Detail Berita


  • 30 Agustus 2023
  • 277
  • Berita

Pelaksanaan Pemeriksaan Biomedis Survey Kesehatan Indonesia 2023 DIY di Desa Srigading Puskesmas Sanden 27 Agustus 2023

Pemeriksaan biomediis dalam kegiatan survey kesehatan Indonesia 2023 memiliki tantangan tersendiri yaitu untuk dapat menghadirkan seluruh anggota keluarga untuk dilakukan pemeriksaan. Kendala kesibukan, repot, takut pemeriksaan, transportasi dan lain lain telah menjadi catatan pada saat pembekalan para tenaga kesehatan dan enumerator pelaksana.

Memasuki minggu ke 3 pelaksanaan SKI di D.I. Yogyakarta, ke empat kabupaten kota yang ditetapkan sebagai lokasi pemeriksaan biomedis telah  melaksanakan kegiatan tersebut sesuai blok sensus yang telah ditetapkan. Salah satu blok sensus biomedis yang menjalankan kegiatannya  pada minggu ke – 3 adalah wilayah desa Srigading Kecamatan Sanden.

Pelaksana pemeriksaan di desa Srigading dilakukan bertempat di balai kalurahan setempat. Kegiatan dilaksanakan oleh tenaga puskesmas dan organisasi profesi PTGMI beserta para enumerator SKI 2023 Bantul. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus tersebut merupakan kegiatan di hari minggu dan di luar gedung puskesmas. Hal ini menunjukkan kepada komitmen dari petugas, kader, puskesmas, dinas kesehatan dan pemerintah kalurahan dalam mendukung kegiata SKI. Pemilihan hari minggu dan lokasi di balai kalurahan dilaksanakan dengan maksud mendekatkan akses layanan sekaligus untuk mendorong pencapaian respon rate yang tinggi dalam pemeriksaan biomedis. .

Dari blok sensus yang telah dilakukan sampling kepada rumah tangga, terdapat sejumlah 24 reponden yang ditetapkan. Dari jumlah tersebut hingga akhir layanan hadir sejumlah 19 reponden atau dengan respon rate mencapai 79,2% angka capaian yang cukup baik dalam konteks pemeriksaan iomedis dalam SKI. Beberapa alasan ketidakhadiran adalah adanya pekerjaan atau kesibukan mendadak yang tidak bisa ditinggal. Sebagai tindaklanjut telah dicoba dilakukan koordinasi untuk alternatif lain agar dapat meningkatkan hasil lebih tinggi.  

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 1.907
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 22.025.915