Detail Info Kegiatan


  • 30 September 2022
  • 70
  • Info Kegiatan

Penerimaan Kunjungan Lapangan Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Program Pascasarjana Universitas Jember

Pada hari Rabu tanggal 21 September 2022 Dinas Kesehatan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta menerima rombongan kunjungan lapangan/ residensi dari  Program Pascasarjana Universitas Jember  yang dipimpin oleh Wakil Direktur I Program Pascasarjana Universitas Jember (Prof. drg. H. Mei Syafriadi, MDSc., Sp.PMM., PhD). Kunjungan Lapangan Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Program Pascasarjana Universitas Jember ini bertema Sinergitas Pengetahuan, Kemampuan dan Keterampilan Mahasiswa IKM sebagai Upaya Peningkatan dan Pengembangan llmu Kesehatan Masyarakat dalam Mengatasi Masalah di Bidang Kesehatan. Disamping sebagai kunjungan lapangan untuk mengetahui, menambah wawasan dan pengetahuan terkait penanganan masalah bidang kesehatan di Daerah Istimewa Yogyakarta, Pertemuan ini juga diharapkan dapat menjadi ajang untuk mempererat silaturahmi dan menjalin persahabatan diantara kita semua.

DIY memiliki luas 3.133,15 km terdiri dari 4 kabupaten dan 1 kotamadya, dengan Angka Harapan Hidup 74,99 dan IPM 79,97 (th 2020) dengan fasilitas kesehatan yang dimiliki 121 puskesmas dan 81 RS. Adapun situasi kesehatan di Daerah Istimewa Yogyakarta, AKI/AKN dan Stunting, PTM  (DM 3,2; Hipertensi 8,6 ; Stroke 14,7 per mil, ginjal, kanker & asma) lebih tinggi dari angka nasional. Arah Kebijakan Pembangunan Kesehatan di DIY tahun 2022-2026 bertujuan untuk Meningkatkan Kesehatan Ibu, Anak, KB & Kesehatan reproduksi, Mempercepat Perbaikan Gizi Masyarakat, Memperbaiki Pengendalian Penyakit, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, Memperkuat Sistem Kesehatan & Pengendalian Obat dan Makanan, sebagaimana terdapat dalam 6 Pilar Transformasi Kesehatan Indonesia.

Menyikapi hal tersebut strategi yang dilakukan adalah Pencapaian SPM bencana & KLB melalui penguatan Pre Hospital eergency, Penguatan Primary health Care dan Pengembangan RS Unggulan Paru, Fokus penguatan Intervensi Penutunan Stunting, Penguatan Puskesams sebagai Primary health Care Focal Point, Integrasi Sistem Informasi dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Kesehatan, dan Upaya Pengembangan Kesehatan Tradisional.

Dengan adanya kunjungan lapangan ini menjadi momentum bagi kedua belah pihak untuk saling berbagi informasi, inovasi, wawasan dan pengetahuan serta sama-sama belajar demi perbaikan dan kemajuan bersama.

Selain melakukan kunjungan lapangan di Dinas Kesehatan DIY, rombongan memiliki agenda selama 3 hari di Yogyakarta untuk berkunjung ke RSUP Dr. Sardjito dan PT Mega Andalan Kalasan

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 13.426
  • Bulan Ini

  • 982.632
  • Total Kunjungan

  • 8.777.994