Detail Berita


  • 26 September 2024
  • 55
  • Berita

Pelatihan Pelatih (ToT) Promotif dan Preventif Kesehatan Jiwa di Pelayanan Kesehatan Primer Bagi Petugas Kesehatan di Puskesmas DIY Tahun 2024

Kementerian Kesehatan melakukan terobosan dan inovasi sistem kesehatan melalui transformasi sistem kesehatan. Transformasi sistem kesehatan mencakup 6 pilar diantaranya Transformasi Layanan Kesehatan Primer yang mencakup upaya promotif dan preventif yang komprehensif, dilaksanakan secara berkesinambungan berdasarkan siklus hidup, memperluas jejaring pelayanan kesehatan, serta digitalisasi. Sejalan dengan arah kebijakan Kementerian Kesehatan tersebut, Upaya Kesehatan Jiwa di Pelayanan Kesehatan Primer perlu dilakukan penguatan khususnya pada aspek upaya promotif dan preventif yang komprehensif. Sehubungan dengan hal tersebut, diperlukan penguatan Petugas Kesehatan Jiwa di Puskesmas dalam menjalankan fungsinya penguatan Upaya Kesehatan Masyarakat di wilayah kerja Puskesmas.  Penguatan tersebut diarahkan kepada arah prioritas pelayanan kesehatan jiwa yang diterjemahkan dalam indikator kesehatan jiwa yaitu:

-  Persentase penduduk usia ≥ 15 tahun dengan risiko masalah kesehatan jiwa yang mendapatkan skrining

-  Persentase penyandang gangguan jiwa yang memperoleh layanan di Fasyankes

Fungsi  Puskesmas adalah melakukan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP) dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif di wilayah kerjanya. Puskesmas menyelenggarakan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya dengan tujuan untuk mewujudkan masyarakat yang memiliki perilaku sehat, mampu mengakses pelayanan kesehatan bermutu, hidup dalam lingkungan sehat serta memiliki derajat kesehatan yang optimal, baik individu, keluarga, kelompok dan masyarakat.

Untuk mewujudkan wilayah kerjanya yang sehat secara paripurna, maka Puskesmas perlu  meningkatkan upaya promotif dan preventif kesehatan jiwa yang dilakukan secara komprehensif dan terintegrasi dengan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP). Sehubungan dengan hal tersebut TOT Upaya Promotif dan Preventif Kesehatan Jiwa di Pelayanan Kesehatan Primer merupakan tahapan yang diperlukan agar di tingkat provinsi dihasilkan pelatih handal dalam upaya kesehatan jiwa di Puskesmas.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 7 hari mulai tanggal 17-24 September 2024 di el Hotel Malioboro. Peserta sebanyak 16 tenaga Kesehatan yang berasal dari 5 Dinas Kesehatan Kab/Kota di DIY. Selain mendapatkan teori dan penugasan, peserta juga melaksanakan praktik lapangan ke Puskesmas Srandakan tanggal 23 September 2024 untuk melakukan Upaya Promotif dan Preventif berupa Advokasi, Kemitraan dan Pemberdayaan.

Penutupan kegiatan ini dilaksanakan tanggal 24 September 2024 yang dihadiri oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes DIY, Ibu Endang Pamungkasiwi, SKM, M.Kes, Kepala Seksi Kesehatan Keluarga, Gizi dan Kesehatan Jiwa, dr. Prahesti Fajarwati, MPH dan Kepala Seksi Penyelenggaraan Pelatihan Ibu Sri Harini, SKM., MPH.

Saat penutupan, diumumkan 3 peserta terbaik yang dinilai melalui aspek pengetahuan, sikap dan Microteaching. Peserta terbaik dari pelatihan ini yang mendapatkan nilai tertinggi adalah Terbaik 1 Wahyu Budi Lestari,S.GZ dari Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Terbaik 2 Iswari Paramita, SKM, MPA dari Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta dan Terbaik 3 Cahya Prihantama, SKM, MPH dari Dinas Kesehatan Kab.Sleman.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 5.889
  • Bulan Ini

  • 3.094.979
  • Total Kunjungan

  • 26.936.744