Detail Berita


  • 29 Oktober 2021
  • 115
  • Berita

Penerimaan Studi Banding Prov. Banten ke DIY dalam rangka Program Health Tourism

Pada hari Kamis tanggal 28 Oktober 2021 jam 13.00, Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta kedatangan tamu dari Dinas Kesehatan Provinsi Banten dalam acara Kunjungan Studi Banding Program Health Tourism sebanyak 21 orang dengan dipimpin oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Banten.

Tujuan dari studi banding ini adalah untuk mengetahui :

  1. Perkembangan dari pelayanan kesehatan pada sarana pelayanan kesehatan Rumah Sakit di Daerah Istimewa Yogyakarta terutama pelayanan Program Health Tourism
  2. Studi banding struktur organisasi dan tata kerja Dinas Kesehatan
  3. Studi banding pelayanan penanganan Covid 19
  4. Hal hal lain yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan di DIY.

Dalam pertemuan tersebut juga disinggung tentang Unit Pelaksana Teknis Jaminan Kesehatan Sosial (UPT Jamkessos), yang dibeberapa daerah dihapus / dilebur karena takut bertentangan dengan aturan jaminan kesehatan nasional.

Dasar hukum dari UPT Jamkessos adalah Undang undang Keistimewaan. Eksistensi dari Jamkessos adalah antara lain adalah layanan yang tidak ditanggung oleh Jaminan Kesehatan Nasional seperti :

  1. Pelayanan kesehatan akibat bencana pada masa tanggap darurat, kejadian luar biasa atau wabah, seperti Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) dari Vaksin Covid 19.
  2. Pelayanan kebutuhan dari Disabilitas (peyandang cacat) seperti kursi roda.

Pada pertemuan tersebut disinggung mengenai Struktur organisasi dan tata kerja (SOTK). SOTK dari Dinas Kesehatan Provinsi Banten masih menganut satu bidang terdiri dari 3 seksi sedangkan SOTK Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta menggunakan satu bidang terdiri dari 2 seksi kecuali Sekretariat Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Disinggung pula tentang pelayanan penanganan Covid 19 sehingga semua daerah di Daerah Istimewa Yogyakarta mencapai PPKM level 2 sedangkan di Provinsi Banten belum semua daerah mencapai PPKM level 2, ada kabuapten yang masih PPKM level 3.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 865
  • Bulan Ini

  • 617.886
  • Total Kunjungan

  • 4.684.779