Detail Artikel


  • 31 Desember 2016
  • 1.067
  • Artikel

5 olahraga hemat yang bikin sehat

Pola Hidup Sehat, saat ini sedang menjadi hal yang sangat digerakkan oleh berbagai kalangan masyarakat. Maklum saja, seiring tuntutan ekonomi dan tuntutan jamas, mengakibatkan tingginya kesibukan masyarakat. Lebih lanjut, ini berdampak pada tidak sempatnya untuk berolahraga. Sepertinya, hal ini pula lah yang turut menyebabkan pergeseran pola penyakit di Indonesia, dulu Penyakit menular yang superior, sekarang penyakit tidak menular perlahan menggeser superioritasnya.

Banyak yang beranggapan, untuk hidup sehat adalah sulit dan butuh biaya besar, karena sepertinya identik dengan gym, atau mengkonsumsi makanan khusus yang tidak murah. Namun, sebenarnya untuk hidup sehat tak harus mahal. Olahraga merupakan salah satu yang dapat ditempuh untuk hidup sehat, dan olahraga juga bisa saja dengan mudah dan hemat. Dari kegiatan ringan sehari-hari pun dapat dijadikan sarana olahraga hemat, mudah, dan praktis. Apa saja itu? Berikut 5 jenis olahraga hemat yang dapat membatu hidup sehat.

1.       Lakukan stretching badan

Peregangan badan alias stretching berguna untuk mengendurkan otot-otot yang lelah. Fungsinya juga mirip dengan yoga, namun mudah dilakukan di mana saja dan kapan saja termasuk jika kamu sedang sibuk bekerja. Stretching yang dilakukan secara berkala di waktu yang tepat bisa membuat tubuh lebih bugar dan meningkatkan produktivitas.

2.       Melakukan yoga

Yoga merupakan salah satu bentuk olahraga yang bagus untuk meregangkan tubuh. Manfaat yoga bahkan setara dengan olahraga yang berat, ditambah dengan bonus membuat tubuh menjadi lebih enak.

Yoga cocok dilakukan pada akhir pekan sambil mengisi waktu kamu beristirahat untuk melepas penat karena lelah bekerja.

3.       Jalan-jalan ringan

Berjalan merupakan salah satu bentuk olahraga yang mudah dilakukan oleh semua orang, namun membutuhkan tempat yang cukup atau jalur yang pas. Dalam kegiatan sehari-hari, kamu bisa luangkan waktu saat sedang istirahat di rumah dengan berjalan mengitari halaman atau mengelilingi rumah.

Bagi kamu yang bekerja kantoran, bisa juga pergi berjalan kaki bersama teman-teman kantor untuk makan di tempat yang sedikit jauh.

4.       Coba naik turun tangga di rumah atau di kantor

Daripada menggunakan lift, kegiatan naik turun tanggal juga bisa menjadi alternatif olahraga yang sehat dilakukan setiap hari. Misalnya, kalau rumah kamu punya tangga, luangkan waktu sejenak untuk naik-turun tangga di rumah. Jika kamu bekerja di kantor, cobalah luangkan waktu untuk sekali-kali menggunakan tangga daripada lift.

5.       Rajin membersihkan rumah

Membersihkan rumah juga bisa membantu kamu membayar kalori dalam jumlah cukup banyak. Biasakan seminggu sekali membersihkan tempat tinggal kamu secara menyeluruh, mulai dari membersihkan debu di tempat terpencil, mengepel, atau bisa juga memindahkan letak perabotan untuk mengganti suasana tempat tinggal.

Mudah bukan? Nahhh, sepertinya tidak ada alasan lagi anda untuk hidup sehat, karena hidup sehat tidaklah sulit.

Sumber :

http://dailywomen.co.id

http://lifestyle.liputan6.com

 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 202
  • Bulan Ini

  • 982.632
  • Total Kunjungan

  • 8.778.598