAN dan TARGET KINERJA, 2. PESERTA dan DOKTER PENDAMPING,3.  AKREDITASI WAHANA  (Rumah Sakit – Puskesmas)

Wahana Program Internsip Dokter adalah fasilitas pelayanan kesehatan (rumah sakit, dan Puskesmas)  yang digunakan untuk kegiatan praktik dokter internsip dan telah memenuhi persyaratan/kriteria sebagai tempat pelaksanaaan Program Internsip Dokter,  yang telah ditentukan oleh KIDI (Komite Internsip Dokter Indonesia) Pusat. Fasilitas Pelayanan Kesehatan dimaksud adalah tempat yang digunakan untuk menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan baik promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang dilakukan oleh pemerintah, pemerintah daerah dan/atau masyarakat.

Akreditasi/penilaian wahana  internsip  bertujuan  untuk  menjamin  mutu  wahana  tempat  pelaksanaan  Internsip  Dokter  Indonesia, dengan menggunakan pedoman/acuan  agar terjamin objektifitasnya, untuk  peningkatan  kualitas  pelayanan  kesehatan  sehingga diharapkan dapat mengendalikan  Luaran  Peserta  Internsip  Dokter  Indonesia.   

Penilaian Kelayakan Wahana Internsip,  dilaksanakan berdasarkan suatu kriteria yang disusun antara  KIDI dengan para Pemangku Kepentingan terkait, yang  akan  menilai  kesiapan  dan  kemampuan  Fasilitas  Pelayanan  Kesehatan  (Fasyankes)  untuk  digunakan  sebagai  Wahana  Internsip.    Setiap  Wahana  melaksanakan  penilaian  sendiri  (swanilai),  dan  kemudian  dikonfirmasi  oleh  KIDI  Propinsi.  Hasil  penilaian  kemudian  akan  divisitasi dan direkomendasikan  kepada  KIDI  Pusat  untuk  dimintakan ijinnya ke Kementerian Kesehatan. 

Kriteria Wahana internsip  Fasilitas  Pelayanan  Kesehatan  yang  dapat  menjadi  Wahana  Internsip adalah :

1. Rumah Sakit Kelas C dan D, yang memberikan pelayanan Kedokteran Primer  secara kompre- -hensif (pelayanan  kuratif juga kegiatan promotif ,& preventif)  dan  Unit Gawat Darurat

2. Puskesmas dengan atau tanpa perawatan  

Kriteria Penilaian Kelayakan Wahana Internsip meliputi :

1. Memberikan  pelayanan  kedokteran  primer  yang  komprehensif,  tidak  saja  pelayanan  kuratif  tetapi  juga  meliputi  pelayanan  promotif,  preventif  dan  bila  mungkin  rehabilitatif.  Wahana  tersebut  dapat  berupa  bagian  dari  Rumah  Sakit,  puskesmas,  maupun  klinik  yang  melaksanakan  pelayanan  kedokteran  primer  secara  komprehensif 

2.Mempunyai komitmen tinggi dalam pelaksanaan Internsip Dokter secara  konsekuen,  antara lain dinilai dari aktifitas  akademik/  profesi  yang  sudah  ada  dan  menyediakan  infrastruktur  maupun  sarana  prasarana  untuk kegiatan  Internsip. 

3. Mempunyai  jumlah  pasien  dan  kasus  yang  mencukupi dengan distribusi usia sesuai dengan buku Log Internsip. 

4. Mempunyai jumlah pasien   dan variasi kasus yang cukup.  

5.Mempunyai jam pelayanan yang memadai 

6. Mempunyai unit   gawat darurat.  

7. Mempunyai  manajemen  fasilitas  Pelayanan  Kesehatan yang sesuai dengan    standar pelayanan yang berlaku 

8. Wahana  Internsip    mempunyai  ijin  sesuai  ketentuan  yang  berlaku. 

 

Untuk saat ini jumlah wahana PIDI DIY yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan di DIY sebanyak 18 Rumah Sakit beserta puskesmas pasangannya. Dan pada tanggal 7-9 September 2021 dijadwalkan oleh kementerian kesehatan/BPPSDMK dilakukan visitasi penilaian kepada 6 Rumah Sakit beserta pasangannya. Adapun jadwal visitasi sebagai berikut :

Tanggal 07 September 2021

  • RS Charistas Hospital, Klepu Sleman dan Puskesmas Seyegan, Puskesmas Gamping I
  • RS Mitra Paramedika, Sleman dan Puskesmas Ngemplak I, Puskesmas Ngemplak II
  • RS Santa Elisabeth, Bantul dan Puskesmas Pundong, Puskesmas Pajangan

Tanggal 08 September 2021

  • RS Kharisma Paramedika, Kulon Progo dan Puskesmas Samigaluh I, Puskesmas Samigaluh II, Puskesmas Nanggulan
  • RS Panti Rahayu, Gunungkidul dan Puskesmas Ponjong, Puskesmas Tanjungsari, Puskesmas Karangmojo I, Puskesmas Karangmojo II
  • RS PKU Muhammadiyah, Gunungkidul dan Puskesmas Wonosari I, Puskesmas Nglipar I

Hasil  visitasi  akan  berupa  laporan  dengan  kesimpulan  layak  atau  tidak  layak  menjadi  rekomendasi  untuk  KIDI  Pusat  mengambil  keputusan.  Kesimpulan  ini  harus  berdasarkan  kepada  analisis  yang  transparan,  adil,  nyata,  sesuai  dan  dapat  dipertanggung jawabkan.  Hasil  penilaian    akan  dikeluarkan  oleh  KIDI  Pusat,  dan diberitahukan kepada pimpinan fasilitas  pelayanan  kesehatan.  Wahana  yang  telah  memperoleh  ijin  dapat  langsung  dimanfaatkan  untuk  Internsip  Dokter  Indonesia.  

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 284
  • Bulan Ini

  • 617.886
  • Total Kunjungan

  • 4.684.198